Perubahan Agenda Un Smp 2019 Digelar 4-7 Mei, Standar Nilai Kelulusan Un 2019 Minimal 5,5 Untuk Setiap Mapel Dan Rata-Rata Semua Mapel Un Minimal 5,5

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2014/2019 bagi siswa SMP/MTs diselenggarakan selama empat hari, adalah 4-7 Mei 2019. 

Ini meralat informasi yang pernah disampaikan sebelumnya dan telah beredar di masyarakat melalui media massa. Sebelumnya diinformasikan bahwa UN tingkat SMP/MTs digelar 4-6 Mei 2019. 

“UN untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama dan sederajat terdiri atas empat mata pelajaran,” kata Nizam dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (29/1). Sementara itu pengumuman hasil UN SMP/MTs dilakukan pada 10 Juni 2019.

UN tahun ini tidak lagi dipakai sebagai penentu kelulusan siswa. Kewenangan ini sepenuhnya diserahkan kepada sekolah. Menurut Nizam, otonomi penetapan kelulusan siswa menjadi hak sekolah alasannya selama tiga tahun menempuh pendidikan, guru mengamati dan menilai seluruh kompetensi siswa. Dari sanalah guru kemudian sanggup memutuskan apakah siswa tersebut pantas lulus atau belum.

Meskipun sekolah yang sepenuhnya memilih kelulusan siswa, namun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) memutuskan nilai standar minimal kelulusan yang harus diacu oleh sekolah. Untuk dinyatakan lulus, siswa setidaknya memenuhi nilai 5,5 untuk setiap mata pelajaran dan rata-rata minimal 5,5. Ketentuan ini dituangkan dalam mekanisme operasi standar (POS) yang disusun oleh BSNP.

“Nilai final itu ditetapkan dari adonan antara nilai rapor dan nilai ujian sekolah. Nilai inilah yang menjadi syarat kelulusan siswa,” ujarnya. (Ratih Anbarini)

Belum ada Komentar untuk "Perubahan Agenda Un Smp 2019 Digelar 4-7 Mei, Standar Nilai Kelulusan Un 2019 Minimal 5,5 Untuk Setiap Mapel Dan Rata-Rata Semua Mapel Un Minimal 5,5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel