Download Pp Nomor 48 Tahun 2005 Wacana Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (Cpns)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Berikut klarifikasi umum dari Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2005 perihal Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, baik pada pemerintahan sentra maupun pemerintahan daerah, sebagian dilakukan oleh tenaga honorer. 

Di antara tenaga honorer tersebut ada yang telah usang bekerja kepada pemerintah dan keberadaannya sangat diharapkan oleh pemerintah.

Mengingat masa bekerja mereka sudah usang dan keberadaannya sangat diharapkan oleh pemerintah, dalam kenyataannya sebagian tenaga honorer tersebut telah berusia lebih dari 35 (tiga puluh lima) tahun dan menurut peraturan perundang-undangan tidak sanggup diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, maka bagi mereka perlu diberikan perlakuan secara khusus dalam pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Dengan Peraturan Pemerintah ini, bagi tenaga honorer yang berusia paling tinggi 46 (empat puluh enam) tahun dan telah bekerja 20 (dua puluh) tahun atau lebih, sanggup diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, sehabis melalui seleksi administratif, disiplin, integritas, kesehatan, dan kompetensi.

Selanjutnya bagi tenaga honorer yang telah bekerja kurang dari 20 (dua puluh) tahun, pengangkatannya menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil selain melalui seleksi administratif, disiplin, integritas, kesehatan, dan kompetensi, mereka juga diwajibkan mengisi/menjawab daftar pertanyaan mengenai pengetahuan tata pemerintahan/kepemerintahan yang baik antar sesama tenaga honorer yang pelaksanaannya dilakukan terpisah dari pelamar umum yang bukan tenaga honorer, dengan pengelompokan sebagai berikut :

a.   Tenaga honorer yang berusia paling tinggi 46 (empat puluh enam) tahun dan bekerja selama 10 (sepuluh) tahun hingga dengan kurang dari 20 (dua puluh) tahun secara terus menerus;
b.   Tenaga honorer yang berusia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun dan bekerja selama 5 (lima) tahun hingga dengan kurang dari 10 (sepuluh) tahun secara terus menerus;
c.   Tenaga honorer yang berusia paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun dan bekerja selama 1 (satu) tahun hingga dengan kurang dari 5 (lima) tahun secara terus menerus.

Peraturan Pemerintah ini merupakan pengaturan khusus dan mengecualikan beberapa Pasal dalam Peraturan Pemerintah Nomor 98 Tahun 2000 perihal Pengadaan Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002.

Pengangkatan tenaga honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil menurut Peraturan Pemerintah ini sanggup dilakukan apabila tenaga honorer tersebut memenuhi syarat yang ditentukan, baik syarat administratif maupun syarat lain yang ditentukan dalam Peraturan Pemerintah ini dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah ini, ditentukan prioritas jenis tenaga honorer yang sanggup diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Demikian juga urutan prioritas usia dan masa bekerja sebagai tenaga honorer yang akan menjadi pertimbangan dalam pengangkatannya menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Tenaga honorer atau yang sejenis yang dimaksud dalam Peraturan Pemerintah ini termasuk guru bantu, guru honorer, guru wiyata bhakti, pegawai honorer, pegawai kontrak, pegawai tidak tetap, dan lain-lain yang sejenis dengan itu.

Download Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2005 perihal Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, silahkan klik pada links berikut (Download/unduh PP Nomor 48 Tahun 2005 perihal Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS). Semoga bermanfaat dan terimakasih… ...!

Belum ada Komentar untuk "Download Pp Nomor 48 Tahun 2005 Wacana Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (Cpns)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel