Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti Patch Aplikasi Dapodikdas 2019/2014 Terbaru Itu ? Apa Fungsi Dan Kegunaannya Patch Dalam Aplikasi Dapodikdas ?

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Sebagai OPS, tentu kita sudah sangat familiar dengan istilah "patch" ini, dan mungkin bagi sebagian rekan-rekan OPS yang bertanya-tanya, Apa patch itu?, Apakah arti dari patch dalam aplikasi Dapodikdas?, dan Apa fungsi dan kegunaan patch versi terbaru dari aplikasi Dapodikdas ini? dan lain sebagainya.

Flashback sedikit ya Sahabat… Setelah patch 2.0.3 diluncurkan pada tanggal 30 Oktober 2019 yang lalu, ternyata masih ditemukan hal-hal gres yang menjadi permasalahan / hambatan gres khususnya pada proses input data, validasi data, pemetaan data, sampai pada proses sinkronisasi / synch pada aplikasi Dapodikdas 2019 versi 2.0.3 yang tentunya perlu segera ditemukan solusi ataupun cara untuk mengatasi segala hal yang menjadikan performa aplikasi Dapodikdas 2019 kurang optimal ini menjadi sebuah aplikasi yang semaksimal mungkin.

Beberapa hal yang menjadi masalah-masalah / kendala-kendala gres pada versi 2.0.3 aplikasi Dapodikdas 2019 ini antaranya adanya peringatan “Contraint Failed”, adanya nama PTK maupun penerima bimbing berganda, penerima bimbing keluar tidak sanggup dikembalikan ke tabel penerima didik, dan lain sebagainya. Patch 2.0.3 ini terperinci diadakan untuk memperbaiki performa / progress kinerja software dari aplikasi pada versi 2.0.2 sebelumnya.

Namun sampai ketika ini (mengingat masih adanya fungsi aplikasi yang belum optimal tadi), maka sangat  diperlukan patch lanjutan (versi update / versi upgrade patch aplikasi) yang berkemungkinan besar disebut dengan “Patch v.2.0.4” (Patch aplikasi Dapodikdas 2019/2014 versi 2.0.4), yang diharapkan oleh semua pihak khususnya kita selaku OPS, seluruh pihak sekolah, dinas pendidikan kabupaten/kota maupun provinsi, tak terkecuali pula bagi tim pengembang aplikasi Dapodikdas 2019/2014 pada tingkat pusat, yang kemungkinan besar berharap patch yang akan tiba ini sanggup menjadi patch terakhir (versi aplikasi final serta sempurna).

Akan tetapi, adanya kesalahan pada hal-hal teknis yang tidak disengaja serta banyak sekali faktor tak terduga lainnya sanggup terjadi di kemudian hari, sehingga tidak menutup kemungkinan pula bila pada patch aplikasi Dapodikdas versi 2.0.4 nantinya masih diharapkan lagi patch versi 2.0.5 misalnya, demi mewujudkan aplikasi Dapodikdas 2003 yang berkualitas. Semoga saja tidak terjadi hal ini, dan marilah kita ikut mendo’akan, agar tim pengembang beserta programmer-programmernya segera mendapat formula yang jitu untuk menghasilkan patch aplikasi Dapodikdas 2019/2014 yang final (terakhir).

ARTI PATCH

Patch ( tambalan / komputasi ) yakni sebuah software yang dirancang untuk memperbaiki problem kasus yang ada pada sebuah aplikasi dengan memperbarui aktivitas komputer atau data pendukungnya. Ini termasuk memperbaiki / memperbaharui suatu aktivitas (aplikasi) dari segi keamanan (safety), bug (kesalahan, error, kekurangan, atau kegagalan yang terjadi pada sebuah aplikasi dalam sistem komputer) sehingga mengurangi performa aktivitas yang seharusnya), selain itu juga untuk meningkatkan kegunaan atau fungsi kinerja dari aplikasi tersebut .

Meskipun pada pada dasarnya patch dirancang untuk memperbaiki masalah, patch yang belum tepat kadang kala malah sanggup menjadikan problem gres (regresi software). Dalam beberapa kasus khusus update mungkin sengaja melanggar fungsi, misalnya, dengan menghapus komponen penyedia pembaruan yang tidak lagi dilisensikan atau menonaktifkan perangkat / akomodasi aplikasi itu sendiri.

Patch untuk perangkat lunak biasanya didistribusikan sebagai "file executable", bukan aba-aba sumber ( master installer aplikasi ). Jenis patch ini didesain dengan memodifikasi aktivitas executable-program. Patch juga sanggup didesain dengan memodifikasi aba-aba sumber. Jenis patch umumnya keluar dari "open source project".

Karena kata "patch" membawa konotasi “memperbaiki” hal-hal yang “kecil”, perbaikan besar sanggup memakai nomenklatur (penamaan objek) yang berbeda. Ada pula “patch besar atau patch yang secara signifikan mengubah aktivitas sanggup bersirkulasi sebagai "paket layanan" atau sebagai "pembaruan perangkat lunak (software)" secara signifikan, dalam arti, kapasitas patch lebih besar daripada kapasitas master aplikasinya teladan "patch besar" terjadi dengan adanya update / upgrade dari Microsoft Windows NT ==> Windows 2000 ==> Windows XP ==> Windows 7 ==> sampai windows 8, dan tentu istilahnya bukan hanya "patch" lagi, namun berkembang istilah menjadi "update / upgrade".

FUNGSI DAN KEGUNAAN PATCH VERSI TERBARU APLIKASI DAPODIKDAS 2019/2014

Setelah kita mulai memahami arti dari patch, maka patch aplikasi Dapodikdas yakni perangkat lunak software yang dirancang / didesain untuk memperbaharui (fungsi pembaruan) aplikasi Dapodikdas 2019 versi sebelumnya, tanpa sedikitpun merusak atau menghapus database (data-data terkait sekolah yang sudah kita input / entri sebelumnya), alasannya yakni patch aplikasi Dapodikdas yang versi berapapun ditujukan hanya untuk memperbaharui aplikasinya saja, mulai dari patch v. 2.0.0 ==> patch v. 2.0.1 ==> patch v. 2.0.2 ==> patch v. 2.0.0 ==> patch v. 2.0.3, otomatis sanggup disimpulkan bahwa, patch terbaru selalu mempunyai fungsi dan kegunaan untuk memperbaiki aplikasi yang telah dirun (install) sebelumnya (versi upgrade / update terdahulu).

Tak terkecuali pula pada patch aplikasi Dapodikdas 2019/2014 selanjutnya yang akan datang, otomatis didesain / dirancang untuk memperbaiki performa, fasilitas, fungsi, dan kegunaan yang lebih dari patch v.2.0.3 ini, yang sekaligus menjadi titik terang akan adanya solusi dalam mengatasi segala permasalahan-permasalahan terkait aplikasi Dapodikdas 2019/2014 yang sedang terjadi kini ini. Amin…

Demikian artikel singkat ini saya ulas menurut pengalaman pribadi, sebagian tumpuan ilmiah dari Wikipedia, the free encyclopedia. Semoga artikel saya wacana patch ini dapat bermanfaat positif bagi Rekan-rekan OPS pada khususnya, dan bermanfaat positif pula bagi seluruh pengunjung blog personal saya ini pada umumnya, terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

INFO PENTING...!!! 
Khusus wacana link download patch v. 2.0.4 silahkan dibaca dahulu pada artikel update blog ini di INFORMASI PENTING DARI TIM PENGEMBANG DAPODIKDAS 2019/2014 TINGKAT PUSAT TERKAIT LINK DOWNLOAD PATCH 2.0.4 YANG SEDANG "HOT" 


Posting Komentar untuk "Apa Arti Patch Aplikasi Dapodikdas 2019/2014 Terbaru Itu ? Apa Fungsi Dan Kegunaannya Patch Dalam Aplikasi Dapodikdas ?"