Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memindahkan Aplikasi Dapodikdas 2019 Dari Windows Xp Ke Windows 7 / Dari Windows 8 Ke Windows 7

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam proses backup data aplikasi Dapodikdas 2019 dari komputer satu ke komputer lainnya diharapkan langkah-langkah yang benar-benar teliti sekaligus hati-hati biar aplikasi gres sebagai hasil recovery / restore dari data backup benar-benar sanggup menampilkan data-data dalam aplikasi yang sama persis dengan data-data yang telah tersimpan dalam aplikasi Dapodikdas 2019 yang telah berhasil di simpan dalam backup terakhir kalinya.

Sehubungan dengan hal tersebut, alhamdulillah dalam kesempatan liburan semester genap TP. 2019/2014 ini, di sela-sela pekerjaan input data-data, saya sempatkan untuk uji coba beberapa tips dalam artikel berikut, alasannya yakni kebetulan OS (Operating System) yang saya gunakan pada 3 laptop yang berbeda, berbeda pula OS-nya. 

Oleh alasannya yakni itu, saya akan share sedikit pengalaman saya wacana bagaimana cara memindahkan aplikasi Dapodikdas 2019 ke OS yang berbeda.

Namun dalam beberapa kali percobaan yang saya lakukan mengalami kegagalan, yakni ketika memindahkan aplikasi Dapodikdas 2019 dari OS Windows 7 ke Windows XP dikarenakan pada Services (Local) elemen DapodikdasDB tidak sanggup distar khususnya pada v.2.0.5, dan kenapa tidak bisa, kebetulan saya belum mendalaminya.

Selain kegagalan dalam memindahkan aplikasi Dapodikdas 2019 dari Windows 7 ke Windows XP, saya juga mengalami kegagalan ketika mencoba memindahkan aplikasi Dapodikdas 2019 dari Windows 7 ke Windows 8, permasalahannya untuk elemen Service (Local) DapodikdasWebSrv-nya tidak berhasil saya start kembali, entah kenapa penyebabnya, saya juga belum sempat mendalaminya.

Setelah kegagalan-kegagalan di atas tidak menyurutkan percobaan saya yang berlangsung kurang lebih 6 jam lamanya dengan memakai 3 laptop yang berbeda OS-nya (Win XP, Win 7, dan Win 8). Alhamdulillah berbeda halnya kalau memindahkan data dari Windows XP ke Windows 7 ataupun memindahkan aplikasi Dapodikdas 2019 dari Windows 8 ke Windows 7, alhamdulillah BERHASIL. Oleh alasannya yakni itu, untuk saya pribadi lebih yakin memakai OS Windows 7 alasannya yakni kenetralannya tersebut.

Oleh alasannya yakni itu, di sini saya akan share wacana tips yang sudah berhasil saya ujicobakan saja, yakni tips / cara memindahkan backup aplikasi Dapodikdas 2019 dari OS Win XP ke OS Win 7 dan langkah-langkah memindahkan data backup aplikasi Dapodikdas 2019 dari OS Win 8 ke Win 7 saja.  Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemindahan backup dari OS satu ke OS yang lainnya tersebut, di antaranya :

1.     Sebelum melaksanakan tips ini secara lebih lanjut, silahkan backup / copy paste dulu 1 folder “Dapodikdas” Anda yang berasal dari Local Disc (C:) ==> “Program Files” ke Local Disc (D:) atau flash disc Anda.
2.     Saat proses backup data aplikasi Dapodikdas 2019, pastikan 2 elemen “Services (Local)” ini “Stopped”, yakni : DapdodikdasDb dan DapodikdasWbSrv.
3.     Kemudian “Start” kembali 2 elemen “Services (Local)” pada no. 2 di atas sebelum login ke aplikasi Dapodikdas 2019.
4.     Bila perlu, “Clear  All History” dari web browser default Anda yang dipakai menjalankan aplikasi Dapodikdas 2019.
5.     Pastikan copy paste juga data prefill dari folder “Prefill_dapodik” dari drive “C” ke laptop / PC yang akan dipakai untuk recovery / restore aplikasi Dapodikdas 2019 yang baru.

Selanjutnya, untuk memindahkan seluruh data aplikasi Dapodikdas 2019 dari OS (Operating System) Windows XP ke Window 7 yakni sebagai berikut :

Langkah pertama, perlakuan pada Laptop / PC yang memakai OS Windows XP yakni :

1.     Stop dulu “DapodikdasDB” dan “DapodikdasWebSrv”-nya melalui perintah pada start hidangan – Run – ketik “Service.msc” kemudian Enter, sesudah itu klik kanan pada masing-masing elemen tersebut, pilih “Stop”.
2.     Copy paste beberapa file pada flash disk untuk selanjutnya kita gunakan sebagai media penyimpanan sementara untuk install dan support aplikasi Dapodikdas pada OS pada komputer lain :
        a. Prefill Dapodik 
        b. Installer aplikasi Dapodikdas 2019 v.2.0.4 
        c. File backup “Dapodikdas”  
        d. Patch v.2.0.5

Setelah itu, lakukan langkah-langkah kedua sekaligus terakhir berikut pada laptop/PC yang memakai OS Windows 7 :

1.     Copy paste folder “Prefill_dapodik” dari drive “C” dari laptop / komputer OS Win XP ke posisi yang sama pada laptop / PC yang memakai sistem operasi Win 7.
2.     Install aplikasi Dapodikdas 2019 dengan memakai installer v.2.0.4 pada PC dengan OS Windows 7 yang baru.
3.     Pastikan “DapodikdasDb” dan “DapodikdasWebSrv” telah distop.
4.     Hapus 2 folder berikut dari C – Program Files – Dapodikdas : “database” dan “dataweb”
5.     Pindahkan / copy  2 folder “database” dan “dataweb” dari file backup “Dapodikdas” pada flash disck tadi ke “C” – “Program Files”, untuk menggantikan “database” dan “dataweb” yang telah dihapus sebelumnya pada no. 4 di atas.
6.     Kemudian “Start” kembali “DapodikdasDB” dan “DapodikdasWebSrv”-nya melalui perintah pada start hidangan – Run – ketik “Service.msc” kemudian Enter, sesudah itu klik kanan pada masing-masing elemen tersebut, pilih “Start”.
7.     Buka dan login ke aplikasi, kemudian tekan F5 atau refresh aplikasi Dapodikdas 2019.

Dan untuk memindahkan data aplikasi Dapodikdas 2019 dari laptop / PC yang sistem operasi komputernya memakai Windows 8 ke Windows 7, caranya sama dengan tips di atas. Untuk melihat beberapa gambar yang berafiliasi dengan tutorial ini, silahkan klik di sini…

Bagi Rekan-rekan OPS lainnya yang telah berhasil memindahkan data dari Win 7 ke Win 8 ataupun dari Win 7 / 8 ke Win XP, silahkan share di sini, alasannya yakni saya sendiripun belum mencobanya kembali. Demikian share singkat mengenai bagaimana cara memindahkan aplikasi Dapodikdas 2019 dari OS yang berbeda. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Posting Komentar untuk "Cara Memindahkan Aplikasi Dapodikdas 2019 Dari Windows Xp Ke Windows 7 / Dari Windows 8 Ke Windows 7"