Panduan Verval Pd V. 1.3 Untuk Sd, Smp, Sma, Smk, Dan Smalb Tahun 2019 Dan Daftar Istilah Penting Dalam Vervalpd

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan) sebagai sentra yang bertanggungjawab terhadap data master tumpuan akseptor didik telah membangun sistem pengelolaan data pendidikan secara online berbasis web.

Dengan dibangunnya sistem tersebut diperlukan lebih memudahkan dan mendekatkan proses pengelolaan data akseptor didik dan master tumpuan pendidikan antara tingkat sentra dengan tingkat daerah.

Nomor lnduk Siswa Nasional (NISN) yakni nomor yang bersifat unik (tunggal) yang diberikan secara random kepada akseptor didik oleh sentra Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemdikbud. 

NISN bertujuan untuk mengidentifikasi setiap individu Peserta didik yang ada di setiap satuan pendidikan di seluruh Indonesia secara terintegrasi dan terkoordinasi.

NISN terintegrasi dengan program-program Iayanan pendidikan dan training Pendidikan sehingga NISN berelasi dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) maupun Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). 

Demikian pentingnya NISN sehingga NISN perlu dikelola dengan baik semoga data akseptor didik selalu terjaga validitasnya.

Salah satu sistem pengelolaan data akseptor didik yang telah dibangun PDSP yakni sistem verifikasi dan validasi data akseptor didik yang dipublikasikan melalui Iaman http://verval.pd.data.kemdikbud.go.id. Sistem tersebut terdapat di dalam salah satu sajian Pengelolaan Referensi yang ada di dalam Iaman http://referensi.data.kemdikbud.go.id.

Tujuan dari verifikasi dan validasi data akseptor didik yakni untuk membedakan antara data akseptor didik yang ada di DAPODIK dengan di PDSP sehingga satu akseptor didik hanya mempunyai satu NISN. Data Peserta didik dari DAPODIK yang masuk ke PDSP akan dicek kesesuaiannya menurut NISN, nama, dan tanggal Iahir.

Data akseptor dIdik yang sudah sesuai akan masuk ke tumpuan sedangkan data akseptor didik yang belum sesuai akan masuk ke residu.

Beberapa istilah yang dipakai dalam verifikasi dan validasi data akseptor didik :

1.   Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) merupakan sistem pendataan pendidikan online untuk pengelolaan data pendidikan secara nasional yang mencakup satuan pendidikan akseptor didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang dilakukan oleh unit kerja terkait (PAUDNI, Dikdas, Dikmen, Dikti, dsb).

2.   Referensi yakni kumpulan data akseptor didik yang sudah sesuai NISN, nama, dan tanggal lahirnya antara di DAPODIK dengan di PDSP. Data Referensi PDSP secara otomatis akan merubah data di DAPODIK.

3.   Residu yakni kumpulan data akseptor didik yang harus diperbaiki alasannya yakni NISN, nama, dan tanggal lahirnya belum sesuai antara di DAPODIK dengan di PDSP.

4.  Sesuai (Match) yakni data NISN, nama, dan tanggal Iahir yang dimiliki akseptor didik di DAPODIK identik dengan di PDSP, meski dalam penuIisan nama contohnya belum sesuai benar antara di DAPODIK dengan di PDSP namun sebenamya itu merupakan satu orang yang sama, misal namanya disingkat atau Anggara ditulis Anggoro, hal ini tidak menjadi duduk kasus alasannya yakni nanti sanggup divalidasi/diperbaiki melalui sajian Edit Data.

5.   Tidak Sesuai (Not Match) yakni data NISN, nama, dan tanggal Iahir yang dimiliki akseptor didik di DAPODIK benar-benar berbeda dengan di PDSP, misal Abdul Hakim dengan Ahmad Basuki yang merupakan dua orang yang berbeda. Jangan terburu-buru klik tidak sesuai (Not Match) sebelum melaksanakan pencarian data hingga lima kali, alasannya yakni dengan klik ‘Tidak Sesuai” (Not Match) berarti sistem akan berbagi NISN gres bagi siswa tersebut yang kemungkinan sanggup mengakibatkan NISN ganda bagi siswa tersebut.

Download Panduan Penggunaan Sistem Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik versi 1.3 yang dipakai pada semester 2 (genap) tahun pelajaran 2014/2019 selengkapnya, silahkan klik pada links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Referensi artikel : http://sdm.data.kemdikbud.go.id

Belum ada Komentar untuk "Panduan Verval Pd V. 1.3 Untuk Sd, Smp, Sma, Smk, Dan Smalb Tahun 2019 Dan Daftar Istilah Penting Dalam Vervalpd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel