Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Kompetensi, Supaya Putera Kawasan Sanggup Lulus Tes Cpns

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Hasil tes kompetensi dasar (TKD) CPNS tahun 2019 tak bisa diubah oleh siapapun. 

Kalau putera tempat tidak lulus, ke depan Pemerintah Daerah sanggup meningkatkan kapasitas para calon akseptor tes, antara lain  melalui bimbingan berguru semenjak jauh-jauh hari sebelum seleksi CPNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar menegaskan, semenjak awal pihaknya telah mengumumkan kisi-kisi soal TKD CPNS, yaitu karakteristik pribadi, intelegensia umum dan wawasan kebangsaan. 

“Saya selalu menekankan, jikalau calon akseptor mau lulus tes supaya berguru dan belajar, bukan percaya dengan calo,” ungkapnya dikala menerima  kunjungan dari Forum Aspirasi Masyarakat Kabupaten Buru Selatan, di Media Center Kementerian PANRB, Jumat (03/01).

Pernyataan tersebut menanggapi permasalahan agresi protes oleh beberapa daerah,  karena minimnya putera tempat yang tidak lulus tes CPNS. Hal itu menimbulkan keprihatinan, khususnya bagi pemuda-pemudi setempat yang sangat berminat untuk menjadi PNS.

Menteri menegaskan, tidak masuk PNS bukan berarti kiamat, alasannya yaitu PNS bukan satu-satunya lapangan pekerjaan. Selain itu, tahun depan juga masih ada kesempatan lagi untuk mengikuti seleksi.

Dalam seleksi CPNS yang bersifat nasional ini, tidak ada larangan bagi warga negara Indonesia untuk mengikuti tes di tempat lain. Seleksi CPNS tahun 2019, lanjut Menteri,  memang untuk mendapatkan putera-puteri terbaik bangsa, yang diselenggarakan secara transparan, obyektif, bebas dari KKN dan tanpa dipungut biaya. “Kita betul-betul merekrut calon pegawai mempunyai kompetensi, bukan CPNS yang hanya ongkang-ongkang kaki terima honor buta,” tegasnya.

Dijelaskan, untuk mengontrol sesuatu yang bobrok bukan hal gampang. Harus terus dikontrol, dan bila ditemui ada permainan akan segera ditindaklanjuti. Pemerintah telah menciptakan banyak sekali kebijakan untuk menjamin tes berlangsung secara fairness. Tidak boleh lagi akseptor lolos alasannya yaitu akrab dengan pejabat atau uang, sehingga PNS menjadi profesi yang membanggakan alasannya yaitu persaingan yang sehat.

Seleksi CPNS ini menjadi pelajaran penting bagi anak tempat biar senantiasa meningkatkan kemampuannya. Upaya tersebut diperkuat dengan adanya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, yang menegaskan tidak ada lagi  PNS tempat atau PNS pusat. Yang ada yaitu PNS RI.

Selain melalui bimbingan, bagi Pemerintah Daerah yang melaksanakan tes kompetensi bidang (TKB) bergotong-royong sanggup membuka ruang bagi putera daerah. “Tetapi harus lolos TKD dulu, jangan dibalik,” sergah Azwar Abubakar. (bby/HUMAS MENPANRB)

Sumber : KemenPAN-RB

Posting Komentar untuk "Tingkatkan Kompetensi, Supaya Putera Kawasan Sanggup Lulus Tes Cpns"