Tanya Jawab Lengkap Aplikasi Dapodikdas V.3.0.3

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia… 

Pada kesempatan kali ini, admin akan share info mengenai seputar tanya jawab lengkap terkait aplikasi Dapodikdas v.3.0.2 pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2019 dikala ini. 

Berikut daftar tanya jawab selengkapnya :

1.   Update versi terbaru apa harus memakai installer atau patch 3.03? Cukup dengan memakai patch 3.03
2. Di mana saya unduh patch 3.03? Untuk unduh aplikasi terbaru sanggup di lihat di website http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh
3.   Bagaimana tahapan update aplikasi dari versi 3.02 ke 3.03?
· Unduh aplikasi patch versi terbaru (3.03), unduh file patch v.3.0.3 di laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
·       Ikuti langkah installasi aplikasi patch 3.03
·       buka aplikasi yang ada di desktop
·       tekan CTRL + F5
·       setelah login, cek di beranda aplikasi pastikan versinya 3.03
·    kemudian lakukan sinkronisasi semoga update aplikasi sanggup turun ke lokal terutama pada bab pemilihan kurikulum 2019 bagi sekolah yang telah ditentukan oleh kemdikbud.
·       Setelah itu cek dan edit pembelajarannya.
4.  Apakah sehabis menginstal patch 3.03 harus ganti prefill baru? Tidak, sehabis install patch 3.03 silahkan pribadi melaksanakan login untuk mengecek datanya
5.   Kenapa sehabis install patch masih terbaca versi 3.02? Bila masih terbaca versi 3.02, lakukan refresh aplikasinya dengan cara tekan ctrl+ f5, bila masih belum berubah klik pengaturan di browser kemudian pilih clear history.
6.   Perbedaan versi 3.02 – 3.03?
·       Penguncian pada penggunaan kurikulum di aplikasi dapodik bagi sekolah yang memakai kurikulum KTSP 2006 tidak akan sanggup menentukan kurikulum 2019 pada tabel rombongan mencar ilmu (pengguna kurikulum 2019 ialah sekolah yang telah ditentukan oleh Kemdikbud).
·       Penambahan akomodasi UN, sehingga pengguna aplikasi sanggup mengecek data akseptor UN dan mengekspornya dari aplikasi ke dalam bentuk excel.
·       Penambahan caption “Dilarang diganti dengan nama akseptor didik lain” di tabel akseptor didik.
·       Tingkat pendidikan untuk SLB sanggup menentukan tingkat 1 – tingkat 12.
·       Penambahan unduhan Excel pada tabel PD Keluar dan PTK Keluar.
·       Kolom nomor KPS/KKS pada tabel akseptor didik.
7. Apakah Rombel harus dihapus untuk mengubah dari kurikulum KTSP ke 2019 begitu juga sebaliknya? Tidak, cukup dengan mengganti kurikulumnya saja dan mengedit kembali pembagian PTK Mengajar sesuai dengan struktur kurikulum yang digunakan.
8.   Bagaimana langkah mengganti kurikulum semoga tidak perlu menghapus Rombelnya?
·       Silahkan pilih rombelnya ganti kurikulum yang sesuai dengan mengklik kolom kurikulum sehabis diganti klik simpan.
·       Lalu refresh atau tekan ctrl+f5.
·       Setelah itu klik rombongan belajarnya kemudian klik pembelajaran .
·       Setelah muncul pembelajarannya silahkan edit sesuai dengan struktur kurikulum yang dipakai baik itu KTSP atau kurikulum 2019 kemudian klik simpan.
·       Jika kurikulum Sekolah Menengah Pertama 2019 diganti ke KTSP SMP, selain mengganti pembagian jam mengajar juga harus menghapus mata pelajaran prakarya.
·       Jika KTSP Sekolah Menengah Pertama diganti ke kurikulum Sekolah Menengah Pertama 2019 (sekolah terpilih kurikulum Sekolah Menengah Pertama 2019), hapus mata pelajaran TIK.
9.      Apakah username dan password harus di ganti dengan yang baru? Tidak perlu, tetap memakai username dan password yang usang saja, tapi jikalau menemukan persoalan yang mengharuskan mengganti username dan password sanggup di ganti.
10.    Peringatan sebagian data tidak masuk, apa yang harus dilakukan? Silahkan lakukan generate ulang prefill dan pendaftaran ulang bila belum berhasil silahkan hubungi dinas kab/kota setempat.
11.    Apakah PTK dan PD harus di mapping ulang di dalam tabel rombel sehabis di patch? Tidak, alasannya ialah rombel tidak dihapus hanya mengganti kurikulum dan mengedit pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan
12.    Apakah validasi dan sync ada perubahan? Tidak ada perubahan sama dengan semester 1 baik cara dan metodeloginya.
13.    Apakah data yang invalid (merah) mencegah pengiriman data (sync)? Data invalid tidak akan menghalangi pengiriman data ke server ketika melaksanakan sinkronisasi.
14.    Jika ada PD/PTK yg mutasi (pindah sekolah/baru) di inputkan di patch 3.03? Untuk PD/PTK yang pindah/mutasi ke sekolah gres silahkan diinputkan di semester 2 atau sesuaikan dengan surat mutasi/pindahnya.
15.    Apakah isyarat pendaftaran berubah di versi 3.03? Tidak, secara default tidak ada perubahan isyarat pendaftaran sekolah, namun jikalau sekolah menghendaki mengubah koderegistrasi alasannya ialah sesuatu hal(keamanan data), maka sanggup diubah melalui dinas pendidikan kab/kota setempat. Namun hati-hati dalam mereset isyarat pendaftaran alasannya ialah aplikasi isyarat pendaftaran usang akan ditolak oleh sistem pada dikala sinkronisasi.
16.    Kapan aplikasi 3.03 expired? Sesuai dengan periode semester 2 tahun anutan 2014/2019 yaitu tanggal 30 Juni 2019
17. Apa yang harus dilakukan sehabis 3.03? Akan ada updating versi sesuai dengan kebutuhan dan periodisasi pendataan, ikuti info terupdate di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.
18.    Apakah penerbitan NISN masing memakai Dapodikdas? Ya, Mekanisme pengumpulan datanya masih tetap dengan Dapodikdas dan Vervalpd
19.    Jika ada sekolah merger, apa yang harus dilakukan?
·       Dinas menghubungi sentra untuk dilakukan proses merging
·       Proses merging di sentra sanggup memindahkan data PD, PTK, dan Prasarana secara otomatis dari sekolah yang dilebur ke sekolah induk tanpa harus menginput ulang.
·       Setelah proses merging selesai, sekolah induk melaksanakan generate ulang prefill gres dan diregistrasikan ibarat biasa dengan memakai isyarat pendaftaran sekolah induk. Sekolah yang dilebur akan otomatis terhapus di pusat.
·       Maka akan terlihat PD, PTK dan Prasarana di sekolah yang dilebur otomatis masuk di sekolah induk.
20.    Jika ada sekolah tutup atau berhenti beroperasi, apa yang harus dilakukan? Hubungi dinas kab/kota setempat, kemudian dinas akan melaksanakan penutupan sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Maka secara otomatis data di Dapodik akan berubah mengikuti data di vervalsp
21.    Jika ada sekolah berganti nomenklatur, apa yang harus dilakukan? Hubungi dinas kab/kota setempat, kemudian dinas akan melaksanakan perubahan nomenklatur sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Maka secara otomatis data di Dapodik akan berubah mengikuti data di vervalsp
22.    Jika ada sekolah baru, apa yang harus dilakukan? Hubungi dinas kab/kota setempat, kemudian dinas akan menambahkan sekolah gres melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id, NPSN akan diterbitkan oleh PDSP dan secara otomatis isyarat pendaftaran sanggup diterbitkan dan diunduh di administrasi pendataan (akses dinas). Kemudian sekolah melaksanakan proses instalasi aplikasi versi 3.02 + patch aplikasi versi 3.03, generate prefill, dan pendaftaran ibarat biasa
23.    Jika ada kesalahan identitas sekolah yang dikunci di aplikasi Dapodikdas ibarat NPSN, alamat sekolah, kecamatan, SK Izin Operasional, desa, dll, apa yang harus dilakukan? Hubungi dinas kab/kota setempat, kemudian dinas akan mengubah identitas sekolah tersebut melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id dan otomatis akan mengupdate data di Dapodik dikala melaksanakan sinkronisasi.
24.    Jika ada pertanyaan terkait integrasi kurikulum 2019 dan aplikasi Dapodik? Silakan hubungi pengaduan.kemdikbud.go.id
25.    Jika sekolah/ dinas tetap mempertahankan implementasi kurikulum 2019 di luar sekolah yang ditentukan, apa yang harus dilakukan? Hubungi pengaduan.kemdikbud.go.id
26.    Jika ingin berpindah komputer/laptop untuk mengerjakan aplikasi Dapodikdas, apa yang harus dilakukan?
·       Di komputer yang baru: generate ulang prefill baru, kemudian install aplikasi, pendaftaran ibarat biasa. Maka akan muncul data hasil sinkronisasi terakhir.
·       Di komputer yang usang lakukan uninstall aplikasi .
·       Jika tidak dilakukan tahapan ibarat diatas,dapat menyebabkan data berganda.
27.  Sekolah saya ada di daftar validasi pada laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, apa yang harus dilakukan? Lakukan perbaikan sesuai dengan info data invalid
28.    Jika sekolah saya masuk kedalam validasi rombel berganda, apa yang harus dilakukan?
·       Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill gres tersebut dengan username dan password berbeda/sama (tidak masalah).
·       Periksa rombongan belajar, maka akan nampak rombel yang berganda tersebut.
·       Keluarkan anggota rombel, hapus pembelajaran, sehabis itu rombel sanggup dihapus.
29. Jumlah siswa berbeda antara di aplikasi dapodik lokal saya dan di laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, apa yang harus dilakukan? Jumlah siswa yang ditampilkan di laman dapo.dikdas ialah siswa yang masuk ke dalam rombongan mencar ilmu sesuai dengan periode aktif semesternya. Jika berbeda, kemungkinan ada akseptor didik yang belum masuk kedalam rombongan belajar. Periksa kembali kemudian sinkronkan. Jika langkah ini tetap menghasilkan perbedaan jumlah data, lakukan generate ulang prefill kemudian registrasikan dengan prefill yang baru, data tersebut merupakan data yang sesuai di server. Periksa, lengkapi, kemudian sinkronkan kembali.

Demikian 29 pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan aplikasi Dapodikdas v.3.0.3 yang admin share dari Panduan Manual dan Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodikdas v.3.0.3. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Belum ada Komentar untuk "Tanya Jawab Lengkap Aplikasi Dapodikdas V.3.0.3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel