Tanya Jawab Bansos Dikmen Untuk Data Bos Sma/Smk/Smalb Tahun 2019

Sahabat Operator Sekolah Dapodikmen yang berbahagia…

Setelah data sekolah, data penerima didik, data PTK Dikmen, dan data rombongan berguru sudah dientry pada Aplikasi Dapodikmen dan sudah berhasil melaksanakan sinkronisasi pada server Dapodikmen yang sanggup dicek pada laman Dapodikmen.

Maka selanjutnya, untuk memastikan data telah masuk dan valid khususnya terkait dengan dana BOS 2019 sekolah, maka kita harus login pada laman http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/bos. Sehubungan dengan hal tersebut, berikut daftar tanya jawab atay FAQ (Frequently Asked Questions) terkait Baseline Data Bantuan Operasional Sekolah tahun 2019, sebagai berikut :


1) Apa User dan Password yang dipakai untuk sanggup login di http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/bos?

Jawab : Silakan gunakan user dan password yang ada di http://sdm.data.kemdikbud.go.id

2)      Sumber data di http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id mengambil data yang mana?

Jawab : Baseline data BOS SM tahap 1 diambil dari Dapodikmen semester ganjil tahun 2014/2019 hingga dengan tanggal 31 Januari 2019. Bagi Sekolah yang daTanya belum lengkap biar segera melengkapi hingga dengan batas waktu 1 Maret 2019.

3)      Saya sudah entrikan nomor rekening sekolah di aplikasi Dapodikmen, namun mengapa data di http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/bos NOMOR REKENING BOS DALAM PROSES?

Jawab : Nomor Rekening BOS SM akan di tentukan oleh TIM BOS dari direktorat Teknis masing masing

4)      Pada tab Cek siswa ada data siswa “BELUM DI SK KAN DAN SUDAH DI SK KAN” Apa Maksudnya?

Jawab :

  • Belum di SK kan :  Siswa-siswa tersebut belum dihitung dalam SK pemberian BOS SM.
  • Sudah di SK kan : Siswa-siswa tersebut sudah dihitung dalam SK pemberian BOS SM.
  • Penentuan Belum di SK kan & Sudah di SKkan dilakukan oleh Tim BOS Pusat sesuai dengan aktivitas tahap pencairan BOS SM.
  • Jumlah Siswa Belum SK akan berubah secara otomatis sehabis di SK kan oleh Tim BOS Pusat.

5)      Bagaimana jikalau data yang saya entrikan ternyata di bansos masih kurang, misalkan data di dapo.dikmen 251 dan di bansos BOS SM kok masih 241, Kurang 10 siswa?

Jawab : Silahkan untuk siswa yang kurang 10 diperbaiki pada semester ganjil tahun 2014/2019. Dimungkinkan datanya di semester genap sudah OK, tapi di ganjil ada 10 siswa yang masih di luar Rombel.

6)      Mengapa fitur cetak di pakta integritas belum sanggup di gunakan dikala ini?

Jawab : Fitur Cetak akan tampil pada Tahap 2 yang merupakan rekap data dari tahap 1 dan tahap 2 yang nanti akan di tanda tangani oleh kepala sekolah dan kemudian diupload di web http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/bos

7)      Pada data embel-embel sekolah, data SK Pendirian sekolah, tanggal pendirian, SK Izin Operasional, Tanggal Izin Operasional tidak sesuai, bagaimana cara memperbaikinya?

Jawab : perbaikan data izin operasional sekolah dilakukan melalui layanan vervalsp.data.kemdikbud.go.id/sekolah silahkan ikuti mekanisme pengajuan perubahan data sekolah pada layanan tersebut

8)      Mengapa data Kepala Sekolah saya tidak update?

Jawab : Data Kepala Sekolah diambil dari data dapodikmen dengan memperhatikan data kiprah tambahan. Pastikan data kiprah tambahan Kepala sekolah sudah sesuai dan tidak ada data yang ganda, untuk kepala sekolah yang sudah non aktif pastikan sudah melengkapi data TST kiprah tambahan tersebut. Lakukan perubahan pada Dapodikmen kemudian lakukan sinkronisasi data.

9)     Saya sudah merubah dan melengkapi data kemudian melaksanakan sinkronisasi, mengapa data tetap tidak berubah di baseline BOS?

Jawab : Perubahan data Baseline BOS memang tidak realtime untuk menghindari tingginya traffic, namun perubahan tersebut dilakukan oleh system setiap pukul 2.30 dini hari.

10)    Mengapa data Partisipasi BOS tidak berubah padahal data rincian sekolah pada Dapodikmen sudah saya isi Siap mendapatkan BOS?

Jawab : Data partisipasi BOS diambil dari data Dapodikmen semester ganjil 2014/2019, pastikan data rinci sekolah pada bab Siap mendapatkan BOS sudah dipilih.

Demikian daftar tanya jawab seputar Bansos Dikmen Tahun 2019 UNTUK Data DANA BOS jenjang Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / SMALB yang admin share dari laman http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/bos. Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

Belum ada Komentar untuk "Tanya Jawab Bansos Dikmen Untuk Data Bos Sma/Smk/Smalb Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel