Cara Mengatasi Invalid Yang Tetap Tidak Berkurang / Tidak Berubah Pada Validasi Dapodikdas 2019/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia... Di sela-sela kesibukan saya dalam menginput data-data terkait sekolah ke dalam aplikasi Dapodikdas 2019 ini, saya akan sempatkan untuk berbagi/share pengalaman kurang menyenangkan (jelasnya, saya itu kurang pengalaman, hehehe…), mungkin di antara teman-teman OPS ada yang mengalami insiden menyerupai yang saya alami, yakni data invalid tidak berkurang (tidak berubah), padahal pada cuilan yang dinyatakan “invalid” pada halaman “Validasi” aplikasi Dapodikdas 2019/2014 tersebut sudah diinput atau diedit dengan seoptimal mungkin. 

Oleh lantaran itulah saya tergugah untuk menulis artikel singkat mengenai tips/solusi bagaimana mengatasi “invalid” yang tidak berkurang ini.


Oke eksklusif saja, huruf penyimpanan dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014 pada setiap bagian-bagiannya berbeda-beda, misalnya sistem penyimpanan satu kolom isian eksklusif di “Save” (simpan), misalnya : edit PTK, dan ada pula yang huruf penyimpanannya dalam satu baris sekaligus (setelah seluruh kolom isian sudah terisi, gres sanggup disimpan), misalnya pada “Tambah Rombel”). Tentu hal ini sifatnya tidak mutlak bukan? Mungkin sebagian besar teman-teman OPS tidak mengalami menyerupai apa yang telah saya alami ini bukan…? Kembali lagi, saya ialah OPS yang kurang pengalaman, namun tetap mau untuk terus mencar ilmu kok.

Waktu saya mengalami insiden ini (invalid tetap tidak berkurang atau tidak berubah) sesudah divalidasi pada halaman beranda aplikasi Dapodikdas 2019/2014, dikala itu salah satu PTK yang telah saya input seluruh data-datanya pada aplikasi Dapodikdas 2019/2014 dan tentu saja telah saya simpan / “Save”, namun kembali dan kembali lagi di validasi tetap dinyatakan invalid pada kolom TMT dan SK CPNS, dan di sinilah saya bolak-balik cek ke halaman edit PTK yang bersangkutan (PTK yang sudah aktif tentunya), ternyata memang sudah terisi semua, dan karenanya saya jadi bingung. 

Sempat browsing ke sana kemari, namun belum juga ketemu dengan solusi, selanjutnya dengan penuh spekulasi, saya klik “logout”, klik “login lagi”, klik “PTK”, klik pilih salah satu PTK, klik “Ubah”, eksklusif saya input ulang “SK CPNS” – kemudian klik “SAVE”, input ulang “TMT CPNS” – kemudian klik “SAVE”, input ulang “TMT PNS” – lalu klik “SAVE” lagi.

Kemudian saya cek lagi pada halaman utama aplikasi Dapodikdas 2019/2014, dan ternyata dalam data invalidnya “PTK bersangkutan telah valid (tidak ada lagi keterangan invalid PTK tersebut), alhamdulillah.

Jadi intinya, apabila di antara teman-teman OPS ada yang mengalami insiden menyerupai ini, salah satu solusinya ialah dalam setiap input data khususnya PTK dan Peserta Didik diinput satu demi satu dengan di klik “Simpan” / “Save” pada setiap kolom isiannya (setelah isi satu kolom isian, klik “Save” / “Simpan”, begitu seterusnya), tentu saja ini perlakuan ini hanya untuk beberapa data “PTK” ataupun “Peserta Didik” yang ada dalam daftar “Invalid” sesudah “divalidasikan”. Berikut saya share juga gosip terupdate wacana cara mengatasi data berganda ataupun invalid pada PTK yang tetap muncul pada sajian validasi, menyerupai pada artikel berikut :
CARA / SOLUSI MENGATASI VALIDASI PTK YANG TETAP MUNCUL INVALID, PADAHAL DI TABEL UTAMA PTK TERSEBUT SUDAH DIEDIT SEMPURNA (SUDAH TIDAK ADA PTK)

Berhubung pada hari ini masih ada beberapa Rekan OPS di kawasan saya yang masih mengalami permasalahan terkait adanya invalid yang tetap muncul di tombol validasi aplikasi Dapodikdas 2019. Padahal dirasa telah diedit keseluruhan data PTK-PTK yang ada di tabel utama PTK. Tutorial singkat ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan dari Rekan OPS melalui komentar pada blog personal saya ini.

PTK yang tetap muncul pada sajian validasi (PTK invalid) disebabkan memang sesungguhnya data PTK tersebut masih ada pada tabel utama PTK, namun dikarenakan pada v.2.0.6 berdasarkan pemahaman saya telah ditambahkan beberapa fitur yang tentunya lebih baik daripada versi-versi sebelumnya. Apabila Rekan sudah merasa edit seluruh PTK yang ada pada tabel utama, ini sama sekali tidak akan mengurangi jumlah invalid PTK tersebut.

Yang tentu menjadi pertanyaan adalah, di mana PTK yang invalid itu ada, sehingga tidak sanggup diedit / diperbaiki lantaran data PTK yang invalid tersebut tidak ada dalam tabel utama. Sebagian yang lain pun mengalami data PTK yang berganda, padahal pada tabel utama PTK tersebut hanya 1 (satu) dan tentunya sudah dengan status valid (hijau) bukannya invalid (merah).

Oke…, eksklusif saja ke pokok pembahasan. Sebenarnya PTK yang invalid pada dikala divalidasi tersebut masih ada, dan inilah cara memunculkan data PTK yang invalid yang disebabkan adanya PTK yang belum diedit secara tepat ataupun adanya beberapa PTK yang datanya ganda lantaran memang tidak muncul pada tab utama PTK aplikasi Dapodikdas 2014. Dan pertanyaan selanjutnya tentu, bagaimana cara memunculkan data PTK yang muncul pada validasi dengan keterangan invalid sehingga data-data invalid yang berafiliasi dengan PTK tersebut sanggup kita edit dari tab utama PTK.

Berikut cara singkatnya untuk memunculkan kembali data PTK tersebut sehingga sanggup kembali diedit untuk menghilangkan invalid-nya :

1.   Klik pada tab “PTK


2.   Klik lebih dari 1 x dengan tempo sekitar 3 detik pada tombol “Tampilkan Penugasan PTK yang Kosong”.

3. Setelah seluruh daftar PTK-PTK dengan “stsmerah muncul, selanjutnya pilih PTK yang akan diedit / diperbaiki data-datanya, atau dihapus saja eksklusif apabila data PTK ganda (lebih dari 1).

4.   Selesai, silahkan cek kembali pada tombol "Validasi".

Demikian tips singkat mengenai cara mengatasi problem invalid khususnya pada data PTK pada aplikasi Dapodikdas 2019. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas..!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Invalid Yang Tetap Tidak Berkurang / Tidak Berubah Pada Validasi Dapodikdas 2019/2014"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel