Buku Kerja Kepala Sekolah (Ks) Dan Buku Kerja Pengawas Sekolah (Ps)

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat terkait dekat dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tanpa mengabaikan faktor-faktor lainnya menyerupai sarana dan prasarana serta pembiayaan. 

Kepala sekolah merupakan salah satu PTK yang posisinya memegang kiprah sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah.

Kegiatan kekepalasekolahan yaitu kegiatan dalam menyusun program, melakukan program, penilaian hasil pelaksanaan program, dan melaporkan pelaksanaan program. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 ihwal Guru pada pasal 15 ayat 3 menyatakan bahwa guru yang telah memperoleh akta pendidik sanggup diberi kiprah perhiasan sebagai kepala sekolah dengan beban kerja sesuai beban kerja kepala satuan pendidikan.

Kepala sekolah profesional yaitu kepala sekolah yang melakukan kiprah pokok dan fungsinya sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 ihwal Standar Kepala Sekolah/Madrasah meliputi: dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, supervisi, kewirausahaan, dan sosial.

Selain itu, untuk meningkatkan profesionalisme kepala sekolah maka perlu dilaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Tujuannya yaitu untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien, dan produktif. 

Mengingat pentingnya kiprah kepala sekolah dalam memajukan mutu pendidikan nasional sehingga tuntutan dan tanggung jawab yang harus dipikul oleh kepala sekolah menjadi besar.

Saya menyambut baik upaya Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan untuk menyusun Buku Kerja Kepala Sekolah. Saya harapkan buku ini sanggup digunakan sebagai salah satu pegangan atau contoh bagi kepala sekolah semoga sanggup meningkatkan kinerjanya dalam melakukan tugasnya. Dengan demikian, pada gilirannya mutu pendidikan semakin meningkat. (Sambutan Bpk. Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.)

Download / Unduh Buku Kerja Kepala Sekolah (KS)

Dalam buku ini, di bahas beberapa hal, mulai dari bagaimana menjadi Kepala Sekolah yang profesional, klarifikasi ihwal kepala sekolah sebagai pemimpin profesional, ciri-ciri kepala sekolah profesional. selain itu juga dikupas bagaimana peranan kepemimpinan kepala sekolah profesional, kiprah pokok dan fungsi kepala sekolah dalam perencanaan program, pelaksanaan planning kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah serta pembahasan mengenai sistem gosip administrasi dan tahapan kegiatan kepala sekolah.

Pada buku tersebut mencantumkan beberapa lampiran berupa format-format penting terkait kinerja kepala sekolah, di antaranya :

1.      Contoh Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah.
2.   Contoh Format Rencana Kerja Jangka Menengah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah, Program Prioritas.
3.      Contoh Struktur Organisasi Sekolah.
4.      Contoh Kelengkapan Administrasi Kepala Sekolah.
5.      Contoh Petunjuk Teknis Pengembangan Diri Peserta Didik.
6.      Contoh Kalender Pendidikan Sekolah.
7.      Perencanaan Program Induksi.
8.      Contoh Pedoman Kerja Sekolah.
9.      Kode Etik Guru Indonesia.
10.   Contoh Sistematika Pengembangan KTSP.
11.   Contoh Format Program Supervisi dan Evaluasi Kinerja.
12.   Contoh Analisis Kebutuhan Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
13.   Contoh MoU Kemitraan.
14.   Contoh Pedoman Akademik.
15.   Contoh Penulusuran Alumni/Tamatan.
16.   Contoh Format Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
17.   Contoh Kode Etik Warga Sekolah.
18.   Contoh Tata Tertib Peserta Didik.
19.   Contoh Format Laporan Bulan Kepala Sekolah.
20.   Manajemen Sekolah dalam Foto.

Download/unduh Buku Kerja Kepala Sekolah (KS) ini sanggup didownload pribadi dari links berikut… Demikian share ihwal Buku Kerja Kepala Sekolah dari Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional, semoga bermanfaat dan berkhasiat bagi Bapak/Ibu Kepala Sekolah pada khususnya dan juga bagi Rekan-rekan PTK pada umumnya. Terimakasih dam salam edukasi…!

Download / Unduh Buku Kerja Pengawas Sekolah (PS)

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat terkait dekat dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) tanpa menafikan faktor-faktor lainnya menyerupai saranadan prasarana dan pembiayaan. Pengawas sekolah merupakan salah satupendidik dan tenaga kependidikan yang posisinya memegang kiprah yang signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah.

Kegiatan pengawasan yaitu kegiatan pengawas sekolah dalam menyusun aktivitas pengawasan, melakukan aktivitas pengawasan, penilaian hasilpelaksanaan program, dan melakukan pembimbingan dan pembinaan profesional guru. Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 ihwal guru padapasal 15 ayat 4 dijelaskan bahwa pengawas sekolah harus melakukan kegiatanpengawasan akademik dan pengawasan manajerial. Dengan demikian pengawas sekolah dituntut memiliki kuailifikasi dan kompetensi yang memadai untuk sanggup menjalankan kiprah kepengawasannya.

Pengawas profesional yaitu pengawas sekolah yang melakukan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pembinaan profesional guru dengan optimal. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah maka perlu dilaksanakan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif. Begitu pentingnya kiprah pengawas sekolah dalam memajukan mutu pendidikan nasional hingga tak terasa tuntutan dan tanggungjawab yang harus dipikul pengawas sekolah juga menjadi besar pula. (Sambutan Bpk. Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.)

Dalam buku ini, di bahas beberapa hal, mulai dari bagaimana menjadi Pengawas Sekolah yang Profesional, sistem Pengawasan, Peran Pengawas Sekolah, Jenjang Jabatan, Bidang Kepengawasan dan Tugas Pokok Pengawas Sekolah, selain itu juga ihwal Beban Kerja Pengawas Sekolah dan Sasaran Pengawasan (Kepengawasan Akademik dan kepengawasan Manajerial serta Tahapan-tahapan dalam Kegiatan Kepengawasan mulai dari penyusunan Program Pengawasan, Pelaksanaan, hingga dengan Pelaporan.

Pada buku tersebut mencantumkan beberapa lampiran berupa format-format penting terkait kinerja pengawas sekolah, di antaranya :

1.   Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.21 Tahun 2019
2.     Kode Etik Pengawas Sekolah
3.      Contoh Format Evaluasi Program Tahun Sebelumnya
4.      Contoh Program Pembinaan, Pemantauan, Penilaian Kinerja, Pembimbingan dan Pelatihan
5.      Contoh Rencana Program Tahunan Pembinaan Guru dan atau Kepala Sekolah
6.      Contoh Program Semester, RKA dan RKM
7.      Contoh Jadwal Pengawasan Tatap Muka pada Sekolah Binaan
8.      Contoh Format Pemantauan Delapan SNP dan Contoh Instrumen Supervisinya
9.      Contoh Format Pembinaan Guru dalam Teknik Penilaian dan Analisis SKL
10.   Contoh Instrumen Validasi / Varifikasi Dokumen KTSP
11.   Contoh Supervisi Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah
12.   Contoh Hasil Evaluasi / Penilaian dan Evaluasi Keterlaksanaan Program Kegiatan
13.   Contoh Format yang digunakan dalam Laporan Hasil Pengawasan

Download/unduh Buku Kerja Pengawas Sekolah (PS) ini sanggup didownload pribadi dari links berikut… Demikian share ihwal Buku Kerja Kepala Sekolah dari Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional, semoga bermanfaat dan berkhasiat bagi Bapak/Ibu Pengawas Sekolah pada khususnya dan juga bagi Rekan-rekan PTK pada umumnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

Belum ada Komentar untuk "Buku Kerja Kepala Sekolah (Ks) Dan Buku Kerja Pengawas Sekolah (Ps)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel