Cara / Langkah-Langkah Gampang Memindahkan Data Terakhir Aplikasi Dapodikdas 2019 Ke Komputer / Laptop Baru

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Setelah banyak input data-data ihwal sekolah pada aplikasi Dapodikdas 2019/2014 pada versi sebelum v.2.0.7 kali ini, tentu sangat disayangkan apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada komputer/laptop yang kita gunakan untuk menginput data-data penting sekolah, PTK, dan penerima didik, sampai menimbulkan aplikasi Dapodikdas 2019/2014 sekolah kita tidak sanggup dibuka, error, atau bahkan hilang sama sekali.

Oleh alasannya yakni itu, saya kembali share cara bagaimana biar data-data penting dalam komputer/laptop yang kita gunakan tersebut sanggup diamankan secara optimal. 

Berikut langkah-langkah / cara menyelamatkan seluruh data base sekolah yang telah kita input dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014 sebagai upaya antisipasi dalam penyelematan data, sehingga kita tidak perlu menginput / memasukkan data-data sekolah kita tersebut dari awal lagi. 

Artikel ini sekaligus untuk memperbaharui triks backup - restore dari artikel sebelumnya biar lebih mudah dan gampang dilakukan.

Cara untuk menyelamatkan data base dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014, pada awal pertama (anggap saja, kita mengunakan laptop / komputer 2, komputer 1 (lama), komputer 2 (baru), untuk komputer 1 (pertama) yakni laptop / PC yang telah kita entri data pada aplikasi Dapodikdas 2019, dan komputer/ PC 2 yakni komputer gres yang dipakai untuk menampilkan kembali seluruh data sama persis dengan yang sudah ada pada komputer 1 (tinggal melanjutkan entri data, tanpa input data dari awal lagi).

Oke, untuk langkah awal dalam evakuasi data pada aplikasi Dapodikdas 2019 tentu kita harus memiliki salinan data yang kita simpan sebelumnya dalam sebuah media penyimpanan data, baik flash disc, CD, DVD, dan sebagainya. Tentu salinan data yang berasal dari komputer / laptop yang telah kita gunakan dalam entri data sekolah pada aplikasi Dapodikdas 2019/2014 itu. Untuk tahap pertama, caranya ialah :
                                                                                                                     
PADA KOMPUTER / LAPTOP 1 (YANG SUDAH ADA APLIKASI DAPODIKDAS 2019) :

1.   Buka local disc - drive “C” ==> "Program Files".

2.   Selanjutnya, buka pada drive “C” ==> “Program Files” ==> “Dapodikdas” ==> “database” , kemudian "copy and paste 1 (satu) folder “database” ini ke flashdisc Anda.

3.   Pada langkah ini, backup (proses pencadangan data) selesai.

PADA KOMPUTER / LAPTOP 2 (BELUM ADA APLIKASI DAPODIKDAS 2019) :

Setelah 1 folder “database” dari komputer / laptop usang telah kita copy paste pada flashdisc Selanjutnya, bagaimana cara restore database pada aplikasi Dapodikdas 2019/2014 pada komputer/PC 2 (komputer/laptop yang baru) :

1.     Install komputer / laptop gres memakai installer v.2.0.7 aplikasi Dapodikdas 2019.

2.     Setelah proses instalasi v.2.0.7 selesai, klik kiri pada mouse pada “Star” kemudian Ketik pada kotak pencarian tersebut “Services” (tanpa tanda petik / “ ), sesaat kemudian klik pada “View local services”.

3.     Setelah tampilan “Service local” muncul, silahkan roll ke bawah, cari file berjulukan “DapodikdasDB” klik kanan pada “DapodikdasDB” kemudian klik “Stop”. Akan ada tampilan sesaat dalam proses ini.

4.   Setelah “DapodikdasDB” dalam keadaan “Stopped”, Selanjutnya, klik kanan juga file di “DapodikdasWebSrv”, kemudian klik “Stop”. Akan muncul tampilan sesaat dalam proses ini. Minimize tampilan “Services (local)” ini.

5.     Kemudian buka pada flashdisc yang sudah ada 1 file hasil copy paste “database” dari laptop lama Anda, klik kanan pada “database” ini, kemudian tekan “Copy”.

6.     Selanjutnya, buka pada drive “C” pada komputer / laptop gres Anda yang sudah terinstall aplikasi Dapodikdas v.2.0.7, kemudian klik “Program Files” ==> “Dapodikdas”. Di dalam folder “Dapodikdas” ini, hapus 1 (satu) folder “database”, sesudah “database” terhapus, arahkan kursor pada bab di luar folder, lalu klik “paste” (hasil copy-an “database” dari laptop usang tadi).

7.      Setelah database dari komputer usang berhasil dicopy menggantikan “database” dari komputer/laptop gres ini, silahkan buka kembali halaman “Service Local” untuk mengaktifkan kembali 2 file yang sebelumnya kita “Stop” tadi, biar database Dapodikdas 2019/2014 sanggup progress kembali di komputer/laptop baru. Bila halaman ini tertutup, silahkan lakukan ibarat pada langkah no. 2 s.d. 4 di atas, kemudian klik kanan pada “DapodikdasDB” kemudian klik “Start”. Akan ada tampilan sesaat dalam proses ini.

8.   Terakhir, klik kanan juga di “DapodikdasWebSrv”, kemudian klik “Start”. Akan muncul tampilan sesaat dalam proses ini. Kemudian tutup/close tampilan Services (local) ini.

9.     Silahkan "login" ke aplikasi Dapodikdas 2019/2014 pada laptop / PC Anda yang gres tadi, ibarat biasanya.

10.    Selesai.

Untuk beberapa gambar dari cara-cara di atas silahkan dilihat pada artikel di link berikut ini. Demikian tutorial online ihwal bagaima cara memindahkan (backup & restore) database aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 kali ini. Mohon dilakukan langkah-langkah di atas dengan teliti dan hati-hati, jika benar, insya Allah berhasil. Semoga bermanfaat, terimakasih…. Salam satu data berkualitas...!

Belum ada Komentar untuk "Cara / Langkah-Langkah Gampang Memindahkan Data Terakhir Aplikasi Dapodikdas 2019 Ke Komputer / Laptop Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel