Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Dan Instrumen Evaluasi Kompetensi Perilaku Kurikulum 2019 ; Observasi, Evaluasi Diri, Evaluasi Antar Akseptor Didik, Jurnal & Format Lembar Pengamatan Sikap

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dalam kesempatan yang baik ini, saya akan kembali share seputar Kurikulum 2019 yaitu mengenai teknik dan instrumen evaluasi kompetensi perilaku Kurikulum 2019 ; observasi, evaluasi diri, evaluasi antar penerima didik, jurnal & format lembar pengamatan perilaku selengkapnya sebagai berikut :
KOMPETENSI
TEKNIK
BENTUK INSTRUMEN
Sikap
Observasi (langsung atau tidak langsung)
Pedoman observasi
Daftar cek dan skala evaluasi
disertai rubrik
Penilaian Diri
Lembar Penilaian Diri
Penilaian Antarpeserta didik
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Jurnal
Lembar Jurnal
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

1. LEMBAR OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk :  
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai perilaku spiritual penerima didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai perilaku spiritual yang ditampilkan oleh penerima didik, dengan kriteria sebagai berikut :

Nama Peserta Didik      : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok                : …………………..
NO.
ASPEK PENGAMATAN
SKOR
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sehabis melaksanakan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sehabis memberikan pendapat/presentasi
4
Mengungkapkan kekaguman secara mulut maupun goresan pena terhadap Tuhan ketika melihat kebesaran Tuhan
5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan ketika mempelajari ilmu pengetahuan
Jumlah Skor
2. LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP JUJUR

Nama Peserta Didik    :  ………………….
Kelas                         :  ………………….
Materi Pokok             :  ………………….
Tanggal                     :  ………………….

Petunjuk:
       Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
       berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
NO.
PERNYATAAN
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek pada ketika mengerjakan ulangan
2
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada ketika mengerjakan tugas
3
Saya mengembalikan  kepada pemiliknya apabila menemukan barang
4
Saya berani mengakui kesalahan
5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat tanggapan teman yang lain

Keterangan :

       SL = Selalu  , apabila selalu melaksanakan sesuai pernyataan
       SR = Sering, apabila sering melaksanakan sesuai pernyataan dan adakala tidak melaksanakan
       KD = Kadang-kadang, apabila adakala melaksanakan dan  sering tidak melaksanakan
       TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melaksanakan

4 = selalu, apabila selalu melaksanakan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melaksanakan sesuai pernyataan dan adakala tidak melaksanakan
2 = kadang-kadang, apabila adakala melaksanakan dan sering tidak melaksanakan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melaksanakan

3. LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK SIKAP DISIPLIN

Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai perilaku tanggung jawab yang ditampilkan oleh penerima didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = selalu, apabila selalu melaksanakan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melaksanakan sesuai pernyataan dan adakala tidak melaksanakan
2 = kadang-kadang, apabila adakala melaksanakan dan sering tidak melaksanakan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melaksanakan

Nama Peserta Didik yang dinilai  : ………………….
Kelas                                         : ………………….
Tanggal Pengamatan                  : …………………..
Materi Pokok                              : …………………..
NO.
ASPEK PENGAMATAN
SKOR
1
2
3
4
1
Masuk kelas sempurna waktu
2
Mengumpulkan kiprah sempurna waktu
3
Memakai seragam sesuai tata tertib
4
Mengerjakan kiprah yang diberikan
5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
5
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
Jumlah Skor
Petunjuk Penskoran :
Skor tamat memakai skala 1 hingga 4
Perhitungan skor tamat memakai rumus :



                                     


Contoh :

Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor tamat :



                                                       

Peserta didik memperoleh nilai :

Sangat Baik    : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik               : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup            : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang           : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33

4. JURNAL

Nama   : ……………….
Kelas    : ……………….
HARI, TANGGAL
KEJADIAN
KETERANGAN
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Kelas                : …………………
Hari, Tanggal    : …………………
Materi Pokok    : …………………
NO.
NAMA SISWA
SIKAP
KET.
Iman dan Taqwa
Peduli
Disiplin
Toleransi
Persatuan









Posting Komentar untuk "Teknik Dan Instrumen Evaluasi Kompetensi Perilaku Kurikulum 2019 ; Observasi, Evaluasi Diri, Evaluasi Antar Akseptor Didik, Jurnal & Format Lembar Pengamatan Sikap"