Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Pembelajaran Scientific / Saintifik Dengan Pendekatan Ilmiah Pada Kurikulum 2019 : Mengamati, Menanya, Menalar, Mencoba, Dan Membentuk Jejaring

A. MENGAMATI (OBSERVING)

Metode mengamati / observasi mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull learning). Metode ini mempunyai keunggulan  tertentu, menyerupai menyajikan media obyek secara nyata, akseptor didik bahagia dan tertantang, dan gampang pelaksanaannya. Dalam pelaksanaannya, proses mengamati memerlukan waktu persiapan yang usang dan matang, biaya dan tenaga relatif banyak, dan kalau tidak terkendali akan mengaburkan makna serta tujuan pembelajaran.


Namun metode mengamati sangat bermanfaat bagi pemenuhan rasa ingin tahu akseptor didik alasannya yaitu akseptor didik yang terlibat dalam proses mengamati akan sanggup menemukan fakta bahwa ada relasi antara obyek yang dianalisis dengan materi pembelajaran yang dipakai oleh guru.

Langkah-Langkah mengamati, jenis-jenis observasi, kegiatan observasi ,bentuk keterlibatan akseptor didik dalam observasi, serta prinsip observasi selengkapnya, silahkan dibaca pada links berikut.

B. MENANYA (QUESTIONING)

Guru yang efektif bisa menginspirasi akseptor didik untuk meningkatkan dan menyebarkan ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuannya.

Pada ketika guru bertanya, pada ketika itu pula ia membimbing atau memandu akseptor didiknya berguru dengan baik. Ketika guru menjawab pertanyaan akseptor didiknya, ketika itu pula ia mendorong asuhannya itu untuk menjadi penyimak dan pembelajar yang baik.

Istilah “pertanyaan” tidak selalu dalam bentuk “kalimat tanya”, melainkan juga sanggup dalam bentuk pernyataan, asalkan keduanya menginginkan jawaban verbal. Bentuk pertanyaan, misalnya: Apakah ciri-ciri norma hukum? Bentuk pernyataan, misalnya: Sebutkan ciri-ciri norma hukum!

Untuk mengetahui secara lengkap klarifikasi lebih lanjut perihal menanya, fungsi dari bertanya, tingkatan maupun kriteria pertanyaan yang baik, serta tingkatan dari bertanya, silahkan kunjungi artikel berikut.

3. MENALAR (ASSOCIATING)

Penalaran yaitu proses berfikir yang logis dan sistematis atas fakta-kata emiris yang sanggup diobservasi untuk memperoleh selesai berupa pengetahuan. 

Penalaran dimaksud merupakan daypikir ilmiah, meski penakaran nonilmiah tidak selalu tidak bermanfaat.

Aplikasi pengembangan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan daya menalar akseptor didik sanggup dilakukan dengan cara :

1.   Guru menyusun materi pembelajaran dalam bentuk yang sudah siap sesuai dengan tuntutan kurikulum.
2.   Guru tidak banyak menerapkan metode ceramah atau metode kuliah. Tugas utama guru yaitu memberi instruksi singkat tapi terang dengan disertai contoh-contoh, baik dilakukan sendiri maupun dengan cara simulasi.
3.   Bahan pembelajaran disusun secara berjenjang atau   hierarkis, dimulai dari yang sederhana (persyaratan rendah) hingga pada yang kompleks (persyaratan tinggi).
4.   Kegiatan pembelajaran berorientasi pada hasil yang sanggup diukur dan diamati.
5.   Setiap kesalahan harus segera dikoreksi atau diperbaiki.
6.   Perlu dilakukan pengulangan dan latihan semoga sikap yang diinginkan sanggup menjadi kebiasaan atau pelaziman.
7.   Evaluasi atau penilaian didasari atas sikap yang kasatmata atau otentik.
8.   Guru mencatat semua kemajuan akseptor didik untuk kemungkinan menawarkan tindakan pembelajaran perbaikan.

4. MENCOBA (EKSPERIMEN / EXPERIMENTING)

Untuk memperoleh hasil berguru yang kasatmata atau otentik, akseptor didik harus mencoba atau melaksanakan percobaan, terutama untuk materi atau substansi yang sesuai. Pada mata pelajaran IPA, misalnya,peserta didik harus memahami konsep-konsep IPA dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Peserta didik pun harus mempunyai keterampilan proses untuk menyebarkan pengetahuan perihal alam sekitar, serta bisa memakai metode ilmiah dan bersikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya sehari-hari.

Aplikasi metode eksperimen atau mencoba dimaksudkan untuk menyebarkan banyak sekali ranah tujuan belajar, yaitu sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Aktivitas pembelajaran yang kasatmata untuk ini adalah:

1.   menentukan tema atau topik sesuai dengan kompetensi dasar berdasarkan tuntutan kurikulum;
2.   mempelajari cara-cara penggunaan alat dan materi yang tersedia dan harus disediakan;
3.   mempelajari dasar teoritis yang relevan dan hasil-hasil eksperimen sebelumnya;
4.   melakukan dan mengamati percobaan;
5.   mencatat fenomena yang terjadi, menganalisis, dan menyajikan data;
6.   menarik selesai atas hasil percobaan;
7.   membuat laporan dan mengkomunikasikan hasil percobaan.

Agar pelaksanaan percobaan sanggup berjalan lancar maka :

1.   Guru hendaknya merumuskan tujuan eksperimen yang akan dilaksanakan murid
2.   Guru bersama murid mempersiapkan perlengkapan yang dipergunakan
3.   Perlu memperhitungkan daerah dan waktu
4.   Guru menyediakan kertas kerja untuk pengarahan kegiatan murid
5.   Guru membicarakan duduk kasus yanga akan yang akan dijadikan eksperimen
6.   Membagi kertas kerja kepada murid
7.   Murid melaksanakan eksperimen dengan bimbingan guru, dan
8.   Guru mengumpulkan hasil kerja murid dan mengevaluasinya, bila dianggap perlu didiskusikan secara klasikal.

5. MEMBENTUK JEJARING PEMBELAJARAN / PEMBELAJARAN KOLABORATIF (NETWORKING)

Pembelajaran kolaboratif merupakan suatu filsafat personal, lebih dari sekadar sekadar teknik pembelajaran di kelas-kelas sekolah. Kolaborasi esensinya merupakan filsafat interaksi dan gaya hidup insan yang menempatkan dan memaknai kerjasama sebagai struktur interaksi yang dirancang secara baik dan disengaja rupa untuk memudahkan perjuangan kolektif dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Untuk mengetahui definisi & teladan model pembelajaran kolaboratif Kurikulum 2019, serta langkah-langkah penerapan model pembelajaran Card Sort, Tim Siswa Kelompok Prestasi, Jigsaw, Group Investigation, CIRC, dan Inkuiri Dasar selengkapnya, silahkan baca pada artikel berikut.

Demikian share singkat mengenai langkah-langkah pembelajaran pada implementasi kurikulum 2019. Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Pembelajaran Scientific / Saintifik Dengan Pendekatan Ilmiah Pada Kurikulum 2019 : Mengamati, Menanya, Menalar, Mencoba, Dan Membentuk Jejaring"