Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Ptk / Akseptor Asuh Menjadi Ganda Di Progres Pengiriman Sehabis Sinkronisasi V.2.0.5 Aplikasi Dapodikdas 2019 – 2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam kesempatan kali ini, saya bersama Bang Pung ingin share perihal penyebab PTK / Peserta Didik menjadi berganda sehabis sinkronisasi melalui v.2.0.5 dilakukan, dan sekaligus mohon kepada Rekan-rekan OPS lainnya untuk berkenan menyebarkan tips sebagai solusi bagi permasalahan ini, yakni perihal bagaimana solusi mengatasi PTK berganda pada progres pengiriman di server pusat.

Untuk problem ini, kebetulan saya memang belum pernah mengalaminya. Namun ada salah satu Rekan OPS yang mengalami permasalahan PTK berganda pada aplikasi Dapodikdas 2019. 

Dan asumsi saya bersama dengan Bang Pung malam hari ini, hal ini berlaku pula untuk Peserta Didik yang berganda pada aplikasi Dapodikdas yang mana ada beberapa Peserta Didik yang bertambah, dalam arti ada beberapa nama maupun data yang sama pada progres pengiriman berhasil.

Berdasarkan pengetahuan saya sampai dikala ini, hal-hal yang  sanggup menjadikan PTK berganda pada progress pengiriman aplikasi dapodikdas 2019 sehabis proses sinkronisasi ialah :

1.     Salah satu atau beberapa PTK pernah dihapus eksklusif pada tabel utama PTK aplikasi Dapodikdas tanpa dipindahkan ataupun di-“Registrasikan” terlebih dahulu ke “PTK Keluar” aplikasi Dapodikdas 2019 (pada v.2.0.4).

2.     Setelah update dari v.2.0.4 ke v.2.0.5, PTK pada tabel utama PTK, hilang. Selanjutnya tidak direcovery data PTK hilang sehabis update v.2.0.5, melainkan eksklusif diinputkan kembali PTK yang hilang tersebut melalui penambahan PTK baru.

3.     Adanya kesalahan teknis dikala memindahkan database aplikasi Dapodikdas 2019 dari laptop/PC satu ke laptop/PC lainnya.

Analisa saya bersama Bang Pung pada malam hari ini terhadap permasalahan adanya PTK / PD yang ganda pada progres pengiriman di atas muncul dikarenakan dikala kita menghapus salah satu data pada aplikasi Dapodikdas 2019, data terhapus tersebut mungkin masih tersembunyi / tersimpan dalam system ataupun struktur aktivitas database aplikasi, walaupun  data pada aplikasi Dapodikdas 2019 khususnya data PTK maupun Peserta Didik pada aplikasi Dapodikdas 2019 sudah tidak ada pada tabel utama PTK / PD.

Dan bagi beberapa Rekan OPS yang saya temukan di sini yang tidak pernah melaksanakan 3 hal yang sanggup menjadikan data PTK / PD berganda di atas, dikala dicek pada data hasil sinkronisasi pada server Dapodikdas / progres pengiriman benar-benar sesuai dengan data-data yang ada pada aplikasi Dapodikdas 2019-nya di komputernya masing-masing (jumlah PTK dan PD tetap / tidak berubah).

Namun berbeda dengan salah satu Rekan OPS saya yang dikala ini masih mengalami permasalahan PTK berganda kali ini, yakni pernah melakukan input kembali data PTK sehabis update versi aplikasi dari v.2.0.4 ke v.2.0.5 berhasil ternyata PTK yang sudah diinput pada v.2.0.4 hilang semua, dan ditandai dengan adanya “Kepsek Belum dipilih. Dan poin bercetak tebal tersebut saya bersama Bang Pung menganalisis bahwa hal itulah yang menjadikan data pada hasil sinkronisasi di progres pengiriman menjadi ganda. Ganda alasannya ialah data PTK yang gres diinput tersebut dengan data PTK yang sudah pernah diinput sebelumnya pada v.2.0.4 (walaupun tidak tampil pada tabel utama), keseluruhannya tersinkronisasi dengan server.

Hal inilah yang saya perkirakan sebagai penggandaan data, satu sisi menjadi dilema, ketika untuk mengatasi PTK yang ganda dengan menghapus salah satu data PTK, artinya PTK tersebut akan hilang, pertanyaan barunya, bagaimana cara menampilkan PTK yang satunya itu…? Apalagi data PTK ini ada kemungkinan perlu kita edit kembali nantinya.

Oleh alasannya ialah itu, bagi Rekan-rekan OPS lain yang kebetulan pernah mengalami permasalahan ini, serta mempunyai tips / solusi efektif untuk mengatasi permasalahan PTK / PD ganda sehabis sync ini, mohon berkenan share pada komentar artikel ini. Demikian share singkat ini, agar bermanfaat, dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Posting Komentar untuk "Penyebab Ptk / Akseptor Asuh Menjadi Ganda Di Progres Pengiriman Sehabis Sinkronisasi V.2.0.5 Aplikasi Dapodikdas 2019 – 2014"