Cara Instalasi Dan Pendaftaran Aplikasi Dapodikdas 2019 Terbaru

1.    Langkah – Langkah Installasi Aplikasi Dapodikdas
Untuk melaksanakan instalasi jalankan kegiatan yang ada di CD/DVD atau dari lokasi lain. Setelah itu aplikasi akan berjalan dan akan ditayangkan jendela berikut ini.

Anda sangat disarankan untuk menutup kegiatan lainnya sebelum memulai proses instalasi. Hal ini diharapkan semoga berkas yang terkait sanggup diperbarui tanpa harus booting ulang Komputer Anda.
Tekan tombol [Lanjut >] untuk melanjutkan atau tombol [Batal] untuk membatalkan instalasi.
Jika Anda menentukan batalkan maka akan dikonformasi proses penghapusan intalasi, tekan tombol [Yes] untuk membatalkan instalasi, tombol [No] untuk melanjutkan instalasi.

Jika Anda melanjutkan proses instalasi, maka akan ditampilkan kepingan pemilihan port. Pada pemilihan port ini, Httpd Port dan Postgres Port akan terisi otomatis. Untuk mengecek kembali portnya, klik tombol [Check Port] agar port tidak bentrok.

Setelah tanggapan dalam menentukan port, sesudah Anda klik [Lanjut >] maka akan tampil form persetujuan ibarat pada gambar berikut :

Bacalah dengan seksama sebelum menginstall atau memakai perangkat lunak ini. Setelah Anda baca dengan seksama dan Anda menyetujui tekan tombol [Saya Setuju…] yang berarti Anda oke dengan ketentuan yang dituliskan dalam lisensi tersebut kemudian klik [Lanjut >]. Atau tekan tombol [Batalkan] jika Anda tidak setuju.

Setelah proses penginstallan selesai, klik [Lanjut >] dan tunggu hingga proses Konfigurasi Server Dapodikdas selesai.

Tunggu hingga indikator proses ekstrasi selesai, sesudah itu tekan tombol [Selesai] untuk menutup kegiatan instalasi. PENTING: PASTIKAN PENGATURAN WAKTU DAN TIMEZONE KOMPUTER ANDA AKURAT!

2.    Setting Waktu Lokal / Komputer
Seperti yang disampaikan pada ketika instalasi, perlu dipastikan bahwa waktu dan timezone komputer Anda akurat. Hal ini penting untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar.
Untuk memastikannya lakukan langkah-langkah sebagai berikut. Buka hidangan [Start]->[Control Panel], kemudian pilih pengaturan “Date and Time” ibarat gambar di bawah ini.

Atau klik dua kali pada jam yang ada pada indikator jam komputer yang ada pada kepingan kanan bawah layar.

Pilih tab “Date & Time” dan atur tanggal dan jam sesuai dengan kondisi ketika ini. Klik dua kali pada Indikator jam komputer.

Untuk zona waktu, pilih GMT +07.00 untuk WIB, GMT +08.00 untuk WITA, dan GMT +09.00 untuk WIT.

Agar waktu anda selalu akurat, centang pilihan “Automatically synchronize with an Internet time server”.

Adakalanya waktu komputer berubah sebab banyak sekali kondisi, contohnya baterai BIOS lemah sehingga waktu komputer menjadi tidak sesuai. Untuk itu Anda dipastikan selalu menilik keakuratan waktu computer. Pengaturan waktu sangat penting, sebab server pendataan lokal akan melaksanakan sinkronisasi data dengan server database pusat. Setelah pengaturan waktu selesai, Anda siap untuk menjalankan aplikasi.

3.    Kode Registrasi/ Aktivasi Dapodikdas
Kode pendaftaran yakni “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode pendaftaran akan dibagikan oleh KK-DATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda memakai isyarat pendaftaran sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu isyarat ini pada pihak yang tidak berkepentingan. Kode Registrasi dipakai pada ketika pendaftaran awal di aplikasi (aktivasi).

4.    Username & Password Dapodikdas
Username/email yang diisi pada ketika pendaftaran harus aktif dan tidak fiktif sebab email tersebut dipakai untuk konfirmasi, pmeberitahuan-pemberitahuan kalau ada permasalahan, dll. Password yang diisi yakni password sesuai dengan yang diinginkan pengguna, dipakai pada ketika pengguna akan login ke dalam Aplikasi.

5.    Data Prefilled Dapodikdas
Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah per tanggal 1 Juli 2019, kemudian data tersebut akan di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang gres sekolah hanya tinggal mengentri data siswa baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi di aplikasi versi 13.01.

6.    Menjalankan Aplikasi Dapodikdas
Aplikasi pendataan 2019 yakni aplikasi berbasis web, untuk itu diharapkan server untuk menjalankan aplikasi web ini dan web browser untuk mengoperasikan aplikasi. Pastikan komputer Anda telah terinstall dengan web browser terbaru, sebab web browser versi usang tidak sanggup mendukung/menjalankan aplikasi ini. Disarankan untuk memakai Google Chrome atau Firefox.

Menjalankan Aplikasi Pendataan 2019
Setelah server pendataan lokal berjalan, otomatis akan dijalankan browser internet dan membuka halaman awal aplikasi pendataan sepert gambar berikut ini.

Pada ketika pertama kali instalasi belum ada data sekolah yang tersimpan pada database lokal. Untuk itu perlu dilakukan proses pendaftaran sekolah dengan cara menekan tombol [Registrasi]. Jika data sekolah sudah ada, sanggup masuk ke dalam aplikasi dengan mengisi email dan password sesudah itu menekan tombol [Login].
Untuk proses registasi akan dimunculkan formulir dengan isian sebagai berikut:
ü   Nama Lengkap
ü   User name/email (pastikan email tersebut aktif dan tidak fiktif sebab akan ada konfirmasi)
ü   Password
ü   Konfirmasi Password
ü   Nomor Handphone
ü   Nomor Telepon
ü   Yahoo Messenger
ü   Skype
ü   Kode registrasi

PENTING: Kode pendaftaran yakni “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode pendaftaran akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda memakai isyarat pendaftaran sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu isyarat ini pada pihak yang tidak berkepentingan.

Tunggu hingga proses pendaftaran selesai, sesudah itu Anda sanggup login ke dalam aplikasi sesuai dengan informasi yang diisikan pada registrasi. Isi login dan password, kalau benar akan muncul konfirmasi login berhasil, klik tombol [OK].

Setelah proses login berhasil kemudian akan ditampilkan beranda aplikasi pendataan ibarat gambar berikut ini.

Aplikasi pendataan terdiri dari beberapa halaman yaitu:
ü   Beranda
ü   Sekolah
ü   Peserta Didik
ü   PTK
ü   Prasarana
ü   Rombongan Belajar

Untuk menilik data tekan tombol [validasi]. Untuk mensinkronkan data dengan server database utama tekan tombol [Sinkronisasi]. Proses utk Tab/Halaman Aplikasi Validasi & Sinkronisasi Portlet/Jendela Aplikasi

Ada beberapa data yang tidak sanggup diubah, ibarat nama sekolah, NSS, dan NSPN. Untuk mengubah data ini perlu menghubungi helpdesk pendataan dikdas untuk diubah dari pusat.
Petunjuk penggunaan aplikasi yang lebih rinci sanggup dibaca pada manual penggunaan aplikasi.

Menghentikan Aplikasi Pendataan 2019
Setelah anda tanggapan memakai aplikasi pendataan 2019, klik tombol pada kepingan identitas sekolah, kemudian tutup browser Anda.

7.    Uninstall Aplikasi Dapodikdas
PERINGATAN: Proses uninstall akan menghapus kegiatan pendataan dan databasenya. Pastikan Anda telah melaksanakan sinkronisasi data. Sebelum uninstall pastikan aplikasi pendataan sudah dihentikan. Untuk uninstall aplikasi pendataan, klik Start -> Control Panel -> Uninstall a Program, kemudian pilih Dapodikdas, dan pilih [Uninstall] hingga muncul jendela ibarat pada gambar.

Tekan Tombol [Yes] untuk meneruskan uninstall atau [No] untuk membatalkan uninstall.

Tunggu hingga proses deinstalasi tanggapan hingga muncul jendela sebagai berikut.
Proses uninstall selesai.


Sumber utama :
Manual Sistem dan Aplikasi Pendataan Data Pokok Pendidikan-Dikdas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019 - http://118.98.166.59

Belum ada Komentar untuk "Cara Instalasi Dan Pendaftaran Aplikasi Dapodikdas 2019 Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel