Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Kiprah Kepala Sekolah Sd, Smp, Sma / Smk Pada Pelaksanaan Kurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Salah satu unsur penentu keberhasilan penerapan kurikulum ialah efektivitas kiprah kepala sekolah dalam memenuhi standar pengelolaan. Tantangan utama bidang ini yaitu kepala sekolah memahami ruang lingkup tugasnya untuk mendukung penyelenggaran kurikulum 2019. 

Di samping itu, ia perlu menyikapi perubahan dengan tindakan administrasi yang berbeda dari pelaksanaan kiprah dalam menerapkan kurikulum sebelumnya.

Pada bab ini dideskripsikan kiprah yang seharusnya kepala SD laksanakan dalam mewujudkan keunggulan mutu lulusan sesuai Permendikbud Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang mencakup dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pada kolom kedua berisi uraian kiprah kepala sekolah dalam mengarahkan sumber daya satuan pendidikannya dalam perencanaan pembelajaran. Pada kolom ketiga dideskripsikan kiprah kepala sekolah dalam mengarahkan dan mengendalikan proses pembelajaran dan penilaian untuk menjamin efektivitas penyelenggaraan kurikulum berbasis aktivitas. Pada kolom keempat dideskripsikan model acara berguru dan produk berguru siswa pada tiap dimensi kompetensi.

Pada baris ke bawah terdapat klarifikasi ihwal kompetensi pada tiga dimensi, tindakan administrasi kepala sekolah dan dokumen yang perlu kepala sekolah kelola untuk mendukung ketersediaan data materi pertanggung tanggapan penyelenggaraan program. Berbagai dokumen pendukung penyelenggaraan kurikulum 2019 dibutuhkan pula sebagai materi pengambilan keputusan.

Tingkat ketepatan data dan isu yang terhimpun dalam dokumen akan besar lengan berkuasa pada mutu keputusan yang kepala sekolah buat dalam mengelola perencanaan, pelaksanaan dan penilaian program.

a. Model Pemetaan Tugas Kepala SD

Untuk mewujudkan keunggulan mutu lulusan sekolah yang dipimpinnya kepala sekolah perlu mengasah kompetensinya semoga kapasitas dirinya sanggup memenuhi kebutuhan melakukan kurikumlum 2019. Kepala sekolah dasar mempunyai tantangan khas dalam kiprahnya sebagai perencana, pelaksana,dan evaluator sebagai berikut:

Pelaksanaan acara yang tidak hanya sekedar mengubah dokumen, namun menjadi proses pembeharuan yang konkret dalam pembelajaran yang menyeimbangkan antara soft skill dan hard skill, pembelajaran tematik terpadu, meningkatkan acara siswa dalam berguru untuk menghasilkan produk berguru serta penilaian yang tidak hanya fokus tes kognitif merupakan bab yang perlu mendapat pengawalan dari kiprah kepemimpinan kepala sekolah.

b. Model Pemetaan Tugas Kepala SMP

Untuk mewujudkan keunggulan mutu lulusan Sekolah Menengah Pertama kepala sekolah perlu fokus pada standar kompetensi yang perlu diperhatikan secara seimbang serta menjadi poros pelaksanaan banyak sekali kiprah kepala sekolah.

Arah dari pelaksanaan kiprah ialah mewujudkan keunggulan mutu lulusan dalam dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Keunggulan targetnya dideskripsikan dalam standar kompetensi lulusan. Target keunggulan itu harus tercermin dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta penilaian. Kepala sekolah harus menjamin bahwa seluruh perjuangan perbaikan mutu pembelajaran berdampak pada perbaikan mutu berguru siswa.

Oleh alasannya itu, kiprah yang strategis kepala sekolah ialah memantau perkembangan hasil berguru siswa secara terjadwal untuk memastikan bahwa sasaran mutu lulusan yang sekolah harapkan terwujud. Pemantauan pada prinsipnya merupakan proses pengumpulan data sebagai materi perbaikan.

Peta di bawah ini menawarkan kiprah kepala sekolah dalam penerapan kurikulum 2019:

Sebagai konsekuensi perubahan melalui peningkatan perjuangan perbaikan pemenuhan standar kompetensi lulusan kepala Sekolah Menengah Pertama perlu mencermati tugas-tugasnya dalam penengelolaan sekolah yang lebih seksama dalam memperhatikan acara siswa berguru dan menghasilkan karya. Karena itu memperhatikan peningkatkan mutu proses pembelajaran perlu ditunjang dengan sistem perencanaan yang benar-benar fokus pada kebutuhan pengembangan kompetensi siswa, pelaksanaan pembelajaran yang lebih terkendali melalui perbaikan pelaksanaan supervisi, maupun pembaruan dalam sistem penilaian.

c. Model Pemetaan Tugas Kepala SMA/SMK

Untuk mewujudkan keunggulan mutu lulusan, kepala sekolah SMA/SMK perlu memperhatikan kiprah yang seharusnya kepala sekolah lakukan. Pada gambar di bawah terdapat model analisis kiprah yang menunjang pelaksanaan kurikulum 2019. Contoh pelaksanaan tindakan pada gambar berikut bukanlah ketentuan yang kaku dan mengikat. Kepala sekolah sanggup memilih kegiatan yang paling sesuai untuk keperluan sekolahnya.

Namun demikian model di bawah diharapkan sanggup menginspirasi kepala sekolah untuk memperluas pemikiran ihwal yang sebaiknya ia lakukan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum yang lebih efektif dengan lebih fokus pada perjuangan meningkatkan mutu lulusan melalui perbaikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.

Mengembangkan perencanaan pembelajaran yang lebih memenuhi kebutuhan pemenuhan aksara kurikulum 2019 yang lebih fokus pada penjaminan implementasi kurikulum berbasis acara siswa. Menjamin terlaksananya kegiatan berguru yang lebih menyeimbangkan pengembangan kopetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Beberapa acara administrasi yang perlu kepala sekolah lakukan tergambar pada baris tindakan manajemen. Di antaranya ialah menangani acara peminatan dan lintas minat serta menjamin kepala melakukan supervisi pembelajaran dan penilaian.

Sumber : Materi Diklat Implementasi Kurikulum 2019 Bagi Kepala Sekolah

Posting Komentar untuk "Struktur Kiprah Kepala Sekolah Sd, Smp, Sma / Smk Pada Pelaksanaan Kurikulum 2019"