2 (Dua) Cara / Solusi Mengatasi Blank Sesudah Klik Tombol Sinkronisasi V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2019-2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam kesempatan di sore hari ini saya akan share pengalaman pribadi ketika membantu 3 Rekan OPS (2 SD dan 1 SMP) yang kebetulan mengalami permasalahannya sama, dan alhamdulillah semuanya berhasil. 

Dan sebagian besar data PTK yang telah valid sudah terbit SKTP-nya pada tahap pertama di awal bulan April kemarin.

Permasalahan yang terjadi di atas yakni, sesudah klik validasi “0”, kemudian klik “Sinkronisasi”, namun ternyata yang terjadi yaitu blank screen pada tabel yang seharusnya muncul rincian “Update Versi Terakhir” menyerupai pada gambar berikut :

Di sini saya share 2 cara untuk mengatasi permasalahan layar kosong / putih sesudah ketika sinkronisasi akan dilakukan pada v.2.0.7 ini, artinya apabila cara 1 telah dilakukan dengan benar dan kebetulan gagal, silahkan lakukan kembali cara yang ke-2, yakni :

Cara 1 untuk mengatasi problem blank pada tabel update sinkronisasi :
Cara yang pertama, sudah saya publikasikan pada artikel sebelumnya perihal cara memastikan v.2.0.7c, dan patch ulang memakai file patch v.2.0.7c.

Apabila pada cara 1 di atas telah dilakukan , sesudah Anda klik “Sinkronisasi” ternyata masih juga blank, silahkan lakukan cara 2 (ingat, cara kedua ini dilakukan hanya untuk yang sesudah dilakukan langkah-langkah pertama ternyata tidak berhasil mengatasi permasalahan blank sesudah klik “sinkronisasi” dengan benar), menyerupai biasa, yakni dengan cara backup and restore “database” aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 :

1.   Copy 1 folder “database” ke drive lain / flash disc dari Local Disc (C) ==> Program Files ==> Dapodikdas ==> database.

2.   Uninstall aplikasi Dapodikdas melalui  "Control Panel".

3.   Install ulang aplikasi dengan installer v.2.0.6, kemudian eksklusif patch memakai v.2.0.7c.

4.   Input “services.msc” pada star sajian komputer, sesudah tampilan Services (Local) muncul, klik kanan pada masing-masing “DapodikdasDB” dan “DapodikdasWebSrv”, kemudian klik kanan pada kedua file ini, dan klik “Stop” pada keduanya. Selanjutnya, silahkan minimize tampilan ini.

5.   Copy 1 folder “database” hasil backup database dari no. 1 di atas, kemudian buka Local Disc (C) ==> Program Files ==> Dapodikdas ==> database. Hapus database yang ada, kemudian paste “database” yang dicopy tadi di sini (untuk menggantikan database gres hasil instalasi terbaru dengan database usang dari database yang sudah terentry data terakhir).

6.   Kemudian buka kembali tampilan "Service (Local)" yang tadi diminimaze pada no. 4 di atas, kemudian klik kanan pada “DapodikdasDB” dan “DapodikdasWebSrv”, klik pada kedua bab ini kemudian “Start” keduanya. kemudian tutup tampilan ini.

7.   Login kembali ke aplikasi menyerupai biasa.

8.   Selesai.

Demikian tutorial singkat ini saya share untuk mengatasi permasalahan blank ketika akan sinkronisasi online via aplikasi Dapodikdas v.2.0.7, agar bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data berkualitas...!

Belum ada Komentar untuk "2 (Dua) Cara / Solusi Mengatasi Blank Sesudah Klik Tombol Sinkronisasi V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2019-2014"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel