Panduan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (Lkjs) Smp Tahun 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Panduan / Juknis LKJS (Lomba Karya Jurnalistik Siswa) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama dan sederajat di tahun 2019 ketika ini telah diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kemdikbud RI.

Berdasarkan Panduan LKJS 2019, bahwasannya dunia pendidikan di Indonesia sedang berupaya mengembangkan pendidikan huruf sebagai inti pendidikan. Proses pendidikan tanpa pembangunan huruf diyakini sebagai proses yang akan menciptakan pendidikan kehilangan rohnya dan menjadi sekadar sarana training otak.

Tanpa pembangunan huruf pendidikan hanya akan menciptakan penerima didik tumbuh secara parsial, menjadi sosok yang mungkin saja pandai, tapi miskin emosional dan spriritual.

Upaya mengembalikan pendidikan ke dalam proses pendidikan yang berkarakter menjadi hal yang sangat penting dan mendesak. Kegiatan jurnalistik sebagai salah satu sarana untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kebersamaan, kedisiplinan, kerja keras, empati, kepercayaan diri, kreativitas, kejujuran, inovasi, intelektualitas, dan memperkuat jaringan, merupakan salah satu instrumen untuk mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter.

Selain itu, melalui aktivitas jurnalistik para siswa sanggup berguru merencanakan liputan berupa pengumpulan data/riset, wawancara lapangan, menulis, menyunting, dan mengembangkan gosip (ataupun informasi) melalui majalah, buletin, koran dinding, dan tabloid.

Dengan demikian, aktivitas jurnalistik secara tidak pribadi sanggup membentuk kecerdasan siswa baik itu kecerdasan kognitif, afektif, maupun psikomotorik yang bisa menghadapi tantangan zaman di masa sekarang dan akan datang.

Menyadari pentingnya aktivitas jurnalistik sebagaimana dikemukakan di atas, Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya melaksanakan pembinaan aktivitas jurnalistik secara sedikit demi sedikit dan berkesinambungan.

Pembinaan tersebut berupa workshop jurnalistik bagi guru-guru Sekolah Menengah Pertama seluruh Indonesia, dan aktivitas Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) Sekolah Menengah Pertama tingkat nasional yang akan diselenggarakan tahun 2019.

Workshop jurnalistik telah diselenggarakan pada tahun 2019, 2019, 2019, dan 2014. Diharapkan pada tahun 2019 juga akan dilaksanakan aktivitas yang sama. Meskipun belum semua guru Sekolah Menengah Pertama terlibat dalam aktivitas tersebut, dibutuhkan keikutsertaan mereka dalam workshop jurnalistik sanggup menularkan tradisi jurnalistik kepada siswanya maupun siswa sekolah lain.

Kegiatan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) Sekolah Menengah Pertama tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada tahun 2019 dibutuhkan bisa mendorong stakeholder pendidikan, baik Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, kepala sekolah, guru, penerima didik, dan komite sekolah untuk meningkatkan pembinan jurnalistik di sekolah.

Tujuan Kegiatan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) 2019 :

1.   Meningkatkan pengetahuan jurnalistik di kalangan siswa.
2.   Meningkatkan keterampilan menulis dan mengelola media cetak sekolah.
3.   Membangun cara berpikir kritis, jernih, dan seimbang.
4.   Mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter.

Hasil yang Diharapkan Adanya Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) 2019 :

1.   Siswa mempunyai pemahaman jurnalistik yang baik.
2.   Siswa bisa menciptakan karya jurnalistik di masing-masing sekolah.
3.   Munculnya siswa yang mempunyai prestasi jurnalistik yang baik.
4.   Terpetakannya kemampuan jurnalistik siswa SMP.

Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) Sekolah Menengah Pertama ialah suatu ajang kompetisi karya jurnalistik tingkat Sekolah Menengah Pertama secara nasional melalui penilaian produk jurnalistik untuk memperoleh hasil yang terbaik. Karya jurnalistik yang dilombakan dalam LKJS berupa buletin. Tema LKJS 2019 ialah “Kegiatan Jurnalistik Sebagai Upaya Mempercepat Pengembangan Karakter Siswa”.

Karya jurnalistik yang dilombakan pada rubrik tertentu, memuat tema-tema yang bekerjasama dengan nilai-nilai pendidikan huruf di sekolah masing-masing, seperti: prestasi siswa dan guru, budaya membaca di sekolah, tradisi menghormati yang lebih bau tanah dan menghargai sesama, disiplin sekolah, budaya jujur, kebersihan sekolah, budaya sehat sekolah, budaya ramah lingkungan, organisasi sekolah, dan lain-lain.

Persyaratan Peserta Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 :

1. Warga Negara Indonesia.
2. Terdaftar dan aktif sebagai siswa Sekolah Menengah Pertama negeri/swasta, Sekolah Menengah Pertama Terbuka, dan SD-SMP Satu Atap.

Syarat, Ketentuan, dan Penilaian Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) 2019 ialah sebagai berikut :

1.   Karya jurnalistik berbentuk buletin.
2.   Karya jurnalistik merupakan hasil kerja tim redaksi.
3.   Karya jurnalistik merupakan hasil karya orisinil (original) siswa.
4.   Karya jurnalistik tidak mengandung SARA, kekerasan, dan pornografi.
5.   Jumlah halaman karya jurnalistik sebanyak 12 atau 16 halaman.
6.   Karya jurnalistik berisi rubrik-rubrik yang bervariasi.
7.   Naskah jurnalistik ditulis dalam tiga jenis yaitu gosip (news), karangan khas (feature), dan opini (views).
8.   Berita (news) harus memenuhi unsur 5W+1H, piramida terbalik, dan standar kelayakan berita.
9.   Menggunakan bahasa Indonesia ragam jurnalistik.
10. Karya jurnalistik harus memenuhi unsur artistik.
11. Karya jurnalistik yang dilombakan dikirim ke alamat panitia sentra disertai surat pengantar kepala sekolah dengan lampiran alamat lengkap sekolah (nama sekolah, alamat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, e-mail, laman, telepon/HP, instruksi pos).
12. Karya jurnalistik harus diterima panitia paling lambat tanggal 31 Agustus 2019.

Karya jurnalistik dikirim ke alamat berikut :

Panitia Pusat LKJS Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019
Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdas, Kemdikbud
Gedung E Kemdikbud Lantai 17
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270
Telepon (021)-5725683, Fax – 57900459
Email: olimpiade.ditpsmp@gmail.com
Website; http://dikdas.kemdikbud.go.id

Penilaian naskah jurnalistik dilakukan melalui dua tahap. Pada tahap pertama, seleksi terhadap seluruh karya jurnalistik yang masuk ke panitia dievaluasi oleh juri untuk memilih finalis yang akan diundang sebagai penerima LKJS tingkat nasional. Dan pada tahap kedua, seleksi terhadap presentasi dari semua finalis dan hasil kemas media untuk memilih juara tingkat nasional.

Download Panduan Lomba Karya Jurnalistik Siswa Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 selengkapnya silahkan klik pada links berikut. Demikian informasi mengenai LKJS Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 yang admin share dari laman http://dikdas.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih…. ...!

Belum ada Komentar untuk "Panduan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (Lkjs) Smp Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel