Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Standar Kompetensi Lulusan (Skl) Dan Kompetensi Inti (Ki) Sd, Smp, Sma, Smk Kurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dalam kesempatan yang baik ini, saya akan kembali share seputar Kurikulum 2019 ialah mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI) SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2019 selengkapnya sebagai berikut.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kurikulum 2019 untuk setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2019 wacana Standar Kompetensi Lulusan. 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SD KURIKULUM 2019
Sikap
Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap  orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis], percaya diri,  dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan  sosial dan alam , di sekitar rumah, sekolah, dan daerah bermain
Keterampilan
Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji,  menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang produktif  dan kreatif dalam ranah abnormal dan konkret  sesuai dengan yang  ditugaskan kepadanya.
Pengetahuan
Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi]  pengetahuan faktual dan konseptual menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,  dan peradaban terkait fenomena dan bencana di lingkungan rumah, sekolah, dan daerah bermain
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Sekolah Menengah Pertama KURIKULUM 2019
Sikap
Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap  orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulannya
Keterampilan
Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abnormal dan konkret  sesuai dengan yang  dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis
Pengetahuan
Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan bencana yang tampak mata
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Sekolah Menengan Atas KURIKULUM 2019
Sikap
Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap  orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Keterampilan
Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abnormal dan konkret  sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara berdikari [pada bidang kajian spesifik] sesuai dengan talenta dan minatnya
Pengetahuan
Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan prosedural dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan bencana [pada bidang kajian spesifik] sesuai talenta dan minatnya
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Sekolah Menengah kejuruan KURIKULUM 2019
Sikap
Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap  orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Keterampilan
Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abnormal dan konkret  sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara berdikari [pada bidang kerja spesifik] sesuai dengan talenta dan minatnya
Pengetahuan
Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan bencana [pada bidang kerja spesifik] sesuai talenta dan minatnya
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) – RINGKAS :
DOMAIN
SD
SMP
SMA-SMK
Sikap
Menerima + Menjalankan + Menghargai + Menghayati + Mengamalkan
PRIBADI YANG BERIMAN, BERAKHLAK MULIA, PERCAYA DIRI, DAN BERTANGGUNG JAWAB DALAM BERINTERAKSI SECARA EFEKTIF DENGAN LINGKUNGAN SOSIAL, ALAM SEKITAR, SERTA DUNIA DAN PERADABANNYA
Keterampilan
Mengamati + Menanya + Mencoba + Menalar + Menyaji + Mencipta
PRIBADI YANG BERKEMAMPUAN PIKIR DAN TINDAK YANG PRODUKTIF DAN KREATIF DALAM RANAH ABSTRAK DAN KONKRET
Pengetahuan
Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisa +
Mengevaluasi +Mencipta
PRIBADI YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, SENI, BUDAYA DAN BERWAWASAN KEMANUSIAAN, KEBANGSAAN, KENEGARAAN, DAN PERADABAN
Gradasi antar Satuan Pendidikan memperhatikan:

1.   Perkembangan psikologis anak
2.   Lingkup dan kedalaman materi
3.   Kesinambungan
4.   Fungsi satuan pendidikan
5.   Lingkungan

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) DAN KOMPETENSI INTI (KI) :
SKL
è
KOMPETENSI INTI
SIKAP DAN PERILAKU: Menerima + Menjalankan + Menghargai + Menghayati + Mengamalkan
1.   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menandakan sikap sebagai pecahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
1.  Beriman, berakhlak mulia (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun), rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal

2.  Toleransi, gotong royong, kerjasama, dan musyawarah

3.  Pola hidup sehat, ramah lingkungan, patriotik, dan cinta perdamaian
KETERAMPILAN: Mengamati + Menanya + Mencoba + Mengolah + Menyaji + Menalar + Mencipta
1. Membaca, menulis, menghitung, menggambar, mengarang

2. Menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat, mencipta
PENGETAHUAN: Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisa + Mengevaluasi
1.   Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya

2.   Manusia, bangsa, negara, tanah air, dan dunia

Posting Komentar untuk "Standar Kompetensi Lulusan (Skl) Dan Kompetensi Inti (Ki) Sd, Smp, Sma, Smk Kurikulum 2019"