Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian/Definisi Pendekatan Saintifik, Prinsip Pembelajaran Dan Langkah-Langkah Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia... Pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut sanggup dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.


Kurikulum 2019 membuatkan perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan penerima didik. (Permendikbud Nomor 54/2019) Bagaimana Kurikulum 2019 memfasilitasi penerima didik memperoleh nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang?, bagaimana proses pembelajaran dilaksanakan?

Prinsip-prinsip kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2019, yakni :

1.      peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu;
2.      peserta didik berguru dari banyak sekali sumber belajar;
3.      proses pembelajaran memakai pendekatan ilmiah;
4.      pembelajaran berbasis kompetensi;
5.      pembelajaran terpadu;
6.      pembelajaran yang menekankan pada balasan divergen yang mempunyai kebenaran multi dimensi;
7.      pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif;
8.      peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft-skills;
9.      pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan penerima didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
10.  pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (Ing Ngarso Sung Tulodo), membangun kemauan (Ing Madyo Mangun Karso), dan mengembangkan kreativitas penerima didik dalam proses pembelajaran (Tut Wuri Handayani);
11.    pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
12.    pemanfaatan teknologi isu dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran;
13.    pengakuan atas perbedaan individualdan latar belakang budaya penerima didik; dan
14.    suasana berguru menyenangkan dan menantang.

Berikut contoh kegiatan berguru dan deskripsi langkah-langkah pendekatan saintifik pada pembelajaran kurikulum 2019 adalah:

1.   Mengamati: membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat) untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui - Mengamati dengan indra (membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat.

2.   Menanya: mengajukan pertanyaan perihal hal-hal yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat isu embel-embel perihal apa yang diamati - Membuat dan mengajukan pertanyaan, tanya jawab, berdiskusi perihal isu yang belum dipahami, isu embel-embel yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi.

3.   Mencoba/mengumpulkan data (informasi): melaksanakan eksperimen, membaca sumber lain dan buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, wawancara dengan narasumber - Mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, menjiplak bentuk/gerak, melaksanakan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengumpulkan data dari nara sumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/ menambahi/mengembangkan.

4.   Mengasosiasikan/mengolah informasi: SISWA mengolah isu yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan isu - mengolah isu yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk menciptakan kategori, mengasosiasi atau  menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan.

5.   Mengkomunikasikan: SISWA memberikan hasil pengamatan, kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya - menyajikan laporan dalam bentuk bagan, diagram, atau grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan mencakup proses, hasil, dan kesimpulan secara lisan.

6.   (Dapat dilanjutkan dengan) Mencipta: SISWA menginovasi, mencipta, mendisain model, rancangan, produk (karya) menurut pengetahuan yang dipelajari.

Posting Komentar untuk "Pengertian/Definisi Pendekatan Saintifik, Prinsip Pembelajaran Dan Langkah-Langkah Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2019"