Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batas Final Pengiriman Dapodikdas 2019 / 2014 Diperpanjang Lagi Atau Tidak ?

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Setelah memasuki ahad terakhir dari batas entry data yang telah dijadwalkan sebelumnya, namun ternyata hingga ketika ini masih terdapat banyak sekali permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini, beberapa hambatan terkait aplikasi Dapodikdas 2019/2014 yang saya simpulkan dari komentar-komentar pengunjung pada situs www.dadangjsn.blogspot.com di antaranya :

1.   Proses sinkronisasi belum sanggup dilakukan, padahal sudah tidak ada “invalid” pada validasi data.
2.      Proses pendaftaran aplikasi Dapodik 2019 belum sanggup dilakukan oleh OPS (Operator Pendataan Sekolah), dikarenakan :
a.      Kesalahan teknis yang terjadi ketika proses instalasi aplikasi, maupun penempatan prefill yang belum benar.
b.      Data prefilled / prefill memang belum sanggup digunakan, dan biasanya kapasitas / ukuran file prefilled ini sebesar 1 kb saja.
3.   Adanya beberapa kesulitan secara teknis dari beberapa OPS dalam proses entry data serta terdapatnya beberapa fungsi dalam aplikasi yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.
4.      Dan lain sebagainya.

Dari banyak sekali hambatan yang ada ketika kini ini, apabila deadline dalam proses entri data-data gres maupun pemetaan pada aplikasi Dapodik 2019/2014 benar-benar akan terjadi pada simpulan bulan ini (30 November 2019), maka dipastikan hanya beberapa sekolah saja yang akan terjaring dalam sistem pendataan update melalui aplikasi Dapodikdas 2019/2014 tahun ini.

Perpanjangan batas waktu simpulan pengiriman Dapodikdas 2019/2014 berkemungkinan akan ditetapkan, mengingat jumlah keseluruhan sekolah pada tingkat Pendidikan Dasar secara nasional baik dari tingkat SD, SMP, maupun Sekolah Luar Biasa pada jenjang pendidikan dasar ketika ini lebih dari 185.000 satuan pendidikan, dan jumlah sekolah yang status datanya sudah terkirim pada Direktori Simpul Pendataan Dapodik 2019 gres sekitar 5000 sekolah.

Oleh alasannya ialah itu, melalui artikel sederhana ini, saya eksklusif yang ketika ini kebetulan mendapat kiprah embel-embel sebagai OPS pada sekolah di mana saya bertugas sekaligus mewakili Rekan-rekan OPS lainnya yang ketika ini belum sanggup menginput data-datanya alasannya ialah beberapa hal di atas, tentu sangat berharap akan adanya kelonggaran waktu ataupun perpanjangan batas simpulan dalam penyelesaian pengerjaan aplikasi Dapodikdas 2019/2014 ini.  

Sebagai OPS biasa, saya mengajak kepada segenap OPS Dikdas di Indonesia untuk senantiasa bersabar, tanpa terpancing adanya upaya-upaya provokasi yang ditujukan untuk menyalahkan satu pihak saja, alasannya ialah sistem pendidikan ini tidak akan pernah berjalan baik tanpa adanya satu visi dan saling kolaborasi yang baik antara seluruh elemen pendataan Dikdas itu sendiri khususnya.

Terkait dengan perpanjangan waktu batas simpulan pengiriman Dapodikdas 2019, berikut saya share dari salah satu artikel di http://dapodikpenengahan.blogspot.com, yang bekerjasama dengan info terupdate seputar batas simpulan pengiriman aplikasi Dapodikdas 2019/2014 yang berkemungkinan besar akan diberikan batas waktu perpanjangan sesuai dengan pertimbangan, kebijaksanaan, serta kebijakan yang akan ada nantinya, Amiin… Berikut klarifikasi dan kesimpulan pentingnya :

MUDAH-MUDAHAN BISA MENGURANGI KEGALAUAN OPERATOR DAPODIKDAS

Kesimpulan dari paparan yang disampaikan oleh narasumber pada ketika sosialisasi Dapodikdas, Bapak Andien (Bagian P2TK Dikdas) dan Bapak Adam (Tim Pengembang Dapodikdas Pusat) :

1.     Semua Permasalahan yang terjadi pada Aplikasi Dapodikdas akan segera dicarikan solusi secepatnya seiring dengan akan dikeluarkannya Patch yang terbaru 2.0.4.

2.    Perihal data PD/PTK yang tidak masuk dalam Tabel Utama itu dikarenakan Sistem Sinkronisasi yang memang ada sebagian yang terkendala di server sehingga akan di berikan solusi di patch 2.0.4, dan tak perlu khawatir alasannya ialah data pun sudah tersimpan di data server/penampungan sementara dalam aplikasi.

3.     Perihal Deadline 30 November 2019 itu dikarenakan adanya tuntutan Pusat biar data di terima per 1 Desember 2019, namun Pihak Dapodik pun tidak yakin untuk itu min 90% terealisasi dikarenakan hingga ketika ini saja masih sekitar 2% data yang terkirim ke server pusat.

4.    Perihal Sinkronisasi yang banyak mengalami kesulitan, sanggup dikatakan Tugas Operator intinya hanya meliputi hingga data 0 Invalidnya (dengan versi 2.0.3 ) sehingga kalau nantinya keluar patch terbaru yaitu patch 2.0.4 dibutuhkan bisa meminimalisir problem yang ada pada ketika sinkronisasi. Meskipun pada ketika ini sudah banyak yang sanggup melaksanakan sinkronisasi dengan versi 2.0.3. (meski harus dengan cara merangkak dan terseret-seret)

5.     Sebisa mungkin bukan berarti kita sebagai Operator sanggup sedikit santai meskipun intinya deadline 30 November itu menjadi pola (tadi dikatakan yang penting data untuk semester I/II sudah beres sebelum 1 Februari 2014 ).

6.      Untuk Tunjangan Profesi yang belum turun juga Tahun Ajaran 2019/2019 (Triwulan 2-4) Sesegera mungkin diurus sebelum tanggal 1 Desember 2019, kalau lewat dari itu maka Uang yang seharusnya dibayarkan untuk Tunjangan Profesi akan dikembalikan ke kas Negara lagi.

7.    Apabila ada Operator yang sudah mendapat patch versi 2.0.4 RC, jangan dulu dipergunakan alasannya ialah sanggup mengacaukan data anda yang ada pada aplikasi. Patch 2.0.4 secara resmi akan di luncurkan melalui : infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id

Kurang dan lebihnya itu yang sanggup disampaikan. Bila ada kata serta pemahaman dari kalimat-kalimat di atas yang kurang dimengerti mohon dimaafkan. Sekedar Share hasil Sosialisasi Dapodikdas

Referensi sebagian artikel  :
Team Cyber Dapodik Kec. Penengahan Kab. Lampung Selatan

Info terbaru update 19 Desember 2019 : Batas simpulan pengiriman entry data Dapodikdas 2019 diperpanjang kembali hingga pertengahan bulan Februari 2014. Artikel selengkapnya, silahkan klik di sini... Terimakasih...

Posting Komentar untuk "Batas Final Pengiriman Dapodikdas 2019 / 2014 Diperpanjang Lagi Atau Tidak ?"