Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Pelaksanaan Proses Pembelajaran & Pelaksanaan Pembelajaran ; Aktivitas Pendahuluan, Inti Dan Epilog Pada Implementasi Kurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dalam kesempatan yang baik ini, saya akan kembali share mengenai Kurikulum 2019 khususnya perihal syarat pelaksanaan proses pembelajaran & pelaksanaan pembelajaran ; kegiatan pendahuluan, inti dan epilog pada implementasi Kurikulum 2019 selengkapnya sebagai berikut:

PERSYARATAN PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN

1. Alokasi Waktu Jam Tatap Muka Pembelajaran

a.   SD/MI : 35 menit
b.   SMP/MTs : 40 menit
c.   SMA/MA : 45 menit
d.   SMK/MAK : 45 menit

2.  Buku Teks Pelajaran

Buku teks pelajaran dipakai untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas yang jumlahnya diubahsuaikan dengan kebutuhan penerima didik.

3. Pengelolaan Kelas

a.   Guru menyesuaikan pengaturan kawasan duduk penerima didik sesuai dengan tujuan dan karakteristik proses pembelajaran.
b.   Volume dan intonasi bunyi guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh penerima didik.
c.   Guru wajib memakai kata-kata santun, lugas dan mudah dimengerti oleh penerima didik.
d.   Guru menyesuaikan bahan pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan berguru penerima didik.
e.   Guru membuat ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.
f.    Guru menawarkan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil berguru penerima didik selama proses pembelajaran berlangsung.
g.   Guru mendorong dan menghargai penerima didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapat.
h.   Guru berpakaian sopan, bersih, dan rapi.
i.    Pada tiap awal semester, guru menjelaskan kepada penerima didik silabus mata pelajaran; dan
j.    Guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

1. Kegiatan Pendahuluan

Dalam kegiatan pendahuluan, guru:

a.   menyiapkan penerima didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.   memberi motivasi berguru siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi bahan didik dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan rujukan dan perbandingan lokal, nasional dan internasional;
c.   mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari;
d.   menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
e.   menyampaikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus.

2. Kegiatan Inti

Kegiatan inti memakai model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan problem (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.

a. Sikap

Sesuai dengan karakteristik sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih yaitu proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, hingga mengamalkan. Seluruh aktivitas pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong siswa untuk melakukan kegiatan tersebut.

b. Pengetahuan

Pengetahuan dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, hingga mencipta. Karakteristik kegiatan berguru dalam domain pengetahuan ini mempunyai perbedaan dan kesamaan dengan kegiatan belajar dalam domain keterampilan. Untuk memperkuat pendekatan saintifik, tematik terpadu, dan tematik sangat disarankan untuk menerapkan berguru berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning).

Untuk mendorong penerima didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun kelompok, disarankan memakai pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).

c. Keterampilan

Keterampilan diperoleh melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh isi bahan (topik dan sub topik) mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan harus mendorong siswa untuk melaksanakan proses pengamatan hingga penciptaan. Untuk mewujudkan keterampilan tersebut perlu melakukan pembelajaran yang menerapkan modus berguru berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning) dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru bersama siswa baik secara individual maupun kelompok melaksanakan refleksi untuk mengevaluasi:

a.   seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak pribadi dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.   melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pertolongan tugas, baik kiprah individual maupun kelompok; dan
d.   menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

Posting Komentar untuk "Syarat Pelaksanaan Proses Pembelajaran & Pelaksanaan Pembelajaran ; Aktivitas Pendahuluan, Inti Dan Epilog Pada Implementasi Kurikulum 2019"