Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Guru Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia... Dalam implementasi kurikulum 2019, guru tidak hanya sekedar membiarkan penerima didik memperoleh/mengkonstruk pengetahuan sendiri, namun guru memberi setiap pertolongan yang dibutuhkan oleh penerima didik, menyerupai : bertindak sebagai fasilitator, mengatur/mengarahkan kegiatan-kegiatan belajar, memberi umpan balik, memperlihatkan penjelasan, memberi konfirmasi, dan lain-lain.

Peran guru dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada implementasi kurikulum 2019 yakni sebagai berikut :

1. Tahap mengamati: Membantu penerima didik menemukan/mendaftar/menginventarisasi apa saja yang ingin/perlu diketahui sehingga sanggup melakukan/menciptakan sesuatu.

2. Tahap Menanya: Membantu peseserta didik merumuskan pertanyaan menurut daftar hal-hal yang perlu/ingin diketahui biar sanggup melakukan/menciptakan sesuatu.

3. Tahap Mencoba/mengumpulkan data (informasi): Membantu penerima didik merencanakan dan memperoleh data/informasi untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.

4. Tahap Mengasosiasikan/menganalisis/mengolah data (informasi): Membantu penerima didik mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan.

5. Tahap Mengkomunikasikan: Manager, pemberi umpan balik, pemberi penguatan, pemberi penjelasan/ warta lebih luas.

6.  Tahap Mencipta: memberi contoh/gagasan, menyediakan pilihan, memberi dorongan, memberi penghargaan, sebagai anggota yang terlibat langsung.

Posting Komentar untuk "Peran Guru Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2019"