Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Kesulitan Mencar Ilmu Akseptor Didik

Cara Menentukan Kesulitan Belajar Peserta Didik atau Siswa SD/SMP/SMA- Ada banyak sekali cara yang sanggup dilakukan untuk memilih kesulitan mencar ilmu penerima didik, namun hal yang utama yaitu mengidentifikasi gejala-gejala kesulitan mencar ilmu yang timbul.

Menurut konsep mastery learning, kegagalan mencar ilmu didefinisikan sebagai berikut;  Anak dinyatakan gagal belajarnya jika:
1. Dalam kurun waktu tertentu yang ditetapkan oleh guru, penerima didik tidak sanggup mencapai ukuran keberhasilan tingkat penguasaan ( mastery level ) minimal dalam pelajaran tertentu. Misalnya KKM mata pelajaran Matematika yakni 72, tetapi anak hanya mendapat nilai yang kurang dari 72.
2. Prestasi belajarnya jauh di bawah potensi yang diperkirakan
3. Peserta didik tidak sanggup mencapai tugas-tugas perkembangan, yaitu tidak menawarkan contoh tingkah laris yang sesuai dengan usia atau tingkat perkembangan anak SD/SMP/SMA.
4. Peserta didik tidak menguasai pengetahuan prasyarat untuk sanggup mempelajari pengetahuan berikutnya.
Cara Menentukan Kesulitan Belajar Peserta Didik atau Siswa SD Cara Menentukan Kesulitan Belajar Peserta Didik
Empat patokan atau kriteria yang dipakai untuk menyatakan anak SD/SMP/SMA mengalami kesulitan mencar ilmu atau tidak mencakup empat kriteria , yaitu:
  • tujuan pendidikan atau pembelajaran yang ditetapkan
  • kedudukan anak di dalam kelompoknya
  • perbandingan antara potensi dan prestasi
  • kepribadian
Berdasarkan konsep yang diturunkan dari konsep mastery learning tersebut, selanjutnyan Abin Syamsuddin ( 1992 ) merangkum pendapat para jago wacana gejala-gejala seoarang anak mengalami kesulitan belajar, yaitu :
  • nilai hasil mencar ilmu di bawah nilai rata-rata kelas atau kelompok
  • nilai hasilbelajar tidak sesuai dengan nilai-nilai di kelas sebelumnya
  • nilai hasil mencar ilmu tidak sesuai dengan potensi yang dimilikinya
  • lambat dalam mengerjakan tugas-tugas belajara di kelas
  • menunjukkan perilaku - perilaku yang kurang wajar 
  • menunjukkan tingkah  laris yang berkelainan
  • menunjukkan emosional yang kurang wajar, menyerupai sering marah, pemurung, sedih, dan sebagainya
 Demikian wacana Cara Menentukan Kesulitan Belajar Peserta Didik. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Kesulitan Mencar Ilmu Akseptor Didik"