Model Pembelajaran Eksklusif (Direct Instruction)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Proses pembelajaran eksklusif yaitu proses pendidikan di mana penerima didik menyebarkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi eksklusif dengan sumber mencar ilmu yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran.

Dalam pembelajaran eksklusif tersebut penerima didik melaksanakan acara mencar ilmu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam acara analisis. 

Proses pembelajaran eksklusif menghasilkan pengetahuan dan keterampilan eksklusif atau yang disebut dengan instructional effect.

Ciri-ciri model pembelajaran eksklusif antara lain:

a.   Adanya tujuan pembelajaran dan mekanisme evaluasi hasil belajar
b.   Sintaks atau contoh keseluruhan dan alur acara pembelajaran
c.   Sistem pengelolaan dan lingkungan mencar ilmu yang mendukung berlangsung dan berhasilnya pengajaran

Sintaks acara pembelajaran langsung
Fase
Indikator
Peran Guru
1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
Menjelaskan tujuan , bahan prasyarat, memotivasi dan mempersiapkan siswa
2
Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
Mendemonstrasikan ketrampilan atau menyajika warta tahap demi tahap
3
Membimbing pembinaan
Memberikan latihan terbimbing
4
Mengecek pemahaman dan memperlihatkan umpan balik
Mengecek kamampuan siswa dan memberi kan umpan balik
5
Memberikan latihan dan penerapan konsep
Mempersiapkan latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep yang dipelajari pada kehidupan sehari-hari 

Belum ada Komentar untuk "Model Pembelajaran Eksklusif (Direct Instruction)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel