Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dapodik Jadi Teladan Untuk Sejumlah Kegiatan Kemdikbud Tahun 2014 - Mendikbud Ingin Paud Dan Dikmen Juga Terdata Dalam Dapodik

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Tahun 2014 ini, Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi pola bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyaluran dana untuk aneka macam kebijakan, mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), rehab sekolah, Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan tunjangan profesi guru. 

Hal ini berbeda dari tahun 2019 kemudian yang gres dipakai sebagai referensi dalam sumbangan tunjangan profesi guru.


Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Sumarna Surapranata mengatakan, ada tiga unsur data dalam Dapodik, ialah data satuan pendidikan, data penerima didik, serta data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Ketiganya lengkap memuat seluruh informasi yang dibutuhkan, sebagai referensi Kemdikbud untuk memilih langkah selanjutnya.

“Misalnya, data perihal PTK yang dipakai untuk proses sumbangan tunjangan profesi guru. Di dalamnya lengkap memuat biodata, nomor identitas, usang guru mengajar selama seminggu, mengajar di kelas berapa, dan seterusnya,” ujar Pranata ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/2).

Ia menuturkan, tahun kemudian data pada Dapodik gres diperuntukan sebagai referensi pengelolaan tunjangan profesi guru. Namun tahun ini, Dapodik diperluas untuk kegiatan lainnya, ialah BOS, rehab, dan BSM. “Sekolah yang ingin mendapat anggaran untuk ketiga kegiatan itu harus mengisi lengkap data pada Dapodik. Berbeda dengan tahun kemudian yang menurut pengajuan dari sekolah. Tahun ini tidak lagi. Semua dari Dapodik,” imbuh Pranata.   

Ia mengapresiasi sekolah yang sudah melengkapi data pada Dapodik. Tidak jarang data yang dimiliki sekolah di kawasan yang jauh dari ibu kota provinsi justru lebih baik ketimbang data yang dimiliki sekolah yang berada di kota ibu kota provinsi. “Itu artinya apa? Mereka concern dan punya komitmen,” tambah Pranata.

Dapodik merupakan kegiatan yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar menurut isyarat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 tahun 2019 perihal Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan. Tahun ini, terperinci Pranata, Mendikbud menginginkan biar jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pendidikan menengah juga terdata dalam Dapodik. (Ratih Anbarini)

Posting Komentar untuk "Dapodik Jadi Teladan Untuk Sejumlah Kegiatan Kemdikbud Tahun 2014 - Mendikbud Ingin Paud Dan Dikmen Juga Terdata Dalam Dapodik"