Dunia Maya Sanggup Berimplikasi Nyata, Kemudian Apa Beda Antara Dunia Maya Dengan Dunia Kasatmata Di Masa Modern Ini…?

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Sudah kita ketahui bersama, bergotong-royong di saat-saat kini ini, dunia maya atau lazim disebut dengan internet ataupun online telah mulai merambah ke aneka macam lini kehidupan, tak terkecuali hingga sistem administrasi pendidikan dasar yang terbaru ketika ini dengan aplikasi Dapodikdas 2019-nya. 

Sehingga, media internet / online menjadi sarana penting dalam proses pengiriman data dari Rekan-rekan Operator Sekolah se-Indonesia. 

Terkait dengan pengelolaan administrasi pendidikan ini berlaku nasional tanpa pandang bulu, meskipun sekolah berada di tempat terpencil dan terisolir sekalipun, harus tetap mengikuti aturan yang sama.

Oleh sebab itu, menyikapi fenomena yang sebenarnya bukan "barang baru" ini, selayaknya segera mendapat perhatian lebih dari seluruh pihak terkait, baik dari Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota / Provinsi, Pemda setempat, serta Pemerintah Pusat pada umumnya, untuk segera bertindak proaktif dalam mempersiapkan seluruh potensi yang ada dengan sedini mungkin supaya di masa-masa mendatang setiap sekolah tidak lagi kesulitan bukan hanya dalam proses online-nya saja, namun juga dalam proses pengerjaan data-datanya.

Beberapa hal yang ingin saya sampaikan dari aneka macam bencana konkret yang sudah saya temui di lapangan, bahwa idealnya dalam setiap sekolah perlu menambah 1 elemen PTK gres yang tentunya mendapat payung hukum, tiada lain, tiada bukan, 1 elemen PTK gres tersebut ialah Operator Sekolah. 

Dan tentunya, akan ada kriteria khusus terkait kompetensi untuk menjadi Operator Sekolah yang bukan hanya bertugas sebagai penginput data-data saja, namun juga sebagai media informasi-informasi penting dan terupdate terkait kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan kepada sekolah serta PTK-PTK lainnya.

Media internet ketika ini memang belum sanggup dikatakan murah, akan tetapi tidak sanggup pula dikatakan mahal. Meskipun biaya jalan masuk internet dalam proses administrasi ataupun pelaporan data-data pendidikan masih efisien dan efektif dibandingkan dengan cara konvensional. Salah satu implikasi konkret ketika ini dengan adanya gosip perihal penerbitan SKTP yang sumber datanya dari Dapodik sekolah masing-masing tidak terbit, maka hasil dari perbaikan dikirimkan kembali via internet, dan singkat dongeng terbitlah SKTP itu.

Oleh sebab itu, saya eksklusif berkesimpulan bahwasannya perbedaan dunia maya di internet dengan dunia konkret dalam kehidupan sehari-hari kita, hanyalah pada caranya saja, namun implikasinya terperinci sama, yakni dua-duanya serta jawaban baik-buruknya akan kita temui di dunia konkret (karena kedua-duanya bukan mimpi).

Demikian sedikit opini dari saya selaku Admin blog sekaligus Operator Sekolah, ada kurang dan salahnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, adapun kritik sekaligus solusi perbaikan terhadap artikel ini sangat saya harapkan dari pihak manapun. Semoga bermanfaat dan terimakasih… ...!

Belum ada Komentar untuk "Dunia Maya Sanggup Berimplikasi Nyata, Kemudian Apa Beda Antara Dunia Maya Dengan Dunia Kasatmata Di Masa Modern Ini…?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel