Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Cetak Rapor Dari Aplikasi Rapor Kurikulum 2019 Sd V.1.0.1

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Fitur Cetak Rapor berfungsi untuk mencetak Rapor menurut nilai yang telah diisi sebelumnya. Fitur ini sanggup diakses melalui sajian Rapor sub sajian Cetak Rapor. 

Proses penghitungan nilai sehingga menghasilkan deskripsi final dilakukan secara otomatis oleh aplikasi. 

Proses penghitungan nilai yang dilakukan oleh aplikasi sehingga sanggup dihasilkannya Rapor yaitu sebagai berikut:

1.   Untuk Kompetensi Inti 1 dan 2, Deskripsi yang ditampilkan di dalam Rapor yaitu indikator-indikator yang sudah dinilai pada evaluasi Buku Harian Guru. Indikator yang dideskripsikan ke dalam Rapor merupakan indikator-indikator yang dinilai, dengan nilai capaian sesuai dengan kecenderungan (modus). Misal : dari 5 kali evaluasi indikator “Percaya Diri”, diinput nilai 3 kali = Ya dan 2 kali = Tidak, maka untuk indikator “Percaya Diri’ akan muncul di deskripsi sebagai kategori Sangat Baik. Sebaliknya, kalau diinput 2 kali = Ya dan 3 kali = Tidak, maka indikator “Percaya Diri” akan muncul di deskripsi sebagai kategori Perlu Bimbingan. Jika ada indikator dengan nilai antara Ya dan Tidak sama jumlahnya, maka yang diambil yaitu Ya (Sangat Baik).

2.   Untuk Kompetensi Inti 3, deskripsi pada Rapor merupakan Kompetensi Dasar yang paling menonjol ‘positif’ dan ‘negatif’ menurut nilai rata-rata indikator per Kompetensi Dasar dari nilai indikator yang sudah diisi pada Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Kompetensi Dasar yang ditampilkan dari masing-masing kategori paling paling menonjol ‘positif’ dan ‘negatif’ berjumlah maksimal 3 Kompetensi Dasar.

     Tahapan penghitungan nilai untuk Kompetensi Inti 3 yaitu sebagai berikut:

a.   Menghitung Nilai setiap Indikator per Kompetensi Dasar ; Kompetensi Dasar 3.1 Penilaian Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka UH1

b.   Mengumpulkan Kompilasi seluruh nilai indikator per Kompetensi Dasar ; Kompetensi Dasar Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Total Nilai Nilai Rata-rata Kategori KD 3.1

c.   Mengurutkan nilai Kompetensi Dasar

Setelah mendapat Nilai rata-rata akhir, tahap berikutnya yaitu mengurutkan nilai setiap Kompetensi Dasar. Dari tabel di atas, maka urutan nilai dari yang teratas yaitu sebagai berikut: Kompetensi Dasar Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Total Nilai Nilai Rata-rata Kategori KD 3.1

Dari tabel di atas, maka kita sanggup melihat bahwa KD yang akan muncul di Deskripsi Rapor yaitu KD 3.1 dengan kategori Sangat Baik, KD 3.7 dan KD 3.2 dengan kategori Cukup.

3.   Untuk Kompetensi Inti 4, deskripsi pada Rapor merupakan KD yang paling menonjol ‘positif’ dan ‘negatif’ menurut nilai optimum indikator-indikator per KD sesuai dengan nilai yang diisi pada pada Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.

Tahapan penghitungan nilai untuk Kompetensi Inti 4 yaitu sebagai berikut:

a.   Menghitung Nilai setiap Indikator per Kompetensi Dasar ; Kompetensi Dasar 4.1 Penilaian Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka Nilai Capaian Angka UH1

b.   Mengumpulkan Kompilasi seluruh nilai indkator per Kompetensi Dasar ; Kompetensi Dasar Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Total Nilai Nilai Rata-rata Kategori KD 4.1

c.   Mengurutkan nilai Kompetensi Dasar ; Kompetensi Dasar Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Total Nilai Nilai Rata-rata Kategori KD 4.5

Dari tabel di atas, maka kita sanggup melihat bahwa KD yang akan muncul di Deskripsi Rapor yaitu KD 4.5 dengan kategori Sangat Baik, KD 4.7 dan KD 4.4 dengan kategori Cukup.
Gambar Halaman Cetak Rapor

Langkah-langkah untuk mencetak Rapor yaitu sebagai berikut :

1.   Pilih Rombongan Belajar
2.   Klik tombol View, maka akan ditampilkan data anggota rombongan belajar.
3.   Tombol Cetak di atas tabel anggota rombel berfungsi untuk mencetak Rapor seluruh siswa anggota rombel sekaligus. Output Rapor sanggup di ekspor ke file PDF dan Ms. Word.
4.   Untuk mencetak Rapor per siswa klik icon PDF dan Word pada setiap baris anggota rombel.

Tools

Pada sajian ini pengguna sanggup melaksanakan sinkronisasi data dengan database Dapodik, seperti: Kurikulum, Mata Pelajaran, Peserta Didik, anggota Rombel dan sebagainya.

Demikian pemaparan mengenai petunjuk penggunaan Aplikasi Rapor SD. Semoga buku petunjuk ini sanggup membantu para pengguna dalam memakai Aplikasi Rapor SD. Untuk klarifikasi dan isu lebih lanjut sanggup menghubungi direktur aplikasi

Posting Komentar untuk "Panduan Cara Cetak Rapor Dari Aplikasi Rapor Kurikulum 2019 Sd V.1.0.1"