Sistem Evaluasi Kurikulum 2019, Prinsip Penilaian, Pendekatan Penilaian, Dan Ruang Lingkup Evaluasi Kurikulum 2019
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Penilaian yakni proses pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur pencapaian hasil berguru Peserta Didik.
Penilaian merupakan serangkaian acara untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data ihwal proses dan hasil berguru penerima didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi isu yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian yakni proses pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur pencapaian hasil berguru Peserta Didik.
Penilaian merupakan serangkaian acara untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data ihwal proses dan hasil berguru penerima didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi isu yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian sanggup dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan sesudah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk)
I. PRINSIP PENILAIAN KURIKULUM 2019
1. Sahih
2. Objektif
3. Adil
4. Terpadu
5. Ekonomis
6. Transparan
7. Menyeluruh dan kesinambungan
8. Sistematis
9. Akuntabel
10. Edukatif
II. PENDEKATAN PENILAIAN KURIKULUM 2019
1. Pendekatan evaluasi yang dipakai yakni evaluasi pola kriteria (PAK)
2. PAK merupakan evaluasi pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
3. KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
4. KKM Sikap : Baik
III. RUANG LINGKUP PENILAIAN KURIKULUM 2019
1. Sikap :
a. Observasi
b. Penilaian diri
c. Penilaian antar peserta didik
d. Jurnal
2. Pengetahuan :
a. Tes Tulis
b. Tes Lisan
c. Penugasan
3. Keterampilan :
a. Tes Praktek
b. Projek
c. Portofolio
IV. SISTEM PENILAIAN KURIKULUM 2019
NO. | JENIS PENILAIAN | PELAKU | WAKTU |
1 | Penilaian otentik | Guru | Berkelanjutan |
2 | Penilaian diri | Siswa | Tiap kali sebelum ulangan harian. |
3 | Penilaian projek | Guru | tiap selesai potongan atau tema pelajaran |
4 | Ulangan harian (dapat berbentuk penugasan) | Guru | terintegrasi dengan proses pembelajaran |
5 | Ulangan Tengah dan Akhir Semester | Guru (di bawah koordinasi satuan pendidikan) | Semesteran |
6 | Ujian Tingkat Kompetensi | Sekolah (kisi-kisi dari Pemerintah) | Tiap tingkat kompetensi yang tidak bersamaan dengan UN |
7 | Ujian Mutu Tingkat Kompetensi | Pemerintah | Tiap selesai tingkat kompetensi (yang bukan selesai jenjang sekolah) |
8 | Ujian Sekolah | Sekolah (sesuai dengan peraturan) | Akhir jenjang sekolah |
9 | Ujian Nasional sebagai Ujian Tingkat Kompetensi pada selesai jenjang satuan pendidikan. | Pemerintah (sesuai dengan peraturan) | Akhir jenjang sekolah |
Posting Komentar untuk "Sistem Evaluasi Kurikulum 2019, Prinsip Penilaian, Pendekatan Penilaian, Dan Ruang Lingkup Evaluasi Kurikulum 2019"