Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemdikbud Tekankan Empat Hal Dalam Pelaksanaan Aktivitas Awal Tahun Pelajaran 2014/2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Awal tahun pelajaran gres tahun 2014/2019 jatuh pada hari Senin, 14 Juli 2014. Karena awal tahun pelajaran tersebut bertepatan dengan bulan Ramadan, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memperlihatkan rambu-rambu untuk pelaksanaan kegiatan awal tahun pelajaran 2014/2019.

“Kementerian mengirimkan edaran atas nama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah ke dinas pendidikan kabupaten/kota,” ujar Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas), Hamid Muhammad, dikala jumpa pers di Gedung Ki Hajar Dewantara Kemdikbud, Jakarta, (08/07/2014).

Setidaknya ada empat rambu yang ditekankan kemdikbud melalui Ditjen Dikdas dan Ditjen Dikmen.

Pertama, kegiatan awal tahun pelajaran di SD, SMP, dan SMA/SMK, khususnya pada ahad pertama, sanggup diisi dengan kegiatan menyerupai diskusi/ceramah Ramadan, proses pembelajaran yang berorientasi pada nasionalisme, kecerdikan pekerti, dan pendidikan karakter, Masa Orientasi Peserta Didik (khusus siswa kelas 1, 7, dan 10), serta pengecekan kesiapan guru dan buku untuk memastikan pelaksanaan Kurikulum 2019 sanggup berjalan dengan baik.

Rambu kedua, Kemdikbud mengimbau biar kegiatan pengenalan kegiatan sekolah dilakukan dengan baik dan menghindari bentuk-bentuk tindakan kekerasan atau pelecehan yang merugikan, baik secara fisik maupun psikologis, di dalam maupun di luar sekolah. Karena itu dinas pendidikan kabupaten/kota harus bisa mengawasi dengan baik.

Ketiga, biar proses pembelajaran yang berbasis Kurikulum 2019 sanggup berjalan dengan baik, kepala sekolah diimbau melaksanakan pengecekan kesiapan guru dan buku pelajaran. “Pihak sekolah mengecek semua persiapan Kurikulum 2019 yang ada di sekolah, termasuk juga untuk stakeholder dan komite sekolah,” kata Hamid.

Terakhir, untuk membuat lingkungan sekolah yang bisa mendukung pelaksanaan Kurikulum 2019, Kemdikbud mengimbau kepala sekolah sanggup melaksanakan banyak sekali kegiatan kegiatan menyerupai kegiatan sosialiasi internal kepada tenaga kependidikan dan penerima didik, dan kegiatan sosialisasi eksternal kepada orang bau tanah penerima didik dan komite sekolah. (Desliana Maulipaksi)

Sumber artikel : Kemdikbud RI

Posting Komentar untuk "Kemdikbud Tekankan Empat Hal Dalam Pelaksanaan Aktivitas Awal Tahun Pelajaran 2014/2019"