Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Penugasan Ptk, Keaktifan Ptk, Dan Isian Untuk Ptk Keluar Pada Aplikasi Dapodikdas 2019/2014

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia...

Seluruh data pokok pendidikan dasar (Dapodikdas) yang berkaitan dengan PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014 harus diinputkan dengan benar dan saling sinkron antara bab satu dengan bab yang lainnya

Hal ini patut diperhatikan, alasannya ialah nantinya akan mempengaruhi valid maupun invalidnya data-data terkait PTK bersangkutan, yang pada akibatnya akan semakin merepotkan kita sendiri selaku OPS, jikalau data ini invalid tentunya.

Oleh alasannya ialah itulah, dalam kesempatan ini, saya kembali akan share isu penting wacana pengisian / input data PTK khususnya dalam tabel “Penugasan PTK” pada aplikasi Dapodikdas 2019/2014 ini :

1.      Di bab “Penugasan”, Nomor surat tugas, Tanggal  surat tugas, serta TMT tugas diisi menurut SK Tugas / SK Penempatan yang pertama kali diterima PTK untuk bertugas di sekolah tersebut, dengan ketentuan :
-        Bagi PTK Non PNS menurut SK Kepala Sekolah, Ketua Yayasan, atau SK Komite Sekolah.
-         Bagi PTK PNS menurut SK CPNS.
-         Bagi PTK Mutasi, menurut SK Mutasi.
2.      Pada bab “Keaktifan PTK”, dengan dichecklist (√) sampai pada bulan keaktifan PTK (bulan yang sama pada dikala aplikasi Dapodikdas disinkronisasikan dengan server).
Contoh "kasus" (apabila proses input data atau proses sinkronisasi aplikasi Dapodikdas dilakukan pada bulan November 2019) :
-        PTK masih aktif hingga dikala ini, dan aktif semenjak tahun pelajaran sebelumnya, maka bulan yang dichecklist (√)  adalah pada bulan Juli, Agustus, September, dan November.
-        PTK masih aktif hingga dikala ini, dan mulai aktif bulan Agustus 2019 hingga sekarang, maka bulan yang dichecklist (√) ialah pada bulan Agustus, September, dan November.
-     PTK aktif pada tahun pelajaran sebelumnya, namun telah “keluar” pada bulan Oktober 2019, maka yang di dichecklist (√) yakni pada bulan Juli, Agustus, dan September.
-         PTK tidak aktif mulai tahun pelajaran 2019/2014, maka tidak ada pilihan bulan yang dichecklist (√).
3.      Khusus pada bab terbawah dalam tabel ini diisi hanya untuk PTK yang sudah keluar saja (sudah tidak aktif lagi dikala proses input data / sinkronisasi dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014 dilakukan) dan sesudah melalui proses ini, maka PTK yang bersangkutan akan hilang dari tabel utama PTK dan berpindah ke tabel “PTK Keluar”. Pada bab “Diisi Saat Sudah Keluar” ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
-           Bagi “PTK Keluar” isian pada bab “Penugasan” tetap diisikan.
-     Pada bab “Keaktifan PTK” diubahsuaikan dengan bulan terakhir keaktifan PTK, apabila pada tahun pelajaran 2019/2014 (lihat pada pola "kasus" ketentuan mengenai “Keaktifan PTK” pada no. 2 di atas).
-    Pilih salah satu alasan "PTK Keluar" yang terdiri dari Mutasi, Dikeluarkan, Mengundurkan diri, Wafat, Hilang, Alih Fungsi, Pensiun, dan Lainnya.
-          dan pada bab terakhir diisi tanggal, bulan, tahun “PTK Keluar”.

  
Demikian artikel singkat saya yang membahas wacana pengisian yang benar pada tabel “Penugasan PTK” dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014 yang saya share melalui blog personal saya di www.dadangjsn.blogspot.com, biar bermanfaat bagi Rekan-rekan OPS semuanya. Terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Posting Komentar untuk "Cara Mengisi Penugasan Ptk, Keaktifan Ptk, Dan Isian Untuk Ptk Keluar Pada Aplikasi Dapodikdas 2019/2014"