Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis / Manual Aplikasi Dapodikdas 2014 – 2019

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Alhamdulillah…, pada pendataan Dikdas via online pada tahun pelajaran 2014/2019 kali ini, petunjuk teknis atau manual aplikasi Dapodikdas 2014 versi 3.00 telah dirilis bersamaan dengan installer aplikasi Dapodikdas 2014 yang relatif lengkap dan terperinci dikarenakan telah disertai gambar pada setiap sub bahasannya.

Berikut ringkasan Manual Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.0 :

1. Dapodikdas versi 3.00 merupakan keberlanjutan sistem aplikasi sebelumnya 2.08, dengan mekanisme prefill baru, maka data isian tahun pedoman 2019/2014 akan menjadi data awal di aplikasi versi 3.00 (tahun pedoman 2014/2019).

2. Sebelum instalasi versi 3.00, uninstall aplikasi sebelumnya (2.08) dan mengunduh prefill terbaru. di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Prefill tsb ialah hasil pemutakhiran generate nasional per tanggal 25 Juli 2014. Prefill usang tidak sanggup digunakan.

3. Kode pendaftaran tetap (sama dengan periode pendataan sebelumnya), prefill berubah (Baca bab 5) mekanisme instalasi (baca Bagian 3 dan 4).

4. Versi 3.00 akan expired di bulan Desember untuk membatasi pengisian 20141 (semester 1 tahun pedoman 2014) dan untuk memunculkan pengisian semester 2 (20142).

5.   Pilihan Semester yang sanggup dipilih di versi 3.00.
1.   Semester 1 Tahun pedoman 2014 (20141) sebagai Default
2.   Semester 1 Tahun pedoman 2019 (20191)
3.   Semester 2 Tahun pedoman 2019 (20192)

6.   Tahapan input data : pelajari flowchart di bawah

7.   Fitur fitur komplemen :
-     Bantuan : Penjelasan isian butir pertanyaan.
-     Lanjutan data periodik : melanjutkan data yang berkaitan dengan masa periode semester.
-     Naik Kelas : kenaikan kelas otomatis dengan asumsinya penerima didik tidak di acak di kelas barunya.
-     Lulus : untuk meluluskan seluruh penerima didik tingak 9 Sekolah Menengah Pertama atau kelas 6 SD secara massal
-   Action Menu : memunculkan data terhapus dan memunculkan data terfilter , salin penugasan dan lanjutkan data periodik penerima didik.

8.   Fasilitas generate ulang prefill : fitur ini sanggup dianalogikan sebagai “simpan lokal” di server. Jika akan berpindah-pindah komputer gunakan kemudahan ini. (baca bab 12 Generate prefill).

9.     Penguncian nama dan tanggal lahir PD dan PTK. Hal ini dimaksudkan semoga record yang sudah ada tidak di re-use untuk PD/PTK lain.

10.  Web yang terafiliasi :
-    http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id : untuk mengusut progress pengiriman sekaligus cek kelengkapan dan kecocokan data di lokal.
-     http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final : kemudahan generate prefill “simpan lokal”.
-     http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id: untuk mendapat NISN dari dapodikdas.
-     http://sdm.data.kemdikbud.go.id : komunitas operator dapodik.
-     https://www.facebook.com/groups/infopendataan.dikdas : grup Facebook resmi dapodikdas.
-     http://223.27.144.195:8081/ : laman LTD (Lapor Tunjangan Dikdas) atau gosip PTK.

11.  Baca kembali klarifikasi rinci dari Direktorat P2TK Dikdas untuk pembagian jumlah jam mengajar dalam 1 Rombel sesuai kurikulum yang digunakan.

12. Peserta didik lulus, keluar atau PTK mutasi jangan di “HAPUS” tp registrasikan sesuai dengan keterangannya semoga tersimpan sebagai data historical.


Penjelasan :

1.   Aplikasi 3.00 merupakan fresh installer, aplikasi 2.08 tidak sanggup dipergunakan kembali. Langkah-langkah ini dimaksudkan urutan pengerjaan yang berurutan dan sistematis semoga operator sekolah bekerja secara efektif dan efisien dalam mengoperasikan aplikasi.

2.  Unduh aplikasi dan prefill nya di laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Prefill ini ialah hasil generate nasional per tanggal 1 Agustus 2014, sehingga tidak perlu lakukan generate ulang prefill untuk pertama kalinya.

3.     Uninstall aplikasi usang 2.08. Sebelumnya, unduh profil sekolah dll sebagai arsip.

4.     Lengkapi isian tabel sekolah dan data periodik sekolah.

5.    Tabel PTK è action hidangan salin penugasan untuk menyalin penugasan PTK tahun 2019 ke 2014 secara otomatis sehingga tidak perlu input ulang di hidangan penugasan. Tabel Peserta Didik  action hidangan lanjutkan data periodik PD untuk menyalin data periodik tahun sebelumnya, sehingga tidak perlu input ulang. Dengan perkiraan data periodik tersebut tidak mengalami perubahan.

6.     Tabel Prasarana è action hidangan lanjutkan data periodik, untuk menyalin tingkat kerusakan prasarana tahun sebelumnya sehingga tidak perlu input ulang, dengan perkiraan bahwa tidak ada perubahan kerusakan ruangan.

7.  Tabel Rombongan belajar, action hidangan sanggup dipakai dengan melanjutkan rombel yang ada sebelumnya naik ke tingkat diatasnya, fitur ini sanggup di gunakan bagi rombel yang tidak diacak penerima didik nya saat naik kelas (masih dalam rombel yang sama). Yang perlu diubah/ adaptasi kembali : Wali kelas , Nama rombel, Ruangan / prasarana.

8.     Mapping anggota rombel. Jenis pendaftaran [Naik Kelas] , kalau memakai fitur no. 7 penerima didik sudah otomatis masuk ke dalam rombel. Untuk penerima didik tidak naik kelas masukkan ke dalam tingkat yang sama dengan jenis pendaftaran [Mengulang].

9.     Tabel PD è Setelah penerima didik masuk ke dalam rombel maka akan terlihat penerima didik yang belum masuk rombel, penerima didik tersebut ialah penerima didik yang mungkin lulus, registrasikan sebagai penerima didik keluar dengan status lulus dan penerima didik yang putus sekolah. ATAU sanggup memakai fitur Lulus di rombongan berguru untuk meluluskan siswa-siswa yang berada di tingkat selesai secara massal.

10.  Tabel PD è Masukkan penerima didik gres satu persatu hingga lengkap gres tambah penerima didik kedua dan selanjutnya.

11.  Buat Rombel gres untuk penerima didik gres tersebut (kelas 1 SD atau kelas 7 SMP).

12.  Masukkan penerima didik gres tersebut ke dalam rombel di bab anggota rombel.

13.  Lengkapi tabel PTK (TAMBAH BARU, MUTASI, dll).

14.  Tabel Pembelajaran: lengkapi PTK mengajar sesuai di dalam rombelnya.

15.  Lengkapi isian sarana, jumlah dan tingkat kerusakannya.

16.  Periksa kelengkapan isian di unduhan profil sekolah.

17. Periksa validasi, pastikan tidak ada yang berwarna merah atau kuning. Untuk mengingatkan kelengkapan, kewajaran dan kebenaran data yang sudah di inputkan.

18.  Lakukan sinkronisasi secara sempurna.

19.  Periksa kesesuaian data di progress pengiriman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.

20.  Selesai.

Kemudian dijelaskan secara terperinci hal-hal penting terkait aplikasi Dapodikdas 2014 di antaranya :

1.  Informasi Umum : Penjelasan Aplikasi, UU ITE, Tanggung Jawab dan Kerahasiaan Data, Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware), dan Spesifikasi Minimun Komputer (Software/OS).

2.     Ketentuan Umum : Kode Registrasi, Data Prefill, Menjalankan Aplikasi, Backup dan Restore Data, Validasi, Penguncian Data, dan Versi Aplikasi.

3.     Instalasi dan Deinstalisasi Aplikasi : Uninstall/ Deinstalasi Aplikasi dan Langkah-langkah Instalasi Aplikasi.

4.     Registrasi pada Aplikasi Dapodikdas.

5.     Beranda Dapodikdas.

6.  Tabel Sekolah : Identitas Sekolah & Lokasi Sekolah, Data Pelengkap & Kontak Sekolah, Data Periodik Sekolah, Sanitasi & Blockgrant, Akreditasi dan Program Inklusi.

7.   Tabel Peserta Didik : Registrasi Peserta Didik, Tambah Peserta Didik, Pengisian Data Rinci Peserta Didik, dan Peserta Didik (PD) Keluar.

8.   Tabel PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) : Penugasan PTK, Pengisian Data Rinci PTK, dan PTK Keluar.

9.     Tabel Sarana dan Prasarana (Sarpras),

10.  Tabel Rombongan Belajar (Rombel) : Drag and Drop Anggota Rombel dan Pembelajaran.

11.  Validasi dan Sinkronisasi : Validasi, Sinkronisasi, Sinkronisasi Online, dan Sinkronisasi Offline.

12.  Generate Prefill.

13.  Cek Progress Pengiriman.

14.  Cara Menghapus Inputan Data PD dan PTK.

15.  Pengisian Guru BK dan TIK.

Download manual Aplikasi Dapodikdas 2014 selengkapnya dari links web Dapodik Ditjen Dikdas pada links berikut… Salam satu data berkualitas!

Posting Komentar untuk "Juknis / Manual Aplikasi Dapodikdas 2014 – 2019"