Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Do'a Sebelum Dan Sehabis Berguru Bagi Siswa-Siswi Muslim/Muslimah

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Dalam mengawali acara belajar-mengajar di kelas, do’a merupakan sebuah acara utama dan pertama yang harus dibiasakan oleh guru, terlebih lagi pada setiap siswa-siswi kita, baik yang beragama Islam maupun yang non-Islam. 

Selain do’a sebelum belajar, do’a setelah berguru juga tak kalah pentingnya dipanjatkan dalam mengungkapkan puji syukur kehadirat Allah SWT sekaligus memohon keberkahan atas segala acara berguru oleh guru maupun penerima didik serta  memohon dianugerahi oleh Allah SWT pemahaman pada semua pelajaran yang telah diterima siswa-siswi dari pagi sampai siang hari (waktu menjelang pulang) tersebut. 

Bila ada di antara siswa-siswi di kelas kita itu ada anak yang beragama non-muslim, tetap dipersilahkan untuk berdo’a namun dengan bahasa maupun lafadz do’a menurut agama dan kepercayaannya.

Berdasarkan tuntunan agama Islam, do’a yakni pada dasarnya ibadah, sesuai dengan riwayat dari Anas bin Malik bahwa Rosulullah Muhammad SAW bersabda:
الدُّعَاءُ مُخُّ الْعِبَادَةِ
Artinya : “Doa yakni inti ibadah“.

Pentingnya do’a selain sebagai ibadah dalam rangka berdzikir sekaligus bermunajat kepada Allah SWT, do’a sanggup juga menjadi autosugesti bagi setiap siswa-siswi kita untuk berguru dengan lebih sungguh-sungguh tentunya dalam hal-hal yang diridloi-Nya, dan insya Allah segala acara belajar-mengajar pada hari itu dan seterusnya dinilai Allah SWT sebagai amal kebaikan yakni digolongkan dalam umat penuntut ilmu yang selalu berdzikir kepada-Nya. Amin…

Berikut lafadz do’a sebelum dan setelah berguru bagi siswa-siswi yang beragama Islam:

Do’a Sebelum Belajar :

 رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ 
Rabbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shaalihiin.
Artinya    :    “Ya Allah… Tambahkanlah saya ilmu, dan berilah saya karunia untuk sanggup memahaminya, dan jadikanlah saya termasuk golongannya orang-orang yang shaleh.”

Do’a Setelah Belajar :

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ 
Allahumma Arinal Haqqa  Haqqan Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinalbaathila Baa-Thilan Warzuqnajtinaabahu.    
Artinya    :  “Ya Allah…, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami sanggup mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami sanggup menjauhinya.”

Demikian bacaan do'a sebelum dan setelah berguru bagi siswa-siswi Muslim/Muslimah. 

Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!

Posting Komentar untuk "Do'a Sebelum Dan Sehabis Berguru Bagi Siswa-Siswi Muslim/Muslimah"