Download Naskah Pidato Sambutan Mendikbud Pada Upacara Peringatan Hardiknas 2020

Update_Download Teks/Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional /Hardiknas 2 Mei 2020_Bagi Bapak/Ibu dan semua pembaca yang sedang mencari teks pidato sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, di bawah ini Admin sediakan link download file PDF yang berisi naskah sambutan Mendikbud, Bapak Muhadjir Effendy pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tanggal 2 Mei 2020. Bagi Kepala Sekolah atau Bapak/Ibu Guru yang menjadi Pembina Upacara bisa membacakan teks pidato Mendikbud pada Hardiknas 2020 di bawah ini pada upacara bendera dalam rangka peringatan Hardiknas 2020 di sekolah masing-masing.
Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional  Download Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hardiknas 2020

Silakan Download PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2020

Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional  Download Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hardiknas 2020
PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI
Dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2020

Assalamu’alaikum wr wb
Salam sejahtera
Oom swastiastu
Namo Budaya
Salam kebajikan

Hari ini Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020. Untuk itu, marilah kita bantu-membantu bermunajat, memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya untuk kita dan seluruh rakyat Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Tokoh hero nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Pengasih memberi kedudukan yang mulia kepada dia dan para pahlawan, khususnya para pejuang pendidikan yang telah mendahului kita. Amin.

Saudara sebangsa dan setanah air di mana saja berada,
Kita juga bersyukur, bangsa Indonesia gres saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, tanggal 17 April 2020 yang lalu. Kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan simpulan tanggal 22 mei 2020. Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam Pemilihan Umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses berguru pada hakikatnya yaitu momentum terjadinya perubahan tingkah laris menuju ke kedewasaan.

Dalam hal ini semakin terpelajar balig cukup akal dalam berdemokrasi. Perlu kita ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita. Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13: menyebutkan “Tujuan pendidikan nasional yaitu menyebarkan potensi akseptor didik biar menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Adalah hal yang lumrah, dalam kontestasi demokrasi selalu meninggalkan jejak-jejak residual yang bisa mengakibatkan keretakan bahkan perpecahan. Dalam momentum menyerupai ini tanggung jawab nasional kita dipertaruhkan. Tanggung jawab untuk selalu menjaga aset vital bangsa yang tak ternilai harganya, yaitu semangat kerukunan, persaudaraan, dan persatuan.

Bapak dan ibu serta saudara sebangsa dan setanah air,
Selama empat tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo-Yusuf Kalla lebih difokuskan pada pembangunan infrastruktur atau prasarana. Pembangunan prasarana transportasi darat, bahari maupun udara. Mulai jalan tol hingga jalan pedesaan, pelabuhan, dan lapangan terbang. Di samping infrastruktur komunikasi, infrastruktur pengairan untuk memenuhi kebutuhan air dan irigasi serta infrastruktur energi. Kecukupan infrastruktur yaitu merupakan prasyarat untuk menjadi negara maju. Tidak ada satupun negara maju tanpa didukung infrastruktur yang cukup. Dalam hal infrastruktur ini, sebagaimana dinyatakan oleh Presiden Jokowi, Indonesia gres mempunyai sekitar 39 persen dari yang seharusnya. Walaupun demikian, alhamdulillah, pembangunan infrastruktur dalam empat tahun terakhir ini kian dirasakan manfaatnya.

Di samping pembangunan infrastruktur, Pemerintahan juga memulai pembangunan dari pinggiran. Keduanya mempunyai makna yang mendalam. Dengan terbangunnya infrastruktur khususnya transportasi dan komunikasi, konektivitas seluruh wilayah Indonesia sanggup diwujudkan. Wilayah Indonesia betul-betul tersatukan di alam nyata, bukan hanya di alam idea. Di sisi lain, pembangunan di wilayah pinggiran sanggup mempertegas kehadiran dan kedaulatan negara. Kalau singa jantan, si Raja hutan, menandai batas wilayah kekuasaannya dengan menebar aroma air seninya, negara menandai batas kedaulatannya dengan menebar “aroma” pembangunan besarbesaran di wilayah pinggiran dan perbatasan. Dalam rangka menerjemahkan kebijakan tersebut di sektor pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberi perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal. Bahkan, Kemendikbud memberi perhatian khusus pada pendidikan belum dewasa Indonesia yang berada di luar batas negara, menyerupai belum dewasa keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak, negara penggalan Malaysia.

Saudara sebangsa dan setanah air,
Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah dikala ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2020 yaitu “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan dekat pendidikan dan kebudayaan dalam membuat ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya insan yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya insan menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan abjad dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan abjad dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.

Saudara sebangsa dan setanah air,
Peradaban dunia berkembang secepat deret ukur. Sementara dunia pendidikan bergerak menyerupai deret hitung. Hadirnya Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, sanggup mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan abjad akseptor didik. Peserta didik harus mempunyai abjad dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat.

Saat ini akseptor didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih gampang dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan: keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan.

Selaras dengan itu, dalam konteks kebudayaan, posisi kebudayaan sebagai basis pendidikan nasional semakin kukuh dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2019 wacana Pemajuan Kebudayaan, serta Kongres Kebudayaan tahun 2019. Implementasinya diperlukan semakin meningkatkan ketahanan budaya, meningkat pula dalam mengambil kiprah di tengah peradaban dunia.

Penguatan abjad anak juga ditopang dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 wacana Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Kecintaan dan pujian pada simbol-simbol negara itu harus terus ditanamkan biar bisa membentuk generasi yang berpengaruh rasa nasionalismenya dan berjiwa patriot.

Saudara sebangsa dan setanah air,
Kita juga tidak sanggup menutup mata terhadap banyak sekali keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan dan kebudayaan di tanah air. Kita masih dihadapkan pada kompleksitas duduk kasus guru dan tenaga kependidikan. Kita juga masih sering menjumpai kasus-kasus yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan, betapapun pemerintah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan paradigma pendidikan.

Kita juga mencatat, anggaran pendidikan kita sekitar 63% dikelola daerah. Oleh lantaran itu, perlu diingatkan terus-menerus biar tempat mengambil kiprah yang lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBN baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program prioritas, serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20%.

Dalam konteks ini, pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan sumberdaya insan yang berkualitas, akan berjalan secara optimal manakala pemerintah tempat dan segenap pemangku kepentingan yang ada proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan.

Saudara sebangsa dan setanah air,
Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya insan yang dilandasi abjad yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga bisa menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Selanjutnya, atas nama pemerintah, izinkan saya memberikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memperlihatkan inspirasi, membuka jalan terperinci masa depan anak Indonesia biar menjadi insan cerdas berkarakter berpengaruh dan memperlihatkan manfaat bagi sekitarnya.

Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta.


Wassalamu’alaikum warakhmatullahi wabarakaatuh
Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional  Download Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hardiknas 2020

Arsip Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hardiknas 2019

Silakan Download PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2019 

Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional  Download Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hardiknas 2020

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi waborakatuh. 
Salam sejahtera dan senang bagi kita semua. 
Oom swastiastu
Namo Buddhaya 

Berkenaan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019, marilah kita bersyukur kepada Tuhan Allah Yang Mahakuasa. Sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, seorang tokoh pendidikan Indonesia, yang kemudian lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara.


Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 ini kita mengambil tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan". Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan dekat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melaksanakan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi wacana pendidikan nasional yang kita cita-citakan. Pada Hari Pendidikan Nasional 2019 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai harapan masa depan pendidikan nasional yang didambakan.

Di dalam undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I, Pasal 1 ayat 2, disebutkan bahwa pendidikan nasional kita yaitu pendidikan yang menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Di sinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Jika kebudayaan nasional kita menghunjam berpengaruh di dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pulalah bangunan pendidikan nasional Indonesia. Di samping itu, disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2019 wacana Pemajuan Kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional kita. Oleh alasannya yaitu itu, kebudayaan yang maju yaitu prasyarat yang harus dipenuhi jikalau ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh, dan menjulang.

Para insan pendidikan dan kebudayaan yang berbahagia, 
Atas dasar pikiran di atas, pada Hari Pendidikan Nasional 2019 ini kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan. Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional. Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pula sebaliknya, jikalau pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghunjam kian dalam di tanah tumpah darah indonesia. Oleh lantaran itulah, pada Hari Pendidikan Nasional 2019 ini mari kita satukan tekad untuk "Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan" dengan disertai niat yang nrimo serta perjuangan yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan.

Para insan pendidikan dan kebudayaan yang mulia, 
Kita menyadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang kita cita-citakan masih jauh dari jangkauan. Kita terus berusaha keras memperluas jalan masuk pendidikan yang berkualitas, terus-menerus mengalibrasi praktik pendidikan biar mempunyai presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pembangunan.

Di sisi yang lain kita berusaha memperlihatkan kepada dunia bahwa indonesia yaitu negara yang kaya raya dalam hal budaya. Sebagaimana diakui oleh salah satu Asisten Direktur Jenderal UNESCO, yaitu Fransesco Bandarin, yang menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara adikuasa (super power) kebudayaan. Kita terus menggali kekayaan budaya indonesia, melestarikan, dan mengembangkannya demi terwujudnya indonesia yang benar-benar adikuasa di bidang kebudayaan. itulah sebabnya, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2019 wacana Pemajuan Kebudayaan mengamanatkan bahwa pemajuan kebudayaan memerlukan langkah strategis berupa upaya-upaya pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pelatihan guna mewujudkan masyarakat mdonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud jikalau kita bekerja keras dan berdaya jelajah luas. Hanya dengan cara itu, kerja pendidikan dan kebudayaan sanggup menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Insan pendidikan dan kebudayaan yang mulia,
Apresiasi publik terhadap keberhasilan pemerintah yang gencar membangun infrastruktur harus disertai dengan pembangunan sumber daya insan secara lebih sungguh-sungguh dan terencana. Sebagaimana kita ketahui, dalam tiga tahun terakhir pemerintah telah membangun dan memperkuat infrastrukter di hampir semua penjuru tanah air. Walaupun belum sepenuhnya selesai, keuntungannya sudah sanggup dinikmati, di antaranya semakin memperrnudah kerja pendidikan dalam memperluas akses, walaupun pada dikala yang sama memaksa kerja pendidikan harus sigap merespons secara positif terhadap perubahan tata nilai, sebagai dampak dari perkembangan infrastruktur tersebut. Pendidiikan juga harus menyiapkan tenaga technocraft, tenaga terampil dan kreatif, yang mempunyai daya pembiasaan tinggi terhadap perubahan dunia kerja yang kian cepat dan mempunyai kemampuan berpresisi tinggi untuk mengisi teknostruktur sesuai denga kebutuhan.

Pemerintah telah bekerja tak kenal lelah, serta membangun dan memperkuat inftrastruktur yang sanggup menjadi sabuk pengikat pendidikan dan kebudayaan dalam ikatan keindonesiaan, di antaranya betapa pesat perkembangan sarana-prasarana transportasi yang telah dirasakan keuntungannya secara luas oleh masyarakat. Jalan-jalan gres yang layak dan memadai telah bisa membuka jalan masuk wilayah Indonesia yang terpencil, tertinggal, dan terdepan sehingga terbebas dari isolasi dan saling terhubung. Demikian juga bendungan-bendungan gres yang dibangun dengan cepat sanggup mengairi tanah pertanian dan menjadi sumber pembangkit listrik yang menjadikan desa-desa dan wilayah-wilayah lainnya hidup dengan penuh acara pendidikan dan kebudayaan. 

Meskipun terbatas, sesuai skala prioritas, bangunan-bangunan gres sekolah juga didirikan di wilayah pedalaman dan perbatasan. Tak heran jikalau akhimya belum dewasa di pedalaman mulai mencicipi nikmat berguru di sekolah yang memadai dan menyenangkan. Begitu pula saudara-saudara kita di perbatasan kini bisa dengan tegap memperlihatkan tapal batas negara yang tidak hanya ditandai patok beton, besi, atau kayu ala kadamya, tetapi bangunan indah dan memadai yang menjadikan mereka lebih bangga. Meskipun demikian, harus diakui dengan jujur bahwa hamparan yang luas luar biasa dari wilayah Indonesia mengakibatkan belum semua wilayah tersentuh pembangunan insfrastruktur yang bisa menjadi sabuk pendidikan dan kebudayaan dalam ikatan keindonesiaan. Oleh lantaran itu, pada tahun-tahun mendatang pemerintah akan memperlihatkan prioritas pembangunan infrastruktur pada tempat terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) biar wilayah-wilayah tersebut terintegrasi dan terkoneksi ke dalam layanan pendidikan dan kebudayaan. 

Para insan pendidikan dan kebudayaan yang tengah berbahagia, 
Bersamaan dengan pembangunan infrastuktur pendidikan dan kebudayaan, dilakukan juga penguatan sumber daya insan (SDM) biar menjadi modal yang andal dan siap menghadapi perubahan zaman yang melaju kencang, kompleks, tak terduga, dan multiarah. Oleh lantaran itu, mulai tahun ini Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla mencanangkan prioritas pembangman pada penguatan SDM. Di sinilah kiprah dan tanuung jawab pendidikan dan kebudayaan akan semakin besar. 

Dalam penguatan SDM tersebut terbentang tantangan internal dan eksternal sekaligus. Tantangan internal tampak pada tanda-tanda tergerusnya ketajaman nalar budi dan kekukuhan mentalitas kita. Misalnya, belakangan ini kita melihat melemahnya mentalitas belum dewasa kita akhir terpapar dan terdampak oleh maraknya simpul info dari media sosial. Untuk menjawab tantangan ini, semenjak awal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meneguhkan pentingnya penguatan pendidikan abjad dan literasi, selain ikhtiar mencerdaskan bangsa. Hal itu sejalan dengan revolusi abjad bangsa sebagai penggalan dari pengejawantahan acara Nawacita Presiden dan Wakil Presiden. 

Ikhtiar itu makin berpengaruh menyusul ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2019 wacana Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang mengamanahkan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat abjad akseptor didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kolaborasi antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai penggalan dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). 

Insan pendidikan dan kebudayaan yang mulia, 
Kita patut bersyukur lantaran ternyata antusiasme masyarakat terhadap gerakan PPK ini luar biasa. Tak terhitung jumlahnya praktik-praktik baik PPK dibagikan oleh masyarakat secara sukarela. Mereka menyadari bahwa penguatan abjad dan literasi warga negara merupakan penggalan penting yang menjadi ruh dalam kinerja pendidikan dan kebudayaan, yang memerlukan pelibatan semua komponen bangsa sebagaimana Ki Hajar Dewantara menempatkan hal ini dalam tripusat pendidikan, yaitu sekolah, rumah, dan masyarakat. Salah satu bentuk penguatan tripusat pendidikan yaitu pelibatan keluarga dalam mendukung sukses pendidikan anak dan penguatan karakter. 

Guru, orang tua, dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan abjad dan literasi belum dewasa Indonesia. Tripusat pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong-royong, dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa. 

Pada dikala yang bersamaan, tantangan eksternal muncul dari perubahan dunia yang sangat cepat dan kompetitif. Hadimya Revolusi industri 4.0 yang bertumpu pada cyber-physical system telah mengubah peri kehidupan kita. Artificial intelligence, intemet of things, 3D printing, robot, dan mesin-mesin cerdas secara besar-besaran menggantikan tenaga kerja manusia. Kecepatan dan ketepatan rnenjadi kunci dalam menghadapi gelombang perubahan tersebut, juga kemampuan kita dalam menyesuaikan diri dan bertindak gesit. Oleh lantaran itu, mau tidak mau dunia pendidikan dan kebudayaan pun harus terus-menerus menyesuaikan dengan dinamika tersebut. Cara usang tak mungkin lagi diterapkan untuk menanggapi tantangan eksternal. Cara-cara yang gres perlu diciptakan dan dimanfaatkan. 

Reformasi sekolah, peningkatan kapasitas, dan profesionalisme guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir, menjadi keniscayaan pendidikan kita. Oleh lantaran itu, secara tulus ingin saya katakan bahwa tidak bisa tidak, pendidikan harus menjadi urusan semua pihak. Semua pihak harus bergandeng tangan, bahu-rnembahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan. Kita optimistis bahwa indonesia mempunyai semua hal yang dibutuhkan untuk meniadi bangsa besar dan maju, asal kita bersatu padu mewujudkannya. 

Selain jalur pendidikan formal yang telah berhasil mendidik lebih dari 40 iuta anak, pendidikan nonformal telah banyak memperlihatkan andil dalam mencerdaskan bangsa. Pendidikan harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur, baik jalur formal, nonformal, maupun informal. Ketiganya diposisikan setara dan saling melengkapi. Masyarakat diberi kebebasan untuk menentukan jalur pendidikan. Oleh lantaran itu, pemerintah memperlihatkan perhatian besar dalam meningkatkan ketiga jalur pendidikan tersebut. 

Para insan pendidikan dan kebudayaan yang senantiasa penuh syukur, 
Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah nrimo dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi perjuangan menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua sanggup menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adikuasa budaya dengan pendidikan yang kuat. 

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh. 
Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional  Download Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hardiknas 2020

Arsip Naskah Pidato Mendikbud pada Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019

Silakan Download Teks Pidato Mendikbud pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019

Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional  Download Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hardiknas 2020

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 
Salam sejahtera dan senang bagi kita semua, 

Pada hari yang penuh berkah dan nikmat ini 2 Mei 2019, kita kembali memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Untuk itu, marilah kita bersyukur tiada berhingga kepada Tuhan Yang Maha Esa, lantaran berkat rahmat dan karunia-Nya semata kita sekalian mempunyai kesempatan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019. Tema Hardiknas kali ini yaitu "Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas".

Tema tersebut terkait dekat dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi. Untuk itu marilah kita resapi dan renungi tema tersebut, kemudian kita wujudkan bersama-sama. Dengan begitu maka seluruh lapisan masyarakat akan sanggup menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas. Dengan pendidikan berkualitas yang merata, dalam makna sanggup dikenyam oleh seluruh warga bangsa, maka ikhtiar kita mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945, sanggup terwujud.

Selanjutnya, atas nama pemerintah, izinkan saya memberikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di tanah air. Mereka yaitu yang telah mengabdi dan berkorban demi kemajuan pendidikan. Pengabdian dan pengorbanan yang sudah Bapak dan Ibu berikan, sejauh ini telah membuahkan hasil yang menggembirakan. Sekalipun di sana-sini masih banyak duduk kasus dan mengakibatkan ketidakpuasan. Semoga keberhasilan tersebut semakin memacu semangat dan perjuangan keras kita. Sedang adanya duduk kasus yang belum terselesaikan dan ketidakpuasan yang ada, justru semakin melipat-gandakan energi, kehendak, dan ikhtiar kita untuk menemukan terobosan-terobosan baru.

Ibu, Bapak, dan Saudara sekalian yang mulia 

Pada setiap dikala memperingati Hardiknas kita tak pernah lupa dengan sosok Ki Hadjar Dewantara. Mengapa? Karena peringatan Hari Pendidikan Nasional didasarkan atas hari kelahirannya. Beliau dilahirkan tanggal 2 Mei 1889. Beliau sudah disepakati sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Dengan tanpa bermaksud mengecilkan kiprah para tokoh pendidikan yang lain, kiprah Ki Hadjar Dewantara pada awal perintisan pendidikan nasional memang sangat besar. Baik berupa gagasan, pemikiran, maupun terawang masa depan. Oleh alasannya yaitu itulah gagasan dan pemikiran dia tetap relevan dan menjadi contoh bagi pembangunan pendidikan nasional kita.

Beberapa di antara pandangan pemikiran Ki Hadjar Dewantara adalah: (1) "Panca Dharma" yaitu bahwa pendidikan perlu beralaskan lima dasar yaitu kemerdekaan, kodrat alam, kebudayaan, kebangsaan, dan kemanusiaan. (2) "Kon-3" yaitu bahwa penyelenggaraan pendidikan harus menurut asas kontinuitas, konvergensi, dan konsentris, dalam arti proses pendidikan perlu berkelanjutan, terpadu, dan berakar di bumi tempat dilangsungkannya proses pendidikan. (3) "Tri-pusat Pendidikan" bahwa pendidikan hendaklah bedangsung di tiga lingkungan, yang kita kenal dengan nama tripusat, yartu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat yang saling berafiliasi simbiotis dan tidak sanggup dipisahkan satu sama lain.

Dalam hal kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara mengajukan konsep "Laku Telu" atau tiga kiprah yang dirumuskan dalam frasa Bahasa Jawa: "Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani" yang artinya apabila di depan memberi teladan, apabila di tengah memberi ide (inspirasi) dan apabila di belakang memberi dorongan. Ketiga kiprah tersebut harus dilaksanakan secara seksama baik bergantian maupun serempak dalam tampilan sosok pemimpin pendidikan yang utuh. Di sinilah kita diingatkan untuk tidak memenggal dan menerapkan sepenggal-sepenggal tiga laris kepemimpinan dalam praksis pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

Agaknya konsep "Laku Telu" ini perlu dihayati kembali oleh para pedidik, pada dikala mana dunia pendidikan mengalami krisis keteladanan dan praktek pendidikan tidak lagi menginspirasi. Sementara dorongan dari arah belakang dari kepemimpinan pendidikan tidak disertai pemberian arah dan haluan untuk akseptor didiknya.

Ibu, Bapak, Saudara sekalian, 

Gagasan pemikiran dan prinsip-prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara tersebut di atas yaitu menjadi dasar contoh visi Presiden RI, Joko Widodo di bidang pendidikan. Dalam visi Presiden, masa depan Indonesia yaitu sangat ditentukan oleh generasi akseptor didik masa kini yang mempunyai abjad atau budi pekerti yang kuat, serta menguasai banyak sekali bidang ketrampilan hidup, vokasi dan profesi kurun 21

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersiap melaksanakan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial. Dalam tataran konseptual, kini sedang diupayakan biar abjad kembali menjadi fundasi dan ruh pendidikan nasional. Untuk itu pembentukan abjad harus dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar (Basic Education). Kemudian untuk jenjang pendidikan lebih lanjut harus aman bagi akseptor didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin. Memungkinkan akseptor didik membekali dirinya dengan keterampilan dan keahlian yang berdaya kompetisi tinggi, yang dibutuhkan dunia kurun 21. Hanya dengan abjad yang berpengaruh dan kemampuan berdaya saing tinggi lah akseptor didik masa kini akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri dengan tegak di antara bangsa-bangsa maju yang lain di masa yang akan datang.

Untuk tujuan itu, kini tengah diupayakan penyelarasan, penyatuan, dan pembauran bidang kebudayaan dengan pendidikan. Begitu juga dalam pemanfaatan sumber-sumber berguru yang ada di kelas, di lingkungan sekolah dan yang ada di luar sekolah. Sehingga proses pembelajaran tidak terkotak-kotak, tersekat-sekat, tertutup, dan sumpeg, melainkan terbuka, luwes dan leluasa.

Lebih jauh, reformasi juga akan diakukan dalam hal waktu berguru di satuan pendidikan, pengorganisasian pelajaran dan kegiatan belajar, kiprah tanggung jawab dan kiprah guru dan tenaga kependidikan. Termasuk reformasi kiprah dan kiprah kepala sekolah sebagai manajer sekolah, komite sekolah dan juga pengawas sekolah. Reformasi pendidikan pada tataran aksi. ditandai dengan Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN)

Demikian pula revitalisasi Sekolah Menengah kejuruan kini sedang dilaksanakan, dan perbaikan sistem distribusi Kartu Indonesia Pintar terus dilakukan. Gerakan PPK dan GLN diperlukan menjadi pintu masuk dan kunci utama bergeraknya reformasi berbagar sektor pendidikan dan kebudayaan baik di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun di lingkungan pemerintah tempat dan satuan pendidikan, bahkan lingkungan masyarakat. Berbagai acara dan kegiatan serta sumber daya baik finansial maupun nonfinansial di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dinas pendidikan di banyak sekali tempat hendaklah difokuskan untuk mendukung gerakan reformasi pendidikan tersebut. Reformasi pendidikan untuk menjawab permasalahan bangsa Indonesia ini senantiasa ditekankan oleh Presiden Republik Indenesia sehingga kita semua yang berbakti dan berkhidmat di dunia pendidikan perlu bersinergi mendukung terlaksananya reformasi pendidikan nasional dimaksud.

lbu, Bapak, Saudara, dan hadirin yang mulia, 

Reformasi pendidikan nasional tersebut merupakan proses jangka panjang, bukan sesaat dan jangka pendek, sehingga perlu dilaksanakan secara sistemis, prosedural, dan sedikit demi sedikit di samping perlu proteksi dan partisipasi konstruktif semuajajaran pelaksana pendidikan, pemangku kepentingan pendidikan, bahkan warga bangsa Indonesia. Tak heran, hasil reformasi pendidikan nasional tersebut, yang semoga berbuah manis dan melegakan bagi seluruh warga bangsa Indonesia, mungkin memang tidak kita nikmat sekarang, tetapi pasti anak cucu kita yang bakal menikmatinya, dalam arti anak cucu kita di seluruh Indonesia bisa mengenyam pendidikan pendidikan berkualitas pada satu sisi dan pada sisi lain bangsa Indonesia mencapai kemajuan dan keunggulan di antara bangsa-bangsa lain.

Dengan demikian, keberadaan bangsa Indonesia di tengah bangsa lain menjadi lebih bermartabat, berdaulat, dan bermaslahat. Untuk itu, dalam reformasi pendidikan nasional ini, kerja keras yang kontruktif, penuh keikhlasan dan pengorbanan, serta dedikasi tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia amat diharapkan. Marilah kita bantu-membantu menggerakkan reformasi pendidikan nasional demi kemajuan dan keunggulan pendidikan nasional kita pada satu sisi dan pada sisi lain demi kelangsungan dan kelanggengan bangsa Indonesia di tengah kancah bangsa-bangsa lain.

Pada Hari Pendidikan Nasional 2019 sekarang, mari kita singsingkan lengan baju untuk menggerakkan reformasi pendidikan nasional demi anak cucu kita. Semoga Tuhan seru sekalian alam meridhai dan menguatkan tekad dan langkah kita.

Akhirnya, mari kita "Cancut Taliwondo" demi segera terwujud pendidikan berkualitas yang merata di seluruh Indonesia.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 
Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional  Download Naskah Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hardiknas 2020
Demikian Naskah/Teks Pidato Sambutan Mendikbud pada Upacara Peringatan Hardiknas Tanggal 2 Mei 2019, 2019, dan 2020. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Download Naskah Pidato Sambutan Mendikbud Pada Upacara Peringatan Hardiknas 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel