Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2019 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Berdasarkan Permendikbud Nomor 105 Tahun 2014 Tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2019 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bahwa Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2019 yang selanjutnya disebut Pendampingan yakni proses pemberian santunan penguatan pelaksanaan Kurikulum 2019 pada satuan pendidikan.

Satuan pendidikan yakni Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/MI/SDLB), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah/Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP/MTs/SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA/MA/SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan/Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa (SMK/MAK/SMKLB).

Pendampingan mempunyai tujuan:

a.   memfasilitasi proses adopsi Kurikulum 2019 pada satuan pendidikan;
b.   memfasilitasi pengayaan/kontekstualisasi sebagai bab dari pengembangan Kurikulum 2019 pada satuan pendidikan;
c.   memperkuat keterlaksanaan Kurikulum 2019 pada satuan pendidikan; dan
d.   memperkuat pemahaman dan membangun iman diri dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2019.

Pendampingan mempunyai sasaran:

a.   pengawas satuan pendidikan;
b.   kepala satuan pendidikan; dan
c.   pendidik.

Sasaran memperoleh substansi pendampingan sesuai dengan status dan tugas masing-masing.

Pendampingan dilakukan menurut prinsip sebagai berikut :

1.   Profesional: yaitu bahwa kekerabatan yang terjadi antara pemberi pendampingan dan akseptor pendampingan yakni untuk peningkatan kemampuan profesional dan bukan atas dasar kekerabatan personal. dilakukan dengan kriteria dan mekanisme keahlian.
2.   Kolegial: yaitu bahwa kekerabatan kesejawatan antara pemberi dan akseptor pendampingan. Dengan prinsip ini pengawas satuan pendidikan, kepala satuan pendidikan, dan pendidik yang menjadi guru pendamping dengan pengawas satuan pendidikan, kepala satuan pendidikan, dan pendidik yang didampingi mempunyai kedudukan setara. Kegiatan dilakukan dengan pendekatan dan iklim kesejawatan antara pendamping yang didampingi.
3.   Sikap saling percaya: yaitu bahwa pengawas satuan pendidikan, kepala satuan pendidikan, dan pendidik yang mendapatkan pendampingan mempunyai perilaku percaya kepada pemberi pendampingan bahwa informasi, saran, dan teladan yang diberikan memang yang dikehendaki Kurikulum 2019. Kegiatan dilakukan dengan saling menghormati dan bertanggungjawab.
4.   Berkelanjutan: yaitu kekerabatan profesional yang terjadi antara pemberi dan akseptor pendampingan berkelanjutan sesudah pemberi pendampingan secara fisik sudah tidak lagi berada di lapangan, dilanjutkan melalui e-mail, sms, atau alat lain yang tersedia. Kegiatan dilakukan secara terencana, terus-menerus, dan semakin meningkat.

Pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2019 berisi:

a.   penguatan substansi materi asuh untuk setiap mata pelajaran dan/atau tema pembelajaran;
b.   penguatan sistem pembelajaran pada Kurikulum 2019;
c.   penguatan sistem evaluasi hasil mencar ilmu oleh pendidik pada Kurikulum 2019 dan pengisian laporan hasil mencar ilmu peserta didik;
d.   pengembangan perangkat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; dan
e.   pengembangan model penelusuran minat peserta didik melalui bimbingan dan konseling.

Pengelolaan pendampingan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah berafiliasi dengan dinas pendidikan provinsi dan dinas pendidikan kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya.

Pendampingan dilaksanakan secara berkesinambungan dengan model pendampingan di induk kluster/gugus dan model pendampingan di satuan pendidikan. Model Pendampingan berbasis kluster/gugus satuan pendidikan dilakukan oleh guru pendamping. Model pendampingan di satuan pendidikan dilakukan oleh guru pendamping yang ada di satuan pendidikan tersebut.

Guru pendamping dalam pelaksanaan Kurikulum 2019 terdiri atas unsur: pengawas satuan pendidikan;
a.   kepala satuan pendidikan; dan
b.   pendidik.

Syarat sebagai pendamping dalam pelaksanaan Kurikulum 2019 adalah:
a.   telah lulus pembinaan Kurikulum 2019 dengan prestasi sekurang-kurangnya dengan predikat memuaskan (M); dan
b.   telah lulus dalam bimbingan teknis guru pendamping.

Penyelenggara satuan pendidikan yang didirikan oleh masyarakat sanggup menyediakan sumber daya pendidikan dalam pelaksanaan pendampingan pada satuan pendidikan.


Belum ada Komentar untuk "Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2019 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel