Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Panduan Evaluasi Pencapaian Kompetensi Akseptor Bimbing Smp Pada Implementasi Kurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Implementasi Kurikulum 2019, termasuk untuk jenjang SMP (SMP) berimplikasi model evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik. Penilaian pencapaian kompetensimerupakan proses sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi isu untuk memilih sejauhmana penerima didik telah mencapai tujuan pembelajaran.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 Tahun 2019 tentang  Standar Penilaian Pendidikan, evaluasi pencapaian kompetensi pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan oleh pendidik, satuan pendidikan, pemerintah dan/atau forum mandiri.

Penilaian pencapaian kompetensi oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan, dan perkembangan pencapaian kompetensi penerima didik sesuai dengan potensi yang dimiliki dan kemampuan yang diharapkan secara  berkesinambungan. 

Penilaian juga sanggup memperlihatkan umpan balik kepada pendidik supaya sanggup menyempurnakan perencanaan dan proses pembelajaran.

Data yang diperoleh pendidik selama pembelajaran berlangsung dijaring dan dikumpulkan melalui mekanisme dan alat evaluasi yang sesuai dengan kompetensi atau indikator yang akan dinilai. Melalui proses tersebut, diperoleh potret/profil kemampuan penerima didik dalam mencapai sejumlah kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kurikulum masing-masing satuan pendidikan (SMP).

Penilaian oleh pendidik merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan isu melalui sejumlah bukti yang memperlihatkan pencapaian kompetensi penerima didik, pengolahan, dan pemanfaatan isu perihal pencapaian kompetensi penerima didik.

Penilaian pencapaian kompetensidilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan, sehingga memungkinkan penerima didik memperlihatkan apa yang dipahami dan bisa dikerjakannya. Pencapaian kompetensi seorang penerima didik dalam periode waktu tertentu dibandingkan dengan hasil yang dimiliki penerima didik tersebut sebelumnya dan tidak dianjurkan untuk dibandingkan dengan penerima didik lainnya.  Dengan demikian penerima didik tidak merasa dihakimi oleh pendidik tetapi dibantu untuk mencapai kompetensi atau indikator yang diharapkan.

Penyusunan perencanaan, pelaksanaan,pengolahan hasil penilaian, serta pemanfaatannya merupakan rangkaian kegiatan yang utuh dan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Agar guru sanggup melaksanakan serangkaian kegiatan tersebut dengan baik, perlu ada panduan evaluasi yang sanggup dijadikan sebagai salah satu pola atau rujukan bagi mereka.

Panduan evaluasi ini bertujuan untuk:

1. Memberikan orientasi kepada para pendidiktentang evaluasi pencapaian kompetensisesuai Kurikulum 2019;

2.   Memberikan rambu-rambu evaluasi kompetensi pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan;

3.   Memberikan prinsip-prinsip pengolahan dan pelaporan hasil penilaian.

Isi panduan evaluasi ini  meliputi antara lain evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilanserta model laporan hasil pencapaian kompetensi penerima didik beserta petunjuk pengisiannya. Hal tersebut meliputi pengertian, cakupan, perumusan indikator, teknik evaluasi dan bentuk instrumen, pelaksanaan penilaian, dan pengolahan hasil penilaian. 

Panduan penilaian ini diperuntukkan / sasaran terutama bagi:

1.   Para pendidik di SMP sebagai pedoman dalam menyusun rancangan dan pelaksanaan evaluasi serta Laporan Hasil Pencapaian kompetensi;

2.   Pelaksana pengawasan pendidikan (pengawas dan kepala sekolah) untuk merancang  aktivitas supervisi pendidikan yang berkaitan dengan evaluasi di sekolah;

3.   Pihak-pihak lain yang terkait dengan evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik.

Salah satu parameter utama keberhasilan implementasi Kurikulum 2019 yaitu tercapainya keefektifan pembelajaran, yaitu dengan dicapainya tujuan pembelajaran oleh penerima didik secara optimal sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut diharapkan evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik.

Melalui panduan  ini diharapkan pendidik sanggup menguasai evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik, baik konsep, pengembangan dan penerapannya sesuai mata pelajaran yang diampunya. Pendidikyang baik tidak akan pernah berhenti mencar ilmu guna meningkatkan kompetensi dan kinerjanya.

Semoga, para pendidik diberi akomodasi dan hikmat dalam memahami panduan ini dan menerapkannya untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran dan penilaian. Pada akhirnya, penerima didik sanggup mencapai kompetensi intel pelajaran secara bermakna, luas dan mendalam serta sanggup menerapkannya pada aneka macam konteks kehidupan sesuai dengan semangat Kurikulum 2019. Dengan demikian, upaya peningkatan mutu pendidikan yang berkeadilan sanggup tercapai.

Download / unduh Panduan Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Implementasi Kurikulum 2019 untuk jenjang pendidikan SMP selengkapnya, silahkan klik pada links berikut, dan untuk download (unduh) Model Rapor / Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kurikulum 2019 untuk jenjang pendidikan SMP selengkapnya, silahkan klik pada links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

Posting Komentar untuk "Download Panduan Evaluasi Pencapaian Kompetensi Akseptor Bimbing Smp Pada Implementasi Kurikulum 2019"