Cara Gampang Menyelamatkan Data Dan Amankan Database Aplikasi Dapodikdas 2019/2014 Dengan Copy Prefill (Prefilled)

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia...

Selamat berjumpa lagi kawan-kawan OPS semua dengan artikel update di blog personal www.salamedukasi.com pada momen penting dalam rangkaian proses pengembangan administrasi pendidikan tingkat sekolah dasar (SD – SMP, ataupun yang sederajat) untuk mewujudkan satu data yang berkualitas melalui aplikasi Dapodikdas 2019/2014 kali ini.

Sebagian besar dari kita, telah melewati beberapa proses yang terbilang tidak mudah, yaitu mulai dari instalasi aplikasi, memperbaiki data-data sekolah bawaan prefill (database Dapodikdas 2019/2014) daftar “Validasi” yang masih dinyatakan “invalid”, kemudian proses input data-data terkait sekolah, penerima didik, sampai data-data dari seluruh PTK pada sekolah kita, proses pemetaan data-data, dan selanjutnya adanya masalah-masalah terkait proses sinkronisasi yang untuk sementara ini masih belum ada solusi yang niscaya (kecuali menunggu patch versi terbaru setelah v.2.0.3) yang sedang kita gunakan sekarang.

Namun melalui artikel ini pula, aku langsung ikut berempati pada sebagian Rekan-rekan OPS, yang kebetulan sampai dikala ini belum mendapat kembali prefill / arahan pendaftaran sekolahnya ke dalam aplikasi Dapodikdas 2019 yang lebih banyak didominasi disebabkan adanya prefilled / arahan registrasi yang ditelah diterima sekolah sebelumnya ternyata belum sanggup dipakai untuk pendaftaran pada aplikasi Dapodikdas 2019/2014.

Oleh karenanya, tentu rekan-rekan OPS harus sabar menunggu untuk beberapa waktu sampai mendapat prefill terbarunya yang dikala ini sedang "ditangani" oleh Tim Pengembang Aplikasi Dapodikdas 2019/2014 di tingkat pusat.

Semoga saja prefilled / arahan pendaftaran gres yang akan didapat sekolah nantinya yang diperoleh melalui instansi induk yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat tersebut benar-benar sanggup dipakai untuk pendaftaran pada aplikasi Dapodikdas 2019 dan untuk selanjutnya sanggup segera input data-data serta memetakan aneka macam hal yang berkaitan dengan penerima ajar maupun PTK-nya, mengingat deadline/batas final pada tanggal 30 November 2019 yang tinggal sekitar 22 hari lagi ke depan.

Kemudian juga bagi rekan-rekan OPS yang kebetulan belum berhasil backup lokal database dari aplikasi Dapodikdas 2019 dengan tips backup lokal database aplikasi Dapodikdas 2019/2014 yang juga telah aku publikasikan juga pada blog ini sebelumnya. Berikut aku share bagaimana alternatif lain yang lebih gampang proses backup database aplikasi Dapodikdas 2019/2014 pada versi 2.0.3. Sebelum pembahasan lebih lanjut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu khusus pada data prefill / prefilled sebelum aplikasi Dapodikdas 2.0.3 ini, untuk ukuran/kapasitas prefill (-------.prf) sebelumnya tetap, walaupun telah ada entri data-data gres yang telah kita entri serta telah tersimpan dalam aplikasi.

Berbeda halnya dengan aplikasi Dapodikdas v.2.0.3 ini, pada setiap perubahan baru, kapasitas dari prefillnya berubah. Oleh lantaran pentingnya hal ini, aku share pengalaman bahwa untuk backup data pada dikala ini cukup dengan copy paste prefill (pada folder “prefill_dapodik” di drive “C”) pada komputer/laptopnya yang gres (pada folder “prefill_dapodik” di drive “C”).

Selanjutnya, silahkan kembali install aplikasi Dapodikdas v.2.0.3 dengan seluruh isian yang sama mulai dariUsername/email, Password, Nama Operator, dan seterusnya dengan data-data registrasi pada dikala pertama kali kita telah berhasil pendaftaran dan Login pada aplikasi yang sudah berhasil menyimpan entri-entri gres yang telah kita input/masukkan sebelumnya. Semoga bermanfaat dan berhasil… Amin… Salam satu data berkualitas...!

Belum ada Komentar untuk "Cara Gampang Menyelamatkan Data Dan Amankan Database Aplikasi Dapodikdas 2019/2014 Dengan Copy Prefill (Prefilled)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel