Laporan Keuangan Sekolah Dan Penggunaan Dana Bos Online Tahun 2014

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Berdasarkan Permendikbud RI No. 101 Tahun 2019 yang mengatur wacana Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS tahun 2014 yang tentunya masih ada keterkaitan dengan Dapodik 2019-2014 yakni saat akan login ke halaman gres untuk memasukkan data penggunaan dana BOS berdasarkan 13 komponen. 

Kode pendaftaran ialah aba-aba yang dipakai oleh sekolah dalam memasukkan Dapodik sedangkan passwordnya ialah nomor NPSN sekolah.

Dalam rangka untuk akuntabilitas dan transparansi penggunaan dana BOS, sekolah berkewajiban untuk menciptakan laporan keuangan ibarat yang telah dijelaskan dalam Bab VII. 

Untuk membantu mempermudah sekolah dalam penyusunan dan pelaporan penggunaan dana BOS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyebarkan sistem dan perangkat lunak yang sanggup dipakai oleh sekolah, yaitu:

1.   Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Penggunaan dana BOS di tingkat sekolah (APLK BOS); dan

2.   Pelaporan Penggunaan Dana BOS secara online. Kedua perangkat lunak ini ada dalam laman www.bos.kemdikbud.go.id.

ALPEKA BOS - Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Penggunaan dana BOS di tingkat sekolah.

Aplikasi laporan pertanggungjawaban keuangan dana BOS tingkat sekolah ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Unites States Agency for International Development (USAID/Indonesia). Aplikasi ini bersifat gratis untuk dipakai oleh sekolah.
Aplikasi laporan pertanggungjawaban keuangan dana BOS tingkat sekolah ialah aplikasi pada tingkat sekolah yang mempunyai kegunaan untuk mengelola dan menciptakan laporan keuangan sekolah, terutama laporan penggunaan dana BOS.

Aplikasi ini sangat gampang dipakai dan disusun sesuai dengan Juknis BOS. Dengan memakai aplikasi ini sekolah tidak perlu repot menyusun laporan-laporan yang diwajibkan untuk laporkan oleh sekolah. Sehingga dengan memakai aplikasi ini tidak ada alasan lagi bagi sekolah untuk terlambat melaporkan penggunaan dana BOS baik secara offline maupun secara online.

Aplikasi ini dibentuk dengan memperhatikan pengguna (user) yaitu para bendahara di setiap sekolah, sehingga aplikasi ini dbuat sangat sederhana, gampang dipakai dan gampang dipelajari. Aplikasi ini didisain untuk sanggup dipelajari secara mandiri.

Dengan alasan itu maka aplikasi ini sengaja di buat berbasis excel yang dilengkapi dengan makro, alasannya ialah pada umumnya semua sekolah sudah biasa memakai excel dan hampir disemua komputer/laptop yang ada di sekolah niscaya ada aplikasi excel. Versi excel yang mendukung aplikasi BOS ini ialah versi 2007 ke atas, dengan operating sistem minimal window XP.

Secara lengkap dan jelas, panduan penggunaan aplikasi ini sanggup di download dari www.bos.kemdikbud.go.id.

Pelaporan Penggunaan Dana BOS secara online.

Salah satu keluaran dari APLK BOS ialah Format BOS K-7A, yaitu rekapitulasi penggunaan dana BOS berdasarkan 13 komponen. Selanjutnya sekolah harus memasukkan informasi dari BOS-K7A ke dalam hidangan “Penggunaan Dana BOS’ yang ada dalam www.bos.kemdikbud.go.id.

Secara umum, langkah-langkah penggunaan aplikasi pemasukan laporan penggunaan dana BOS secara online sebagai berikut :

a.   Masuk ke web www.bos.kemdikbud.go.id

b.   Di layar ada kotak isian untuk memasukkan aba-aba pendaftaran sekolah dan password. Kode pendaftaran ialah aba-aba yang dipakai oleh sekolah dalam memasukkan Dapodik sedangkan passwordnya ialah nomor NPSN sekolah. Jika sekolah tidak mengetahui aba-aba regristrasi, maka sekolah sanggup menanyakannya kepada petugas Dapodik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

c.   Setelah berhasil, tekanlah tombol "Ubah" kemudian masukkanlah data penggunaan dana BOS berdasarkan 13 komponen.

d.   Setelah final mengisi data tekan tombol "Simpan". Data tersebut akan terekam di sistem pelaporan.

e.   Untuk keluar dari hidangan pemasukan data tekanlah "Log out" Jika terjadi problem sekolah sanggup bertanya melalui email ke: pelaporan.bos@gmail.com dengan menyebutkan nama sekolah, nomor pendaftaran dan NPSN.

Belum ada Komentar untuk "Laporan Keuangan Sekolah Dan Penggunaan Dana Bos Online Tahun 2014"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel