Panduan / Cara Sinkronisasi Offline Aplikasi Dapodikdas V.3.0.3

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia… 

Mekanisme sinkronisasi aplikasi Dapodikdas v.3.0.3 selain sanggup dilakukan dengan mekanisme sinkronisasi online sanggup juga dilakukan secara offline (komputer tidak sambung dengan internet). 

Fitur pelengkap pada fungsi sinkronisasi offline ini diperuntukkan bagi sekolah yang berada daerah-daerah terpencil yang saluran internetnya kurang bagus. 

Berikut tampilan dan klarifikasi perihal Syncronisasi Offline :

Jika komputer pengguna tidak terkoneksi internet, maka otomatis terlihat tampilan [Koneksi Anda dengan Internet: DISCONNECTED], kemudian Klik tombol [SINKRONISASI] maka akan muncul peringatan sebagai pada gambar message box sinkronisasi offline berikut:
 

Pilih Ok dan lanjutkan, maka file/data untuk sinkronisasi offline akan mendownload secara otomatis, dan hasil download file sinkronisasi offline dalam bentuk “123456789_sync_to_server.syc”. Untuk mengirimkan data “123456789_sync_to_server.syc” ke server, maka data tersebut harus diunggah melalui website resmi http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ dengan tampilan berikut ini :

Pilih sub-menu “Upload Data” yang terletak di sebelah kiri laman dapodikdas. Gambar sub-menu ‘Upload Data’ di website dapodikdas :

Kemudian akan muncul tampilan menyerupai gambar dibawah ini (gambar tampilan upload data sinkronisasi offline) :

Masukkan instruksi pendaftaran sekolah, username aplikasi, password aplikasi dan tombol “Choose File” dan cari file yang berbentuk “123456789_sync_to_server.syc” kemudian Klik [UPLOAD] dan tunggu proses sampai selesai, maka akan muncul tabel menyerupai berikut (fambar tautan data perubahan dari pusat) :

Kolom yang di beri tanda panah berikut ialah “Data Perubahan Dari Pusat” klik tautan tersebut dan unduh file berbentuk “123456789_receive_to_sync.syc”. File ini ialah file yang perlu dimasukkan kembali ke dalam aplikasi dapodikdas di lokal (komputer pengguna). Fungsinya ialah memasukkan data perubahan dari sentra ke dalam aplikasi di lokal.

Kemudian buka kembali aplikasi dapadikdas di lokal (komputer pengguna) dan akan muncul jendela menyerupai pada gambar tampilan push data sinkronisasi pada aplikasi dapodikdas berikut:

Klik tombol [Choose File] dan cari file “123456789_receive_to_sync.syc” (file hasil perubahan data dari pusat, Kemudian klik [PUSH DATA SINKRONISASI] dan tunggu sampai muncul data yang mengalami perubahan. Sinkronisasi offline selesai.

Demikian share panduan / cara sinkronisasi offline aplikasi Dapodikdas v.3.0.3. Untuk melihat manual v.3.0.3 aplikasi Dapodikdas selengkapnya sanggup diunduh dari links situs Dapodik Ditjen Dikdas yang sudah admin share pada artikel berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Satu Data Berkualitas..!

Belum ada Komentar untuk "Panduan / Cara Sinkronisasi Offline Aplikasi Dapodikdas V.3.0.3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel