Sinkron Online Dapodikdas 2019 Tetap Harus Dilakukan Walaupun Sudah Kirim Backup Std Dari Aplikasi Bsd. Benarkah...???

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyebarkan informasi, lagi-lagi ini wacana pemahaman saya sampai dikala ini, adalah akan adanya pertanyaan dari Rekan OPS, apakah sehabis kita kirim file backup *.std dengan aplikasi Dapodikdas 2019 sudah dikirim melalui Aplikasi Backup Sinkron Dapodik ke Operator Tunjangan Disdik Kabupaten/Kota yang akan dilanjutkan ke P2TK Dikdas, kita tetap harus melaksanakan sinkronisasi online kembali melalui aplikasi Dapodikdas 2019…??? 

Berikut akan saya coba menjawab pertanyaan tersebut dengan uraian sebagai berikut :
1.   Aplikasi BSD sebagai alternatif bagi sekolah-sekolah yang belum berhasil melaksanakan sinkronisasi ke Server Dapodik. Hal ini dikarenakan sinkronisasi online maupun offline ke server Dapodik masih sangat sulit dilakukan. Dan sebab data-data yang harus dikirim terkait dukungan sudah menjelang deadline, maka P2TK sebagai pihak utama yang berkaitan dengan hal ini menunjukkan alternatif pengiriman data melalui aplikasi BSD.

2.    BSD hanya meliputi data-data yang diharapkan P2TK Dikdas untuk mengelola calon nominasi akseptor Tunjangan. Artinya beberapa cuilan terkait pendataan Dikdas dari sekolah pada aplikasi Dapodikdas 2019 masih ada yang belum sanggup diakomodir dengan memakai aplikasi BSD ini.

3.   Ada beberapa data yang mungkin saja belum sanggup diakomodir dalam file…*.std atau data backup memakai aplikasi BSD di antaranya terkait Penerimaan Dana BOS, BSM, maupun Rehabilitasi Sekolah. Namun terkait aneka dukungan saya kira sudah terakomodir semua menurut data utama pada tab Sekolah, Rombel, Pembelajaran, dan PTK beserta data rinci maupun penugasannya.

4.   Kemungkinan besar akan ada versi terbaru dari seri aplikasi Dapodikdas 2019 V.2.0.7 untuk memperbaharui versi v.2.0.6 dikala ini. Selain untuk mengatasi versi expired tentu saja untuk memperbaiki performa aplikasi pada versi 2.0.6 menyerupai pada versi-versi sebelumnya.

5.   Aplikasi Dapodikdas 2019 mengakomodir setiap perubahan data update sekolah, artinya ke depannya sinkronisasi terus dilakukan oleh operator sekolah apabila ada perubahan data real untuk kirim ke server Dapodik pusat.

Dari ke-5 uraian di atas, maka sanggup ditarik kesimpulan, apakah sekolah-sekolah yang sudah terakomodir dalam aplikasi Dapodikdas 2019 tetap harus melaksanakan sinkronisasi..?? Sebagai berikut :

1.   Bagi sekolah-sekolah yang telah sinkron data-datanya antara di aplikasi dan di progress pengiriman, cukup melaksanakan sinkronisasi minimal 1 (satu) kali dalam sebulan. Salah satunya pada data PTK yang terkait dengan bulan keaktifan PTK.

2.   Bagi sekolah yang belum berhasil melaksanakan sinkronisasi, otomatis tetap harus melaksanakan sinkronisasi online, namun deadline / batas selesai pengirimannya belum ditentukan, namun menurut kebutuhan data dari pihak-pihak yang mengurusi BOS, BSM, maupun Rehab Sekolah.

3.   Dan bagi sekolah yang sudah berhasil melaksanakan sinkron di semester 2 (genap) dan data-datanya sudah sesuai antara di aplikasi dengan di server Dapodik pusat, tampaknya dapat beristirahat untuk bulan ini sampai bulan depan, sambil terus melihat informasi-informasi yang terus berkembang ini tentunya, tak terkecuali membantu PTK yang sudah ataupun dalam proses penerimaan aneka dukungan guru / pendidik dalam mengecek pada lembar info PTK.

Jadi, walaupun kita sudah mengirim data backup dari aplikasi Dapodikdas 2019 dalam bentuk file yang berekstensi ..*.std memakai aplikasi BSD. Kita tetap harus melaksanakan sinkronisasi sampai berhasi melalui aplikasi Dapodikdas 2019. 

Oleh sebab itu, tetap amankan database Anda Sahabat, baik yang sudah berhasil melaksanakan sinkronisasi, terlebih lagi yang belum sama sekali berhasil melaksanakan sync online via aplikasi Dapodikdas 2019.

Semoga saja patch v.2.0.7 jikalau memang akan ada lagi nanti, benar-benar sanggup semakin memudahkan kita semua seiring dengan semakin membaiknya server Dapodik pusat… Amiin… 

Cukup sekian dulu Rekan…, mohon maaf apabila analisa dan pemahaman saya ini kurang benar bahkan mungkin salah. Oleh sebab itu, koreksi dan perbaikan dari semua pihak sangat saya harapkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Belum ada Komentar untuk "Sinkron Online Dapodikdas 2019 Tetap Harus Dilakukan Walaupun Sudah Kirim Backup Std Dari Aplikasi Bsd. Benarkah...???"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel