Bagaimana Cara Dan Solusi Mengatasi Contraint Failed Ketika Sinkronisasi / Synch Pada Aplikasi Dapodikdas 2019/2014 ?

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Semakin kompleks saja tantangan-tantangan yang harus dipecahkan oleh kita semua, khususnya tim pengembang aplikasi dapodikdas 2019/2014. 

Memang secara umum, dibandingkan dengan Dapodik 2019, secara teknis lebih gampang daripada aplikasi Dapodikdas 2019 kini ini. 

Walaupun demikian, sebagai OPS kita memang perlu terus mencari sumber isu yang sanggup diandalkan wacana penanganan pada aneka macam masalah-masalah yang ada dikala ini.


Masalah terbaru terkait aplikasi Dapodikdas 2019 ini salah satunya munculnya konfirmasi sesaat sehabis proses sinkronisasi pada aplikasi dapodikdas 2019/2014 dilakukan. Tentu tidak semua OPS yang mengalami problem “Contrain Failed”, namun tidak sedikit pula yang mengalaminya (padahal dalam validasi, invalidnya “0” dan aplikasi Dapodikdas yang dipakai untuk sinkronisasi telah diupgrade ke versi 2.0.3).

Secara bahasa “Contrain Failed” merupakan adanya suatu hambatan yang menjadikan sebuah proses tidak sanggup tuntas dilakukan (gagal), kalau flash back ke Dapodik 2019 mungkin diantara teman-teman OPS ada yang mengalami hal yang hampir sama dengan “Contrain Failed” ini, pada aplikasi Dapodik 2019 saya sendiri pernah menemui permasahan yang kurang lebih sama menyerupai ini, dikala itu, proses sinkronisasi data tidak ada dalam tab hidangan pada halaman utama, yang ada ialah “Kirim ke Server”.

Dan ketika saya lakukan proses “Kirim ke server” sehabis divalidasi invalid “0” serta telah diclean up, tak menyerupai biasanya, pengiriman data berhenti pada indikator angka 100 % saja, padahal untuk ketuntasan pengiriman data waktu itu harus hingga ada konfirmasi “Selesai”. Diulang pada hari yang berbeda, bahkan dengan koneksi internet yang optimal.

Hingga alhasil saya berspekulasi uninstall aktivitas aplikasi sehabis “Backup Local”, kemudian install aplikasi lagi, restore Db, dan harus memetakan ulang PTK serta Peserta Didik, 2 hari berikutnya, saya coba kembali “kirim ke server” dan alhamdulillah berhasil 100 % serta ada konfirmasi “Selesai”, tidak menyerupai yang sebelumnya, berhasil 100 %, namun konfirmasi “Selesai” tidak pernah muncul hingga saya cek di http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id memang data belum terkirim.

Begitu juga dengan konfirmasi “Contrain Failed” (adany hambatan yang menjadikan proses sinkronisasi gagal), insya Allah… bagi rekan-rekan OPS yang sedang mengalami hambatan ini akan segera mendapat solusinya, sebab permasalahan terkait “Contrain Failed” versi 2.3.0 ini ialah salah satu “PR” yang sedang dalam proses penanganan masalahnya oleh tim Pengembang Dapodikdas 2019 khususnya oleh programmer-programmernya.

Jika ada di antara rekan-rekan OPS yang telah mengetahui solusi wacana problem ini, silahkan dishare melaui blog ini, atau melalui Grup FB Info Pendataan Ditjen Dikdas. Insya Allah..., kalau saya sudah mendapat solusi wacana permasalahan adanya konfirmasi "Contrain Failed" sesaat sehabis proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodikdas 2019 dilakukan, akan segera saya share melalui blog personal saya ini juga.

Bagi rekan-rekan OPS semuanya. Untuk mendapat isu terupdate mengenai penanganan problem “Contrain Failed” ini nantinya, silahkan bergabung pada Grup Info Pendataan Ditjen Dikdas. Terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Dan Solusi Mengatasi Contraint Failed Ketika Sinkronisasi / Synch Pada Aplikasi Dapodikdas 2019/2014 ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel