Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Arti Istilah Penting Pada Dapodikdas (Data Pokok Pendidikan Dasar)

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Untuk mengoptimalkan hasil pelaksanaan kiprah sebagai operator sekolah khususnya pada pengerjaan Dapodikdas 2014, beberapa daftar istilah berikut sebaiknya dipahami terlebih dahulu secara cermat. 

Hal ini tentu sangat bermanfaat, salah satunya untuk menghindari kesalahan proses sehingga pekerjaan yang sama tidak harus dilakukan secara berulang-ulang. 


Sehingga pada kesannya proses entry data pokok pendidikan dasar yang sudah kita lakukan sanggup efektif dan efisien untuk pendataan yang benar-benar berkualitas… Amiin…


Berikut daftar istilah berikut artinya terkait Dapodikdas yang diambil dari Manual Aplikasi Dapodikdas 2014:

1.   Backup ialah proses menciptakan salinan data sebagai cadangan dikala terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibentuk disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.

2.  Blockgrant adalah pemberian pertolongan dana untuk melakukan suatu acara tertentu, baik dalam bidang pendidikan, pembangunan sosial politik, aturan atau pembangunan aspek lainnya dengan tujuan untuk mempercepat laju pembangunan.

3.   Dapodikdas (data pokok pendidikan dasar) ialah Aplikasi data pendidikan yang dipakai untuk menjaring data pendidikan tingkat dasar (SD dan SMP).

4.   Data Periodik ialah data berdasarkan periode tertentu; muncul atau terjadi di selang waktu yg tetap; data terencana (contoh pengisian di tabel penerima didik terdapat data periodik siswa yang berisi data tinggi badan, berat badan, jarak rumah ke sekolah, dan lain-lain).

5.     Data Turunan adalah data anak; data-data lain yang mengacu atau memakai data induknya.

6.     Drag n Drop ialah gerakan perangkat penunjuk di mana pengguna menentukan objek virtual dengan "meraih" dan menyeretnya ke lokasi yang berbeda (dalam hal ini dari tabel satu ke tabel lain). Contoh drag n drop ialah pada dikala pengisian anggota rombel.

7.     Generate Prefill ialah sebuah proses yang berkhasiat sebagai back up database dapodik yang diambil dari server dapodik. Hasil generate prefill diambil dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah (bentuk file *.prf).

8.     GTT/PTT : Guru Tidak Tetap/ Pegawai Tidak Tetap.

9.     GTY/PTY : Guru Tetap Yayasan/ Pegawai Tetap Yayasan.

10.  Inpassing adalah proses pembiasaan kepangkatan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil.

11.  KGB (Kenaikan Gaji Berkala) ialah honor yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan untuk kenaikan honor terencana yaitu setiap 2 (dua) tahun sekali dan apabila telah memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengisian KGB sanggup ditemukan pada tabel Rincian Data PTK.

12.  Kode Registrasi adalah “kunci” untuk memuat/ mengaktivasi data sekolah. Kode pendaftaran akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda memakai isyarat pendaftaran sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu isyarat ini pada pihak yang tidak berkepentingan.Kode Registrasi dipakai pada dikala pendaftaran awal di aplikasi (aktivasi).

13.  KPS (Kartu Perlindungan Sosial) ialah kartu yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka Program Percepatan dan Perluasan Sosial (P4S). Dengan mempunyai KPS, rumah tangga berhak mendapatkan program-program proteksi sosial, menyerupai : Raskin dan Bantuan Siswa Miskin (BSM), sesuai dengan ketentuan yang berlaku sampai tahun 2014. KPS memuat informasi Nama Kepala Rumah Tangga, Nama Pendamping Kepala Rumah Tangga, Nama Anggota Rumah Tangga, Alamat Rumah Tangga, dilengkapi dengan isyarat batang beserta nomor identitas KPS yang unik. Bagian depan bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo burung Garuda.

14.  MBS (Manajemen Berbasis Sekolah ialah penyerasian sumber daya yang dilakukan secara berdikari oleh sekolah dengan melibatkan semua kelompok kepentingan (stakeholder) yang terkait dengan sekolah secara pribadi dalam proses pengambilan keputusan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan mutu sekolah atau untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

15.  PD (Peserta didik) : siswa; murid.

16.  Prefill ialah data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah di semester yang kemudian yang kemudian data tersebut di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang gres sekolah hanya tinggal mengentri data penerima didik baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi pada aplikasi sebelumnya.

17.  PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) : guru; pengajar.

18. Push Data Sinkronisasi ialah proses memasukkan hasil data tanggapan dari server sentra melalui sinkronisasi offline ke dalam aplikasi Dapodikdas.

19.  Restore ialah mengembalikan atau menerapkan kembali data yang tersimpan (di backup) di komputer ke dalam aplikasi Dapodikdas.

20.  Rombel (Rombongan belajar) : kelas.

21.  Sinkronisasi ialah kemudahan yang terdapat pada aplikasi Dapodikdas untuk mengirimkan data dari pengguna (operator sekolah) ke server sentra (Dapodikdas).

22.  TMT : Terhitung Mulai Tanggal.

23.  TST : Terhitung Selesai Tanggal.

24.  Validasi  ialah kemudahan di dalam aplikasi Dapodikdas yang bertujuan untuk memberi tanda data yang masuk kriteria invalid (kelengkapan, kewajaran dan kebenaran) data.

Posting Komentar untuk "Daftar Arti Istilah Penting Pada Dapodikdas (Data Pokok Pendidikan Dasar)"