Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klinik Kurikulum 2019, Klinik Guru Untuk Konsultasi Pembelajaran Kurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan ada dua variabel utama dalam mengukur kualitas pendidikan, yaitu guru dan kurikulum. 

Tahun ini implementasi kurikulum baru, yaitu Kurikulum 2019, dilakukan secara menyeluruh. Karena itu bagi guru-guru yang telah mengikuti pembinaan namun belum sepenuhnya memahami Kurikulum 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka klinik guru sebagai wadah konsultasi bagi guru.

“Kita kini membuka klinik dan konsultasi pembelajaran, Sehingga para guru yang belum mengerti (Kurikulum 2019) dapat nanya ke klinik,” ujar Mendikbud dikala diwawancarai sebuah stasiun televisi swasta di kantor Kemdikbud, Jakarta, (4/8/2014). Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) pun ditunjuk sebagai pengelola klinik.

Klinik guru tersebut, kata Mendikbud, dapat dilakukan secara daring/online, baik di sentra (Kemdikbud), maupun di kawasan melalui pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Selain membuka klinik guru, pendampingan pada dikala proses berguru mengajar juga dilakukan. Diharapkan, dengan upaya tersebut, pemahaman guru terhadap Kurikulum 2019 semakin meningkat.

Mendikbud mengatakan, guru harus dapat mengajarkan bahan dengan baik kepada siswa, sehingga guru harus memahami Kurikulum 2019. Menurutnya, guru yang baik yaitu guru yang dapat mengajarkan bahan kurikulum dengan sesuai dengan tugasnya, menguasai bahan dengan baik, dan dapat menyajikan bahan dengan metodologi yang baik pula.

Hingga dikala ini, untuk implementasi Kurikulum 2019, Kemdikbud telah melaksanakan pembinaan bagi 1,3 juta guru, biar pelaksanaan kurikulum memiliki standar yang sama. “Belum pernah ada pembinaan secara masif dengan standar yang kita tetapkan,” kata Mendikbud. Selain itu, ujarnya, hal kedua yang juga belum pernah ada yaitu pencetakan sekitar 250 juta buku secara serentak untuk dibagikan secara gratis ke siswa menyerupai dalam implementasi Kurikulum 2019. (Desliana Maulipaksi)

Posting Komentar untuk "Klinik Kurikulum 2019, Klinik Guru Untuk Konsultasi Pembelajaran Kurikulum 2019"