Cara / Solusi Mengatasi Validasi Ptk Yang Tetap Muncul Invalid, Padahal Di Tabel Utama Ptk Tersebut Tidak Ada (Sudah Diedit)

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Berhubung pada hari ini masih ada beberapa Rekan OPS di kawasan aku yang masih mengalami permasalahan terkait adanya invalid yang tetap muncul di tombol validasi aplikasi Dapodikdas 2019. 

Padahal dirasa telah diedit keseluruhan data PTK-PTK yang ada di tabel utama PTK. Tutorial singkat ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan dari Rekan OPS melalui komentar pada blog personal aku ini.

PTK yang tetap muncul pada hidangan validasi (PTK invalid) disebabkan memang bahu-membahu data PTK tersebut masih ada pada tabel utama PTK, namun dikarenakan pada v.2.0.6 berdasarkan pemahaman aku telah ditambahkan beberapa fitur yang tentunya lebih baik daripada versi-versi sebelumnya. 

Apabila Rekan sudah merasa edit seluruh PTK yang ada pada tabel utama, ini sama sekali tidak akan mengurangi jumlah invalid PTK tersebut.

Yang tentu menjadi pertanyaan adalah, di mana PTK yang invalid itu ada, sehingga tidak sanggup diedit / diperbaiki lantaran data PTK yang invalid tersebut tidak ada dalam tabel utama. Sebagian yang lain pun mengalami data PTK yang berganda, padahal pada tabel utama PTK tersebut hanya 1 (satu) dan tentunya sudah dengan status valid (hijau) bukannya invalid (merah).

Oke…, pribadi saja ke pokok pembahasan. Sebenarnya PTK yang invalid pada ketika divalidasi tersebut masih ada, dan inilah cara memunculkan data PTK yang invalid yang disebabkan adanya PTK yang belum diedit secara tepat ataupun adanya beberapa PTK yang datanya ganda lantaran memang tidak muncul pada tab utama PTK aplikasi Dapodikdas 2014. 

Dan pertanyaan selanjutnya tentu, bagaimana cara memunculkan data PTK yang muncul pada validasi dengan keterangan invalid sehingga data-data invalid yang bekerjasama dengan PTK tersebut sanggup kita edit dari tab utama PTK.

Berikut cara singkatnya untuk memunculkan kembali data PTK tersebut sehingga sanggup kembali diedit untuk menghilangkan invalid-nya :

1.   Klik pada tab “PTK

2.   Klik lebih dari 1 x dengan tempo sekitar 3 detik pada tombol “Tampilkan Penugasan PTK yang Kosong”.

3. Setelah seluruh daftar PTK-PTK dengan “stsmerah muncul, selanjutnya pilih PTK yang akan diedit / diperbaiki data-datanya, atau dihapus saja pribadi apabila data PTK ganda (lebih dari 1).

4.   Selesai, silahkan cek kembali pada tombol "Validasi".

Demikian tips singkat mengenai cara mengatasi dilema invalid khususnya pada data PTK pada aplikasi Dapodikdas 2019. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Belum ada Komentar untuk "Cara / Solusi Mengatasi Validasi Ptk Yang Tetap Muncul Invalid, Padahal Di Tabel Utama Ptk Tersebut Tidak Ada (Sudah Diedit)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel