Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Evaluasi Kurikulum 2019, Prinsip Penilaian, Pendekatan Penilaian, Dan Ruang Lingkup Evaluasi Kurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Penilaian yakni proses pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur pencapaian hasil berguru Peserta Didik

Penilaian merupakan serangkaian acara untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data ihwal proses dan hasil berguru penerima didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi isu yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Penilaian sanggup dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan sesudah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk)

I. PRINSIP PENILAIAN KURIKULUM 2019

1.      Sahih
2.      Objektif
3.      Adil
4.      Terpadu
5.      Ekonomis
6.      Transparan
7.      Menyeluruh dan kesinambungan
8.      Sistematis
9.      Akuntabel
10.    Edukatif

II. PENDEKATAN PENILAIAN KURIKULUM 2019

1.   Pendekatan evaluasi yang dipakai yakni evaluasi pola kriteria (PAK)
2.   PAK merupakan evaluasi pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
3.   KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
4.   KKM Sikap : Baik

III. RUANG LINGKUP PENILAIAN KURIKULUM 2019

1. Sikap :

    a.   Observasi
    b.    Penilaian diri
    c.    Penilaian antar peserta didik
    d.    Jurnal

2. Pengetahuan :

    a.   Tes Tulis
    b.    Tes Lisan
    c.    Penugasan

3. Keterampilan :

    a.   Tes Praktek
    b.    Projek
    c.    Portofolio

IV. SISTEM PENILAIAN KURIKULUM 2019
NO.
JENIS PENILAIAN
PELAKU
WAKTU
1
Penilaian otentik
Guru
Berkelanjutan
2
Penilaian diri
Siswa
Tiap kali sebelum ulangan harian.
3
Penilaian projek
Guru
tiap selesai potongan atau tema pelajaran
4
Ulangan harian (dapat berbentuk penugasan)
Guru
terintegrasi dengan proses pembelajaran
5
Ulangan Tengah dan Akhir Semester
Guru (di bawah koordinasi satuan pendidikan)
Semesteran
6
Ujian Tingkat Kompetensi
Sekolah (kisi-kisi dari Pemerintah)
Tiap tingkat kompetensi yang tidak bersamaan dengan UN
7
Ujian Mutu Tingkat Kompetensi
Pemerintah
Tiap selesai tingkat kompetensi (yang bukan selesai jenjang sekolah)
8
Ujian Sekolah
Sekolah (sesuai dengan peraturan)
Akhir jenjang sekolah
9
Ujian Nasional sebagai Ujian Tingkat Kompetensi pada selesai jenjang satuan pendidikan.
Pemerintah (sesuai dengan peraturan)
Akhir jenjang sekolah

Posting Komentar untuk "Sistem Evaluasi Kurikulum 2019, Prinsip Penilaian, Pendekatan Penilaian, Dan Ruang Lingkup Evaluasi Kurikulum 2019"