Cara Mengembalikan Data Dapodikdas 2019 Yang Tidak Ada Data Backup Database Sebelumnya Dan Cara Mengganti Nama Operator Sekolah

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Alhamdulillah batas simpulan / deadline pengiriman aplikasi Dapodikdas 2019 ketika ini diperpanjang kembali hingga simpulan Februari 2014 ibarat yang sudah disebutkan pada artikel sebelumnya. Dalam kesempatan ini saya akan share pengalaman pribadi (16 Februari 2014) adalah perihal cara mengembalikan data terakhir pada aplikasi Dapodikdas 2019 yang kebetulan sebelumnya kita tidak memiliki data backup Dapodikdas 2019 yang mana file backup ini berasal dari hasil copy paste dari 1 (satu) folder “database”dari folder Dapodikdas pada “Program Files”.

Artikel khusus ini saya persembahkan bagi seluruh Rekan-rekan OPS yang hingga hari ini masih mengalami permasalahan hilang data-data yang pernah di

Selain sanggup mengembalikan data terakhir dari aplikasi yang sebelumnya tidak ada file backup database dari aplikasi Dapodikdas 2019, tips ini juga sanggup dipakai sebagai cara mengganti nama Operator Sekolah Dapodik Dikdas melalui pendaftaran yang telah terintegrasi dalam tutorial pada artikel ini.

Saya akan sedikit ceritakan alur bencana hingga berhasil mengembalikan data terakhir aplikasi Dapodikdas 2019 yang berhasil dikembalikan datanya walaupun tanpa data backup sebelumnya. Data aplikasi dari salah satu Rekan OPS saya kebetulan telah mengganti OS (Operation System) Windows laptopnya, namun kebetulan belum pernah database dari aplikasi Dapodikdas-nya.

Namun dalam tips kali ini, proses restore tanpa “database” tersebut sanggup efektif / berhasil, asal kita SUDAH PERNAH BERHASIL SYNC / SINKRONISASI DENGAN SERVER PUSAT.

Oke pribadi ke hal-hal yang perlu diperhatikan dan langkah-langkah mengembalikan data terakhir aplikasi Dapodikdas 2019, sebagai berikut :

1.   Cek pada “tabel log sinkronisasi” dan cek juga pada laman sinkronisasi online “Sinkronisasi terakhir dilakukan pada ………………. (pastikan waktu yang tertera di atas sama). Data-data dari aplikasi terakhir yang telah berhasil disinkronisasikan dengan server sentra inilah yang akan dibangkitkan kembali dari aplikasi Dapodikdas 2019 di komputer PC / laptop dengan instalasi aplikasi terbaru nantinya.




2.   Apabila sudah ada aplikasi Dapodikdas 2019, uninstall dan install kembali aplikasi Dapodikdas 2019 pada komputer PC / laptop Anda.

3.   Unduh prefill sekolah Anda ibarat biasanya, kunjungi laman "Unduh Database Prefill" pada situs web Info Pendataan Ditjen Dikdas, kemudian download prefill sekolah Anda dengan isyarat pendaftaran sekolah yang benar.



4.   Pindahkan / hapus prefill usang ganti dengan prefill gres hasil download prefill gres tadi.

5.   Registrasi ulang dengan Username/email serta termasuk juga mengganti nama Operator Sekolah password yang sama dengan sebelumnya. Apabila ada ganti OPS / perubahan data Operator Sekolah, pada ketika pendaftaran ini sanggup menjadi kesempatan mengganti nama Operator Sekolah serta mengganti data-data operator sekolah lainnya dengan data yang gres di aplikasi Dapodikdas 2019 (khusus bagi Anda yang akan merubah nama Operator Sekolahnya saja, jangan lupa backup dulu database-nya).  

6.   Buka aplikasi Dapodikdas 2019, login dengan Username (Email) serta Password yang sama dengan yang sudah Anda registrasikan sebelumnya (pada nomor 5).

7.   Cek data pada aplikasi, kemudian pastikan lagi data-datanya sama persis dengan nomor 1 di atas.

8.   Selesai.

Demikian tips singkat yang sanggup saya share hari ini perihal cara membangkitkan / mengembalikan data terakhir aplikasi Dapodikdas 2019 yang tidak ada / belum pernah backup database aplikasi sebelumnya sekaligus cara / solusi untuk mengganti nama Operator Sekolah serta data-data Operator Sekolah lainnya dengan data OPS yang baru. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengembalikan Data Dapodikdas 2019 Yang Tidak Ada Data Backup Database Sebelumnya Dan Cara Mengganti Nama Operator Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel