Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan & Cara Daftar Penerima Diklat Interaksi Online (Dio) Padamu Negeri 2014

Indonesia mempunyai 3 juta Guru yang harus senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan kualitasnya seiring dengan perkembangan jaman secara berkelanjutan. 

Diperlukan terobosan gres untuk sanggup mempercepat banyaknya jumlah guru yang dididik dan dilatih secara berkesinambungan namun dengan anggaran yang efisien. Pendidikan dan Pelatihan secara Online menjadi salah satu pilihan Pengembangan Profesional Berkelanjutan (PKB) dengan banyak sekali manfaat sebagai berikut:

1.   Akses yang lebih luas. Penyelenggara training menyerupai P4TK sanggup menyediakan susukan pengembangan profesional lebih luas bagi lebih banyak guru.
2.   Berpotensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Interaktivitas dari kelas online yang dilakukan oleh tim P4TK Matematika sesuai klaim mereka, berpotensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Modul online sanggup dievaluasi dari waktu ke waktu, diperbaiki dan diubahsuaikan untuk pemanfaatan berikutnya.
3.   Penyampaian yang fleksibel. Pelatihan disampaikan dengan lebih fleksibel dalam bentuk online secara penuh maupun hybrid, dengan banyak sekali skenario (misalnya berguru berkelompok dalam KKG/MGMP atau berguru secara mandiri).
4.   Penggunaan yang meluas ke ruang kelas. Guru akan sanggup memanfaatkan material online di ruang kelas mereka untuk para siswa.
5.   Pemanfaatan teknologi. Ketika mengikuti pembelajaran online, guru akan berguru juga dalam memanfaatkan teknologi untuk mengumpulkan, menemukan, berbagi dan mempublikasikan pengetahuan dan informasi.

Dengan banyak sekali manfaat tersebut di atas, maka Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Peningkatan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana untuk mengujicobakan training online yang masif, terstruktur, sistematis, efisien dan berkualitas serta diakui sebagai bab dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Semua Pendidik (Guru) sanggup menjadi akseptor kelas Pilot DIO 2014 dan bagaimana syaratnya dengan syarat sebagai berikut:

1.   Telah aktif (bintang 4 hijau) di Padamu Negeri.
2.   Mata Pelajaran utama dan jenjang sekolah induknya sesuai dengan tipe Kelas Virtual Pilot DIO yang tersedia. Silakan cek di Data Portofolio Padamu masing-masing.
3.   Satu domisili dengan lokasi Pusat Belajar.

Pusat Belajar yakni lokasi sekolah inti (KKG/MGMP) yang terpilih oleh P4TK sebagai daerah  berkumpulnya para akseptor Kelas Pilot DIO selama kegiatan Video Conferences (Vicon) berlangsung. Jadwal vicon dilakukan 1 (satu) kali dalam setiap ahad yang ditentukan oleh para pengajar.


Kelas virtual Pilot DIO yang tersedia ketika ini antara lain:

  • Kelas DIO - P4TK Bahasa (untuk Guru Bahasa Inggris jenjang SMP)
  • Kelas DIO - P4TK Penjas-BK (untuk Guru PJOK jenjang SMP)
  • Kelas DIO - P4TK TK-PLB (untuk Guru Kelas jenjang TK)
  • Kelas DIO - P4TK PKn-IPS (untuk Guru Kelas jenjang SD)
  • Kelas DIO - P4TK IPA (untuk Guru IPA jenjang SMP)
  • Kelas DIO - P4TK Seni Budaya (untuk Guru Prakarya jenjang SMP)
  • Kelas DIO - P4TK Matematika (untuk Guru Matematika jenjang SMA)
  • Kelas DIO - P4TK Bidang Otmotif dan Elektronika (untuk Guru Bidang Teknik Elektronika Industri jenjang SMK)

Kelas DIO - ProDEP Pembelajaran Mandiri BPU (Bahan Pembelajaran Utama) khusus Kepala Sekolah jenjang SD dan Sekolah Menengah Pertama se-Indonesia.

Jadwal Kelas DIO dikelola oleh Pusat Pengajaran (P4TK) dan dibuka mulai 8 Desember 2014 hingga 27 Desember 2014.

Cara mendaftar sebagai akseptor kelas Pilot DIO 2014, login dengan akun PTK masing-masing di Padamu Negeri, klik sajian Diklat. Bila Anda memenuhi persyaratan (sesuai poin 1) maka akan muncul tombol "Daftar/Ajukan”. Silakan klik tombol tersebut biar terdaftar sebagai akseptor Kelas Pilot DIO 2014.

Pada kelas Pilot DIO ketika ini memuat 32 Jam Pelajaran yang ditempuh dalam 3 ahad atau 11 jam per ahad dan akan menerima akta digital sebagai akseptor kelas pilot DIO apabila telah mengikuti dan menuntaskan aktifitas-aktifitas di kelas Pilot DIO. Setiap Kelas DIO akan diampu oleh para pengajar (widyaiswara) dari P4TK yang bertugas menjadi fasilitator untuk berinteraksi secara online selama Kelas DIO berlangsung.

Panduan dan klarifikasi selengkapnya sanggup dilihat pada situs http://bantuan.siap-online.com/produk/dio dan http://dio.siap.id 

Posting Komentar untuk "Penjelasan & Cara Daftar Penerima Diklat Interaksi Online (Dio) Padamu Negeri 2014"