Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara / Solusi Mengatasi Aplikasi Telah Expired Dapodikdas 2019 Dengan Membersihkan Data Browser

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Setelah komputer/laptop telah diatur/setting waktu lokalnya, aplikasi Dapodikdas telah terinstall dengan versi 2.0.3 secara sempurna, prefill yang benar telah ada di drive “C”, upgrade / patch versi 2.0.3 yang terbarupun telah berhasil terinstall, spesifikasi komputer/laptop juga tidak masalah, browsernya pun juga support, F5 / refresh / reload tak terhitung lagi, lagi, dan seterusnya, tetapi tetap aja ada peringatan “Aplikasi telah expired”. 

Oke teman-teman. Ini ada solusinya, yakni dengan cara dibersihkan dahulu seluruh data browser khususnya data browser pada hosting yang dipakai untuk menjalankan aplikasi Dapodikdas 2019.


Untuk mengoptimalkan fungsi dari browser sebagai media utama dalam menjelajahi dunia maya , sehingga dipastikan dalam jangka waktu pemakaian yang usang semakin banyak pula “tumpukan” data-data yang tersimpan dalam browser, baik dari data-data history (riwayat penjelajahan), link download (unduhan), atau bahkan software-software, cookie, ataupun cache tertentu yang pada jadinya akan sanggup mengganggu kinerja google chrome itu sendiri.

Kebetulan saya dikala ini selaku OPS memakai browser Google Chrome sebagai browser hosting aplikasi Dapodikdas 2019, siapa tahu ada rekan-rekan yang memerlukan gosip terkait cara membersihkan data browser Google Chrome. Hal ini tentu untuk lebih meningkatkan optimalisasi dari fungsi browser itu sendiri, terlebih untuk menjalankan aplikasi Dapodikdas 2019 kali ini:

Berikut tutorial lengkap mengenai cara membersihkan data browser Google Chrome untuk mengoptimalkan fungsi browser dalam menjalankan aplikasi Dapodikdas 2019 :

1.      Klik pada bab kanan atas, ikon customize and control google chrome.

2.      Pilih setting,
3.      Kemudian terus turunkan ke halaman paling bawah hingga pada ikon “Show advanced settings”.

4.      Klik “Clear Browsing Data (1)”,


5.      Setelah muncul “Obliterate the following items from), pilih “the beginning of time), dan centang / checklist (2) item Clear browsing history, Clear download history, Delete cookies and other site and plug-in data, Empty the cache, Clear data from hosted apps.
6.      Selanjutnya, klik “Clear Browsing Data” (3).
7.      Lihat pada seluruh data-data yang telah dicentang tadi sudah higienis semua, berikut rujukan hasil dari proses pencucian browsing pada history (riwayat) yang sudah kosong.


8.      Selesai, dan login kembali, supaya berhasil, terimakasih…

INFO UPDATE 31 MARET 2014 :

SOLUSI DAN CARA UBAH / EDIT DATA NAMA DAN TEMPAT TANGGAL LAHIR PESERTA DIDIK / PTK APLIKASI DAPODIKDAS 2019-2014 V.2.0.6 YANG SUDAH EXPIRED

Sahabat… Berhubung adanya penguncian pada versi aplikasi Dapodikdas v.2.0.7 terhadap perubahan nama, tempat, dan tanggal lahir dari Peserta Didik maupun PTK yang sudah kita inputkan pada aplikasi Dapodikdas 2019 versi 2.0.6 (bertujuan untuk menjaga konsistensi data-data pada aplikasi Dapodikdas 2014), maka pada v.2.0.6 aplikasi Dapodikdas 2019 ini, data-data terkait hal-hal tersebut harus benar-benar kita pastikan akurasi data-datanya.

Oleh alasannya yaitu itu, apabila kita temukan kesalahan penulisan nama maupun kawasan tanggal lahir, maka kita harus membetulkan/memperbaiki data-data yang sekiranya masih belum benar (tidak sesuai dengan dokumen legal) baik dari sertifikat kelahiran, KK, ijazah, ataupun dokumen-dokumen lain yang tersedia tentunya dengan memakai aplikasi Dapodikdas v.2.0.6.

Sehubungan dengan itu, berikut saya share solusi edit data PTK atau PD yang sudah terkunci pada versi v.2.0.6 yang telah expired :


1.   Putuskan koneksi internet pada komputer PC / laptop.
2.   Log out dari aplikasi Dapodikdas 2019.
3.   Ubah pengaturan tanggal default pada komputer ke tanggal sebelumnya (misal, kini tanggal 31 Maret 2014, ganti ke tanggal 3 Maret, untuk jam tetap).
4.   Login ke aplikasi kembali.
5.   Setelah berhasil edit data offline (tanpa terkoneksi dengan internet) hingga perbaikan data nama maupun kawasan tanggal lahir dari PD / PTK selesai dilakukan.


6.   Setelah selesai ubah kembali tanggal yang telah dimundurkan tersebut ke tanggal kini (saat ini).
7.   Selesai, dan koneksi internet sanggup dilakukan kembali.

Bila masih expired, maka perlu diuninstall aplikasi, install ulang aplikasi v.2.0.6, kemudian restore database sebelumnya (bukan dari database aktif yang dipakai untuk aplikasi expired tadi, melainkan dari database yang sudah kita restore sebelumnya), kemudian ulangi dari langkah-langkah di atas. Demikian tips singkat ini, supaya bermanfaat, terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Posting Komentar untuk "Cara / Solusi Mengatasi Aplikasi Telah Expired Dapodikdas 2019 Dengan Membersihkan Data Browser"