Panduan / Cara Instalasi Patch V.3.0.3 Aplikasi Dapodikdas Tahun 2019

Sahabat Operator Sekolah Dapodikdas yang berbahagia… 

Berikut share gosip mengenai gosip umum dan klarifikasi aplikasi Dapodikdas khususnya pada versi 3.0.3 di semester 2 tahun pelajaran 2014/2019 ini. Pada awal Januari tahun 2019 telah realease Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.2 yang melengkapi kebutuhan pengguna di versi sebelumnya. 

Tidak usang sehabis aplikasi 3.02 realease ditentukan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 perihal Pemberlakukan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2019.

Atas dasar kebijakan tersebut maka Aplikasi Dapodikdas meluncurkan versi 3.0.3 yang diperlukan sanggup mengawal pelaksanaan kebijakan pelaksanaan kurikulum 2019 di sekolah.  Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan operator sekolah segera melaksanakan update versi aplikasi, kemudian melaksanakan update data terutama data yang terkait dengan penerapan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2019. 

Dalam manual ini akan disajikan gosip dan panduan untuk melaksanakan update data memakai pembaharuan dan perbaikan fitur yang ada di aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 dengan deskripsi perubahan sebagai berikut :

1.   [Perbaikan] Tingkat Pendidikan utk SLB saat tambah Rombel
2.   [Perbaikan] Kolom No.KPS/KKS pada penerima didik
3.   [Perbaikan] penambahan PTK saat menyimpan
4.   [Pembaruan] Penambahan unduh excel pada PD keluar dan PTK keluar
5.   [Pembaruan] Penambahan tombol kembali cek dan unduh export UN
6.   [Pembaruan] Penambahan filter untuk jenis kurikulum 2019 hanya pada sekolah terpilih.

Menggunakan Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 diawali dengan melaksanakan installasi versi.3.0.3. Yang berbeda di versi ini yaitu memakai aplikasi harus diawali dengan sinkronisasi. Sinkronisasi ini bertujuan untuk menurunkan tanda/flag yang mendefinisikan sekolah mana saja yang sanggup memakai Kurikulum 2019. Setelah melaksanakan sinkronisasi sekolah diperlukan memperbaiki data rombongan berguru menyesuaikan dengan kebijakan kurikulum yang berlaku bagi sekolah.

Pada proses sinkronisasi ini data flag sekolah yang memakai Kurikulum 2019 akan secara otomatis turun dari server ke Aplikasi.

Berikut Cara Installasi Patch Versi 3.0.3 Dapodikdas :

Setelah file patch Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 sanggup diunduh di website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id melalui sajian Download Aplikasi. Setelah jawaban unduh maka kita sudah sanggup eksklusif memulai proses installasi Patch Dapodikdas versi 3.0.3.

Untuk menginstall Patch aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 silahkan ikuti langkah berikut ini :

a.   Pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi yang telah terinstall yaitu versi 3.0.2. Jika yang terinstall di kompter masih versi lebih bawah dari 3.0.2 maka akan muncul peringatan. Jika versi aplikasi yang terinstall yaitu bukan versi 3.0.2 maka uninstall aplikasi dapodikdas kemudian install terlebih dahul versi 3.02 hingga berhasil login (penjelasan lebih lanjut baca manual aplikasi versi 3.0.2). Jika versi aplikasi yang terinstall telah memenuhi ketentuan maka kita sanggup memulai proses installasi Patch versi 3.03.

b.   Double klik master Aplikasi Patch Dapodikdas 3.0.3 kemudian akan muncul sajian installasi aplikasi, pilih LANJUT.

c.   Proses install patch akan berlangsung, tunggu hingga proses installasi jawaban kemudian pilih SELESAI.

d.   Buka aplikasi dapodikdas dan Jangan lupa sebelum login refresh browser dengan memakai CTRL+ F5 biar cache versi sebelumnya terbarukan dan perubahan versi aplikasi nampak di beranda. Dengan demikian proses installasi Patch telah selesai.

Demikian share panduan instalasi patch aplikasi Dapodikdas v.3.0.3 yang admin share dari Manual Aplikasi Dapodikdas v.3.0.3. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Satu Data Berkualitas...!

Belum ada Komentar untuk "Panduan / Cara Instalasi Patch V.3.0.3 Aplikasi Dapodikdas Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel