Cara / Solusi Mengatasi Gagal Sinkron V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2019, Pastikan Update Versi Terbaru Dengan File Patch V.2.0.7C

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Alhamdulillah... Dalam kesempatan kali ini, saya akan share satu hal yang berdasarkan saya penting untuk sanggup kita kita ketahui bersama, khususnya terkait adanya beberapa permasalahan yang kebetulan ada di antara Rekan-rekan OPS Dikdas dikala akan sinkronisasi via aplikasi Dapodikdas v.2.0.7, salah satunya, yakni mengalami kegagalan dalam banyak sekali bentuk.

Di sini, saya hanya mengingatkan Rekan-rekan semuanya yang sebelumnya sudah pernah download file patch v.2.0.7 entah dari situs resminya atau dari links download yang lain. 

Sebab, pada beberapa permasalahan pada aplikasi Dapodikdas pada versi kali ini, masih banyak di antara Rekan-rekan lain yang belum berhasil melaksanakan sinkronisasi untuk update data perbaikan pada cek Lembar Info PTK 2014.

Dan, kebetulan terkait permasalahan-permasalahan gagal sinkron, saya sendiri sampai dikala ini telah melaksanakan sinkronisasi sebanyak 2 x dari versi aplikasi v.2.0.7 dikala membantu sekolah lain yang kebetulan ada beberapa data-datanya belum valid,  alhamdulillaah, sinkronisasi kesemuanya itu berhasil sempurna, tanpa harus dilakukan berulang-ulang.

Namun, perlu saya informasikan kepada Rekan-rekan semua, sebetulnya file patch yang dipakai untuk update versi aplikasi Dapodikdas 2019 dari v.2.0.7 berekstensi v.2.0.7c. Oleh alasannya yakni itu, apabila ada beberapa Rekan OPS Dikdas yang kebetulan mengalami kesalahan yakni install memakai v.2.0.7 tanpa “c” sebagai solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi, salah satunya gagal sinkronisasi via aplikasi Dapodidikdas 2019 versi 2.0.7, silahkan backup “database” Anda, kemudian patch memakai file patch v.2.0.7c ini.

Download/unduh patch v.2.0.7c aplikasi Dapodikdas 2019 yang sebelumnya saya unduh pribadi dari web Info Pendataan, untuk links alternatifnya, silahkan klik di sini... Dan jangan lupa setiap akan melaksanakan sinkronisasi pada v.2.0.7 aplikasi Dapodikdas 2019, pastikan set waktu pada komputer pada waktu sekarang. Semoga bermanfaat dan terimakasih...

Info Ditjen Dikdas Kemdikbud terkait artikel ini :

DAPODIK LUNCURKAN APLIKASI VERSI 2.07C

Jakarta (Dikdas): Pada 2 April 2014, aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) versi 2.07c diluncurkan. Aplikasi Dapodik sebelumnya yaitu versi 2.06 tak lagi berlaku. Operator sekolah diharapkan memutakhirkan aplikasi usang ke aplikasi terbaru untuk memudahkan pengiriman data.

Menurut Yusuf  Rokhmat, M.T., staf Sub Bagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, aplikasi 2.07c (unduh Patch 2.07c) merupakan penyempurnaan dari aplikasi 2.06. Sejumlah kelemahan pada aplikasi 2.06 telah diatasi dalam aplikasi terbaru ini.

“Kita menambahkan fitur-fitur gres yang diperlukan,” katanya, Kamis, 3 April 2014. Salah satu fitur terbaru yakni fitur ‘bantuan’. Fitur ini memperlihatkan klarifikasi pada tiap tabel isian.

Berbagai masalah seputar sinkronisasi, tambah Yusuf, ibarat susah sinkronisasi, gagal sinkronisasi, database berganda di server, atau data tidak naik dari lokal ke server, sudah sanggup diatasi oleh aplikasi 2.07c.  Perubahan aplikasi itu pun tak kuat pada database yang telah ada. Sebab, perubahan tersebut hanya berada di level aplikasi, bukan database. Aplikasi 2.07c juga tak memuat penambahan isian data.

Perubahan aplikasi merupakan suatu hal yang lazim. Tujuannya sebagai penyempurna dan perhiasan dari sejumlah kekurangan yang pada aplikasi sebelumnya belum sanggup diatasi. Ia pun ditentukan masa kadaluarsanya (expired) biar pengguna (operator sekolah) melaksanakan perubahan (updating). “Sebisa mungkin kita coba menjembatani antara requirement yang dipersyaratkan dan dari sisi pendekatan end user, kita cari titik temu,”ungkap Yusuf.* (Billy Antoro)

Belum ada Komentar untuk "Cara / Solusi Mengatasi Gagal Sinkron V.2.0.7 Aplikasi Dapodikdas 2019, Pastikan Update Versi Terbaru Dengan File Patch V.2.0.7C"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel