Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Penerima Latih / Buku Rapor Kurikulum 2019 Smp (Sekolah Menengah Pertama)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Implementasi model evaluasi dalam Kurikulum 2019, termasuk untuk jenjang SMP (SMP) berimplikasi pada model  Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik. 

Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik merupakan  data pencapaian kompetensi yang telah dicapai penerima didik dalam setiap semester dan berakhir pada pencapaian satu jenjang pendidikan SMP menurut kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2019 perihal Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa hasil evaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaiankompetensi kepada orang renta dan pemerintah. 

Standar Penilaian Pendidikan tersebut menyebutkan bahwa laporan hasil evaluasi oleh pendidik berbentuk:

a. Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil evaluasi kompetensi pengetahuan serta keterampilan termasuk evaluasi hasil pembelajaran tematik-terpadu.

b.   Deskripsi perilaku diberikan untuk hasil evaluasi kompetensi perilaku spiritual dan perilaku sosial.

c.   Penilaian oleh masing-masing pendidik secara keseluruhan dilaporkan kepada orang tua/wali penerima didik dalam bentuk Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik.

Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi penerima didik merupakan dokumen penghubung antara sekolah dengan orang tua/wali penerima didik maupun dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk mengetahui kompetensi penerima didik. Oleh alasannya ialah itu, buku Laporan Hasil Pencapaiankompetensi penerima didik harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) sehingga sanggup memperlihatkan citra mengenai pencapaian kompetensi penerima didik dengan terang dan gampang dimengerti.

Pengembangan Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik intinya merupakan wewenang sekolah yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Namun demikian, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar memandang perlu menyusun Model Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertamadan Petunjuk Teknis Pengisiannya untuk membantu sekolah membuatkan Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik.

Model Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik SMP dibutuhkan sanggup membantu sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam membuatkan format Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik.

Model laporan ini bertujuan untuk :

1.  memperlihatkan tumpuan buku laporan hasil pencapaian kompetensi penerima didik sesuai dengan  Kurikulum 2019 bagi para pendidik, satuan pendidika, dan pihak-pihak yang terkait;

2.  memperlihatkan cara-cara pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi penerima didik bagi sesuai dengan  Kurikulum 2019;

3.  memperlihatkan model penentuan kenaikan kelas penerima didik.

Isi model laporan ini  meliputi tumpuan laporan hasil pencapaian kompetensi penerima didik beserta petunjuk cara pengisiannya. Hal itu meliputi pengisan untuk kmpetensi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku penerima didik, serta kriteria kenaikan kelas.

Sasaran Pengguna Panduan Penilaian, model laporan ini diperuntukkan terutama bagi :

1.  Para pendidik di SMP sebagai panduan  dalam  pelaksanaan pelaporan penilaian  hasil pencapaian kompetensi penerima didik;

2.  Pelaksana pengawasan pendidikan (pengawas dan kepala sekolah) untuk merancang  jadwal supervisi pendidikan yang berkaitan dengan pelaporan evaluasi penerima didikdi satuan pendidikan;

3.  Pihak-pihak lain yang terkait dengan pelaporan evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik.

Download (unduh) Model Rapor / Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kurikulum 2019 untuk jenjang pendidikan SMP selengkapnya, silahkan klik pada links berikut, dan untuk download / unduh Panduan Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Implementasi Kurikulum 2019 untuk jenjang pendidikan SMP selengkapnya, silahkan klik pada links berikut. Untuk Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

Posting Komentar untuk "Model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Penerima Latih / Buku Rapor Kurikulum 2019 Smp (Sekolah Menengah Pertama)"